17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Suhu di Bojonegoro Capai 43 Derajat Celcius, Ini Penjelasan DLH

blokbojonegoro.com | Monday, 17 September 2018 15:00

Suhu di Bojonegoro Capai 43 Derajat Celcius, Ini Penjelasan DLH

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -  Musim kemarau menjadikan suhu di Kabupaten Bojonegoro semakin panas. Suhu udara yang biasanya hanya sekitar 25 derajar celcius, kini bisa mencapai 43 derajat celcius saat siang hari, tepatnya mulai pukul mulai pukul 11.00 WIB hingga puncaknya pukul 15.00 WIB..

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah menyebutkan, penyebab tingginya suhu udara di Kota Ledre dalam beberapa hari terakhir, selain karena mendekati puncak kemarau, temperatur udara yang panas itu tak lain disebabkan adanya hembusan angin timur dan juga disebabkan banyaknya industri minyak dan gas atau Migas.

“Hembusan angin timur ini kian menguat dari hari ke hari. Selain itu juga seiring datangnya puncak musim kemarau yang diperkirakan jatuh pada akhir Juli hingga Oktober nanti,” ujar Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah.

Selain itu, minimnya kawasan hijau terutama di wilayah perkotaan maupun daerah yang dekat dengan lokasi pengeboran migas, juga menjadi penyebabnya. Sehingga DLH berharap, agar masyarakat ke depanya lebih banyak melakukan penghijaun di lahan-lahan kosong.

"Banyaknya kebakaran yang melanda hutan di Kota Ledre juga menjadikan tumbuhan (hutan) semakin menipis," tuturnya kepada blokBojonegoro.com.

Di sisi lain, suhu udara panas juga bisa mengancam kesehatan tubuh. Sebab, saat musim panas tubuh akan merasa cepat lelah, apalagi jika melalukan pekerjaan berat akan mengakibatkan dehidrasi yang berlebihan. Bahkan jika tidak dirasakan, musim kemarau bisa menimbulkan sebuah penyakit, dintaranya penyakit Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA) , flu, diare dan demam berdarah.

“Pada musim panas daya tahan tubuh akan cenderung menurun, apalagi banyaj debu yang bertabutan sehingga akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan yang mengakibatkan infeksi saluran pernafasan atas," imbuh Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto.

Untuk meghindari berbagai penyakit yang sering menyerang di musim panas, Dinas Kesehatan mengintruksikan, masyarakat harus menjaga ketahan daya tubuh dengan cara menghindari terpapar dengan udara langsung dan menperbanyak minum air putih serta banyak mengkonsumsi buah dengan mengandung vitamin C.

"Jangan lupa juga minimal berolahraga 30 menit dalam satu hari untuk melancarkan peredaran darah maupun merangsang organ tubuh lainya," pungkas Dr. Totok.[din/lis]

Tag : SUHU, PANAS



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat