22:00 . Semakin Dewasa, Ini Harapan Bupati untuk blokBojonegoro.com   |   21:00 . Sewindu, blokBojonegoro Ingin Kampanyekan Internet Positif ke Pelajar   |   20:00 . Live Streaming Sewindu blokBojonegoro.com   |   18:00 . Serunya Gladi Resik Anniversary Ke-8 blokBojonegoro   |   17:00 . Polres Gelar Doa Bersama dengan Anak Yatim Jelang Pilkades   |   16:00 . Selama 5 Tahun, DLH Target 491 Pendirian Bank Sampah   |   14:00 . Semester Pertama, Gepeng Dominasi Pelanggar Ketertiban   |   13:00 . Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar   |   11:00 . Pendaftaran Ditutup, 14 SMK Tak Penuhi Pagu Siswa   |   10:00 . Sepekan, Akhirnya Sampai di Kantor PBNU   |   09:00 . Penderita Penyakit Kronis Bakal Mendapat Bantuan?   |   08:00 . Hampir Setiap Hari Ada Pemohon Paspor untuk Umroh   |   07:00 . Lebih Baik Mana, Membiarkan Anak Main di Dalam atau Luar Rumah?   |   19:00 . Saksikan Mahakarya Cinta Live Streaming   |   18:00 . Berikan Manfaat Lebih, Peserta JKN-KIS Terus Meningkat di Setiap Bulan   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 17 September 2018 14:00

Pendataan Buku Perpus Lebih Mudah dengan Scanner Barcode

Pendataan Buku Perpus Lebih Mudah dengan Scanner Barcode

Reporter: Khoirul Huda

blokBojonegoro.com - Bantuan seperangkat peralatan pendukung perpustakaan dari program Pertamina Peduli Literasi (PERTALIT) sangat dirasakan manfaatnya  oleh lembaga penerima. Salah satunya adalah MTs Manbail Huda, Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu.

"Proses pinjam dan baca buku semakin lancar," ujar Rohmatul Fitriyah, pengelola perpustakaan MTS Manbail Huda, Senin (17/9/2018).

Dia mengatakan, keberadaan scanner barcode salah satu peralatan yang diterima sangat membantu pendataan buku secara digital. Sehingga, buku-buku dalam perpustakaan yang dia kelola bisa didata secara digital. Hal itu memudahkan untuk pencarian buku.

"Itu memudahkan untuk mencari  buku, dan melihat judul serta jumlah koleksi bukunya," tambah perempuan yang juga salah Kader Literasi program PERTALIT tersebut.

Tambahn buku yang diterima dari program PERTALIT juga semakin menambah koleksi  buku di perpustakaannya. Hal itu, menjadikan para siswa semakin gemar ke perpustakaan dan membaca. Sebab, keberadaan buku baru itu menjadikan siswa semakin banyak pilihan judul untuk dibaca di tempat maupun dipinjam untuk dibaca di rumah.

"Kata anak-anak bukunya bagus-bagus, sehingga mereka suka," katanya.

Hal yang sama disampaikan Eka Puji Lestari pengelola perpustakaan SDN Remen 2, Desa Remen Kecamatan Jenu. Keberadaan barcode memudahkan dia untuk mendata  buku. Hanya, untuk memasukkan datanya memang butuh waktu. Namun, hasilnya semua buku yang dipunyai perpustakaannya terdata secara digital.

"Tentu sangat memudah petugas untuk mencari dan mendata jumlah judul dan bukunya," ungkap dia.

Tambahan buku dari program PERTALIT yang diterima sekolah tempatnya mengabdi juga semakin membuat siswa betah di perpustakaan.

"Karena koleksi bukunya  semakin banyak dengan beragam judul," tandasnya.

Sekadar diketahui, program PERTALIT merupakan kerjasama antara Pertamina MOR V dengan Yayasan Sedulur Pena. Program berupa pelatihan dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) untuk perpustakaan desa dan sekolah. Ada 7 titik yang menerima program itu, yakni 2 perpustakaan desa, yakni Desa Tasikharjo dan Remen Kecamatan Jenu. Sedangkan perpustakaan sekolah ada 5, yakni perpustakaan SDN Remen 1 dan SDN Remen 2, perpustakaan SDN Tasikharjo, perpustakaan MTs Manbail Huda dan SMK Manbail Futuh.

Masing-masing titik penerima program dipilih 2 Kader Literasi untuk sekolah dan 5 Kader Literasi untuk desa yang bertugas mengembangkan perpustakaan dan budaya literasi di unit kerjanya sebagai pengembangan dari program.[hud/ono]

Tag : perpus, pertalit, program pertamina mor v, pertamina mor v

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more