05:00 . Pondok Jurnalistik Bersama LPM Kampus Ungu   |   21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   20:00 . Selangkah Lagi 5 Komisioner KPU Ditentukan   |   19:00 . Lansia Dapat Rp2 Juta Setahun, Ini Kata Gubernur Jatim   |   18:00 . Ngaji Bareng Ahlussunah Wal Jamaah PAC IPNU-IPPNU Sumberrejo   |   17:00 . 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ada Apa? Cek Disini   |   16:00 . Perpusda Bojonegoro, Tempat Alternatif untuk Ngabuburit   |   15:00 . Gudang Kayu Jati di Balen Ludes Terbakar   |   14:00 . Hore....! WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dishub Bakal Buka Dua Rest Area di Jalur Mudik   |   12:00 . Disperinaker Pastikan Tak Ada Perusahaan Telat Berikan THR   |   11:00 . Matangkan Skema, Bojonegoro U21 Akan Lawan Pesekaba Blora   |   10:00 . Pengumuman Kelulusan SMP, Hanya Undang Orang Tua Siswa   |   09:00 . 15 Kuota Tambahan CJH Segera Lakukan Pelunasan Tahap III   |   08:00 . Disbudpar Bojonegoro Siapkan Hiburan Saat Lebaran   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 September 2018 20:00

Loker Banyak, Pengangguran Membludak, Ini Alasannya!

Loker Banyak, Pengangguran Membludak, Ini Alasannya!

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Meski pertumbuhan ekonomi diklaim terus meningkat setiap tahun, namun angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro masih terbilang cukup tinggi. Berdasar pendataan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Tenagakerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro pada awal Januari sampai Agustus 2018, tercatat masih ada 23.617 warga yang belum bekerja.

Tingginya jumlah pengangguran ini diakui oleh Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disperinaker Kabupaten Bojonegoro, Sugi Hartono. Pihaknya bahkan sengaja melakukan pendataan sendiri, tidak hanya mengandalkan Badan Pusat Statistik (BPS) demi mengetahui kondisi riil di lapangan.

“Kami mempunyai data sendiri sebagai acuan perencanaan kebijakan mengenai ketenagakerjaan. Sedangkan untuk proses pendataannya kita mempunya cara sendiri, salah satunya melalui masyarakat yang membuat AK1 (Kartu Pencari Kerja),” kata Sugi, Jumat (21/9/2018).

Untuk mengatasi persoalan pengangguran ini, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lokal maupun luar daerah. Harapannya, perusahaan tersebut dapat menyerap tenaga kerja dari Kota Ledre, sebutan dari Kabupaten Bojonegoro.

“Kerja sama luar daerah kebanyakan dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Sidoarjo maupun sekitarnya. Sebab, wilayah itu memang potensial karena di sana banyak perusahaan yang berdiri dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak,” imbuhnya.

Menurut pria 57 tahun ini, peluang kerja sebenarnya terbuka cukup lebar dan banyak. Namun hanya sedikit masyarakat Bojonegoro yang berminat bekerja pada sektor itu, lantaran banyak masyarakat yang merasa tidak cocok ataupun tidak sesuai dengan ijazah yang mereka miliki.

"Seperti halnya lulusan Sarjana yang tidak mau masuk di bagian pekerjaan untuk lulusan SLTA, sehingga banyak Lowongan Pekerjaan (Loker) yang masih kosong," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Bahkan Dinas yang berada di Jalan Basuki Rahmat tersebut mencatat, masih ada sekitar 8.395 lowongan pekerjaan hingga bulan Agustus. Sedangkan untuk pencari kerja setiap harinya ada sekitar 50 orang yang daftar untuk mencari pekerjaaan. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro, khususnya pada usia produktif agar tidak segan mengikuti pelatihan kerja, baik yang diadakan oleh pemerintah ataupun instansi-instansi terkait.

"Karena keterampilan menjadi hal sangatlah diperlukan dalam mencari pekerjaan, apalagi memilik sertifikat pelatihan yang sebagai penunjang untuk masuk disebuah instansi tertentu," pungkasnya.[din/lis]

 

Tag : loker, lowongan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more