07:00 . Anak Juga Bisa Stres, Begini Cara Menghilangkan Stres pada Anak   |   16:00 . Keren, Sekolah ini Mengenalkan Pertanian Sejak Dini Kepada Anak Didik   |   14:00 . Unik, di Warung Batok Minum Kopi Campur Air Kelapa   |   13:00 . 471 ASN di Lingkungan Pemkab Bojonegoro Purna di Tahun 2020   |   12:00 . Kampung Anyaman Bambu yang Masih Bertahan Hingga Kini   |   11:00 . Kembang Mayang dan Lestari Tradisi Jawa   |   10:00 . 5 Bakal Calon Kades Gugur   |   09:00 . Kembang Mayang untuk Jejaka yang Meninggal   |   08:00 . Diduga Depresi, Warga Tinumpuk Purwosari Ceburkan Diri ke Sumur   |   07:00 . 5 Kebiasaan Baik yang Sering Dianggap Masalah dalam Hubungan   |   14:00 . PMI Gelar Latihan Gabungan di Sekolah   |   13:00 . Muleh Omah Project ABC Gelar Uji Coba SBMPTN 2020   |   12:00 . Gerakan Pramuka Kwarcab Bojonegoro Kembali Gelar Diklatsar Brigade Penolong   |   11:00 . Kopi Darat - Car Free Day Bareng Penyiar Radio   |   10:00 . Seribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat SMPN 1 Kapas   |  
Tue, 21 January 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 26 September 2018 13:00

Bangga Inovasi di TPAS, ini Pesan Tim Penilai...

Bangga Inovasi di TPAS, ini Pesan Tim Penilai...

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, juga menjadi penilaian tim Adipura saat melakukan kunjungan ke Bojonegoro. Usai tiba di TPAS tersebut, tim penilai langsung melihat beberapa lokasi mulai pengelolaan sampah dan berbagai fasilitas yang ada di TPAS tersebut.

Usai melakukan pengecekan, tim penilai cukup terkesan dengan adanya berbagai inovasi yang telah dilakukan seperti pengelaan sampah menjadi tenaga Listrik dan gas, sehingga manfaat tersebut bisa disalurkan ke tempat sekitar area TPAS.

"Sungguh banyak inovasi di TPAS ini, walaupun begitu, perlu ada tambahan seperti ada lahan untuk pembibitan pohon diarea TPAS ini," ungkap Hartoyo tim penilai Adipura di sela-sela kunjungannya di TPAS Banjarsari Trucuk.

Hartoyo mengungkapkan untuk kondisi area TPAS sudah nyaman dan bersih, bahkan meski menjadi TPAS, namun tidak tercium bau yang tidak sedap. Akan tetapi seharusnya di TPA ini perlu dilengkapi dengan timbangan agar saat truk masuk bisa mengetahui berapa ton sampah setiap harinya.

"Selain itu, juga perlu ditambah adanya alat berat sebanyak 2 buah, agar upaya pengelolaan sampah lebih maksiamal lagi," beber Hartoyo kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Hartoyo, disarankan pada pengelola TPAS agar menjadikan satu tempat lokasi alat-alat, sehingga perlu penataan ulang kembali agar suasana TPAS ini bisa nyaman dan bersih saat dikunjungi banyak orang.

Terpisah, Kepala DLH Bojonegoro, Nurul Azizah mengungkapkan belum adanya timbangan dan fasilitas lain yang menjadi catatan tim penilai adipura itu, karena dana anggarannya belum mencukupi, sehingga memaksimalkan fasilitas yang ada.

"Dengan adanya timbangan itu, nantinya dapat diketahui berapa ton volume sampah Bojonegoro yang masuk di TPAS ini," tambah Nurul saat mendampingi tim Adipura melakukan pengecekan dan penilaian TPAS, Rabu (26/9/2018).

Diakuinya, adanya tim penilai Adipura yang datang bisa memberikan masukan agar piihaknya segera melakukan pembenahan disegala aspek mulai pemukiman, bank sampah hingga pengelolaanya, agar Bojonegoro bisa meraih penghargaan Adipura Kabupaten. [saf/ito]

Tag : Adipura


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat