Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ini Manfaat Minum Air Usai Makan

blokbojonegoro.com | Saturday, 22 September 2018 07:00

Ini Manfaat Minum Air Usai Makan

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Minum usai makan telah menjadi kebiasaan kita. Namun, beberapa orang berpendapat cara ini dapat mempengaruhi pencernaan kita, mencegah tubuh menyerap nutrisi dengan baik. Bahkan, menyebabkan kembung. Untungnya, para ahli menemukan bahwa efek buruk minum air usai makan tak sepenunya benar. Hidrasi tak hanya baik untuk kesehatan kita tetapi juga mendorong pencernaan.

Dan, manfaat ini bisa kita peroleh, baik ketika minum air usai makan atau sebelum makan. Dr Priyanka Rohatgi, seorang ahli gizi mengatakan, minum air sebelum atau sesudah makan bukan ide buruk. Pasalnya jika kita makan berlebih namun minum air dalam jumlah sedikit, bisa berefek negatif bagi tubuh. 

Efek tersebut berupa peningkatan gastritis yang membuat makanan tak dapat dicerna dan tak diserap oleh tubuh. Rohatgi juga mengatakan minum air dingin harus dihindari setelah makan siang atau makan malam yang berat. "Minum air dingin atau minuman dingin akan menunda pencernaan," tambahnya. 

Ia menyarankan agar kita minum air hangat atau air dengan suhu kamar dalam jumlah yang tak terlalu banyak usai makan berat. Minum terlalu banyak air akan membuat kita merasa kembung dan selanjutnya mempengaruhi proses pencernaan menjadi tidak ideal," ucap dia. 

Ia juga meminta kita membatasi jumlah air yang diminum setelah makan besar. Hanya satu atau setengah gelas air saja sudah cukup. Baca juga: 6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat Sementara, menurut laporan Mayo Clinic, pusat medis akademis nirlaba yang berbasis di AS, minum air tak akan mengencerkan larutan pada pencernaan atau mengganggu pencernaan. 

Faktanya, minum air putih selama atau setelah makan sebenarnya membantu pencernaan. Air dan cairan lain membantu memecah makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi. Air juga bisa melunakkan tinja, dan membantu mencegah sembelit. 

“Minum air membantu pencernaan. Jika usai mengonsumsi makanan berat, kita hanya perlu mengonsumsi air dalam jumlah yang tak terlalu banyak,” kata Dr Minal Shah, ahli gizi senior. Ia mengatakan porsi air terbaik usai mengonsumsi makanan berat adalah segelas saja, tidak lebih. Jadi, kita tak perlu ragu lagi untuk minum air usai makan. Tapi, tetap perhatikan jumlah yang disarankan agar tak mengganggu pencernaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Manfaat Minum Air Usai Makan...", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/21/101920320/ini-manfaat-minum-air-usai-makan. 

 

Tag : air, minum



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini