09:00 . Curva Nord Bakal Berikan Teror dan Koreografi Kejutan   |   08:00 . Tandon Air, Solusi Petani Mayangkawis Bercocok Tanam di Musim Kemarau   |   07:00 . Tak Usah Isap dan Ikat Luka Gigitan Ular, Lakukan Ini Saja!   |   06:00 . Raker IKAMI Attanwir untuk Kebesaran Pondok   |   19:00 . Kwartir Ranting Sumberrejo Kembali Gelar Jambore Tingkat Penggalang   |   18:00 . Membanggakan, Produk Kripik Singkong Bojonegoro Expor ke Cina   |   18:00 . Rekind Akan Memberikan Penguat pada 5 Jembatan dan Melebarkan Jalan   |   17:00 . Geliat Literasi di Kedai Kopi Second   |   16:00 . Periode Juli 2019, ini Jumlah Tenaga Kerja di Proyek JTB   |   15:00 . Anggaran BPPDGS untuk Madin Meningkat Capai Rp15,5 M   |   14:00 . Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen   |   10:00 . Bansos Lansia, 505 Diverifikasi, 179 Orang Sudah Cair   |   09:00 . Sakit dan Butuh Pengobatan, Satu Jemaah Haji Pulang Awal   |   08:00 . Benih Bibit Tembakau Rusak, Petani Tidak Dapat Bantuan   |   07:00 . Menyikapi Dilema Anak Multilingual   |  
Sat, 24 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 September 2018 20:00

Loker Banyak, Pengangguran Membludak, Ini Alasannya!

Loker Banyak, Pengangguran Membludak, Ini Alasannya!

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Meski pertumbuhan ekonomi diklaim terus meningkat setiap tahun, namun angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro masih terbilang cukup tinggi. Berdasar pendataan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Tenagakerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro pada awal Januari sampai Agustus 2018, tercatat masih ada 23.617 warga yang belum bekerja.

Tingginya jumlah pengangguran ini diakui oleh Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disperinaker Kabupaten Bojonegoro, Sugi Hartono. Pihaknya bahkan sengaja melakukan pendataan sendiri, tidak hanya mengandalkan Badan Pusat Statistik (BPS) demi mengetahui kondisi riil di lapangan.

“Kami mempunyai data sendiri sebagai acuan perencanaan kebijakan mengenai ketenagakerjaan. Sedangkan untuk proses pendataannya kita mempunya cara sendiri, salah satunya melalui masyarakat yang membuat AK1 (Kartu Pencari Kerja),” kata Sugi, Jumat (21/9/2018).

Untuk mengatasi persoalan pengangguran ini, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lokal maupun luar daerah. Harapannya, perusahaan tersebut dapat menyerap tenaga kerja dari Kota Ledre, sebutan dari Kabupaten Bojonegoro.

“Kerja sama luar daerah kebanyakan dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Sidoarjo maupun sekitarnya. Sebab, wilayah itu memang potensial karena di sana banyak perusahaan yang berdiri dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak,” imbuhnya.

Menurut pria 57 tahun ini, peluang kerja sebenarnya terbuka cukup lebar dan banyak. Namun hanya sedikit masyarakat Bojonegoro yang berminat bekerja pada sektor itu, lantaran banyak masyarakat yang merasa tidak cocok ataupun tidak sesuai dengan ijazah yang mereka miliki.

"Seperti halnya lulusan Sarjana yang tidak mau masuk di bagian pekerjaan untuk lulusan SLTA, sehingga banyak Lowongan Pekerjaan (Loker) yang masih kosong," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Bahkan Dinas yang berada di Jalan Basuki Rahmat tersebut mencatat, masih ada sekitar 8.395 lowongan pekerjaan hingga bulan Agustus. Sedangkan untuk pencari kerja setiap harinya ada sekitar 50 orang yang daftar untuk mencari pekerjaaan. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro, khususnya pada usia produktif agar tidak segan mengikuti pelatihan kerja, baik yang diadakan oleh pemerintah ataupun instansi-instansi terkait.

"Karena keterampilan menjadi hal sangatlah diperlukan dalam mencari pekerjaan, apalagi memilik sertifikat pelatihan yang sebagai penunjang untuk masuk disebuah instansi tertentu," pungkasnya.[din/lis]

 

Tag : loker, lowongan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 23 August 2019 14:00

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen Musim ini para petani tembakau Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tengah panen tembakau. Hanya sebagian petani yang menanam komoditas bahan utama rokok ini, alhasil harganya pun relatif mahal...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat