18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anak Obesitas, Masih Bolehkah Minum Susu?

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 September 2018 07:00

Anak Obesitas, Masih Bolehkah Minum Susu?

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Susu mengandung banyak nilai nutrisi dan baik dikonsumsi untuk menyempurnakan pola makan. Bagi anak, rutin minum susu bisa menunjang pertumbuhan fisik dan membuatnya semakin cerdas. Namun, orangtua harus berhati-hati dalam memilih susu anak. Sebab, beberapa jenis susu memiliki kandungan kalori yang tinggi. Lalu, apakah anak yang mengalami obesitas atau kegemukan masih boleh mengonsumsi susu? Ilmuwan gizi dari Universitas Ciputra, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD menjawabnya. 

Konsumsi susu, menurut dia, masih diperbolehkan bagi anak yang mengalami kegemukan sebab mereka masih membutuhkan nutrisi dari susu. “Apakah masih boleh? Ya, itu sangat penting karena pada empat sehat lima sempurna susu masih menjadi salah satu bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat.” Demikian dikatakan Matthew ketika ditemui di KidZania, Pacific Place, Jakarta, Jumat (14/9/2018) kemarin. 

Matthew menjelaskan, kegemukan terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang keluar. Hal itu menyebabkan berat badan seseorang meningkat. Untuk bisa tetap mengonsumsi susu, orangtua bisa memilih opsi jenis susu lainnya. Misalnya, jika biasanya anak diberi minum susu bubuk atau susu kotak biasa yang mengandung banyak gula, maka kini orangtua bisa menggantinya dengan susu segar atau skim milk. 

Susu segar memiliki kalori yang lebih rendah dan lebih alami dibandingkan jenis susu lainnya, sehingga bisa membantu anak menurunkan berat badan. Pada beberapa kasus, orangtua terkadang sulit mengontrol anaknya yang sangat senang minum susu. Padahal, anak-anak tersebut memiliki berat badan yang berlebih. Pada kondisi seperti itu, kata Matthew, orangtua tetap harus membatasi konsumsi susu anak. Setiap anak dianjurkan mengonsumsi dua gelas susu sehari. 

Sementara jumlah konsumsi susu bagi anak di bawah dua tahun bergantung pada berat badannya. Jumlah susu yang berlebihan, menurut dia, tidak baik bagi kesehatan dan bisa membuat anak gemuk. Sehingga, orangtua perlu membatasinya. 

“Walaupun susu sehat dan bagus, terlalu banyak susu bisa membuat orang tidak sehat." "Jadi walaupun anak nangis, tetap harus ada batasan dan tidak perlu diberikan terlalu banyak susu,” tutur dia. 

Matthew menganjurkan agar orangtua mengarahkan anaknya yang mengalami kegemukan untuk melakukan banyak aktivitas fisik atau berolahraga untuk membakar kalori. Selain itu, anak dengan obesitas harus menghindari makanan olahan. “Lebih baik makan makanan sehat dan alami,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anak Obesitas, Masih Bolehkah Minum Susu?", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/15/192737120/anak-obesitas-masih-bolehkah-minum-susu. 

Tag : kesehatan, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat