07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Remaja Lebih Nyaman Cari Info Seksualitas secara Online

blokbojonegoro.com | Friday, 28 September 2018 07:00

Remaja Lebih Nyaman Cari Info Seksualitas secara Online

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Remaja cenderung mencari jawaban dari rasa ingin tahunya akan kesehatan reproduksi dan seksualitas di internet. Dibutuhkan situs yang menyediakan informasi kesehatan remaja yang terpercaya.

Menurut dr.Francisca Handy Agung, Sp.A, remaja menghadapi banyak perubahan baik secara fisik mau pun psikis. Namun, kebanyakan remaja enggan mencari informasi kepada orangtua atau gurunya.

"Mereka merasa membutuhkan privasi sehingga lebih suka mencari informasi sendiri secara online," katanya dalam acara peluncuran situs Dokter Gen Z di Jakarta (27/9).

Dengan mencari di mesin pencarian Google, ribuan informasi akan tersaji, namun tidak semuanya berasal dari sumber terpercaya.

Penyanyi Tasya Kamila mengatakan, ketika remaja ia juga sering mencari informasi seputar kesehatan reproduksi di internet.
"Kalau mau tanya ke teman sama-sama tidak tahu, jadi dulu aku sering googling. Karena kalau untuk share ke orangtua atau teman tidak nyaman," ujar Tasya.

Wanita yang baru saja melepas masa lajangnya ini mengatakan, kelemahan internet adalah tidak semuanya adalah informasi yang benar.

"Tidak jelas siapa penulisnya, terkadang hanya blog pribadi. Biasanya aku akan lebih teliti saat membaca berita, apalagi yang heboh. Harus cek dulu ke beberapa sumber sebelum menyebarkannya," katanya.

Dokter online

Untuk memperluas akses informasi kesehatan reproduksi pada remaja, John Hopkins University bekerja sama dengan Hipwee meluncurkan situs Dokter Gen Z.

Dengan tagline "Dokternya Remaja Zaman Now", setiap informasi yang disajikan akan divalidasi oleh dokter dan psikolog.

Menurut CEO Hipwee Nendra Primonik, sekitar setahun berdirinya situs Hipwee yang menyasar remaja ini, banyak keyword yang terkait seks.

"Padahal kami tidak punya konten khusus tentang seks. Akhirnya kami mulai menulis tentang seks dan banyak sekali pembacanya," kata Monik.

Ia menjelaskan, Dokter Gen Z akan menyajikan informasi interaktif terkait remaja, mulai dari kesehatan reproduksi, relasi dan hubungan yang sehat, hingga layanan konsultasi yang dipandu dokter.

"Tantangan kami adalah bisa memberikan informasi yang komperhensif dalam waktu singkat tapi menarik. Kami juga ingin membuat hal-hal yang selama ini dianggap tabu bisa diterima dengan normal," katanya.

Program Dokter Gen Z ini didukung Bill & Melinda Gates Foundation yang bertujuan mendukung program keluarga berencana serta menekan angka pernikahan dini dan kehamilan remaja di Indonesia.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat