16:00 . Susun Kepengurusan Energik, Golkar Safari ke Ormas   |   15:00 . Stabil, Inilah Daftar Harga Kebutuhan Pokok   |   14:00 . Di Kecamatan Dander Ada 11 Desa Parades Kosong   |   13:00 . Nasib Persibo Belum Jelas, Pembahasan Dilanjut Minggu Depan   |   12:00 . Tuntut Kejelasan Persibo, Mediasi Digelar Tertutup   |   10:00 . Diduga Bansos Dipotong, Warga Tambakrejo Lapor ke Polres   |   09:00 . Pelunasan PBB-P2 di Kecamatan Purwosari Capai 100 Persen   |   08:00 . Melihat Pengolahan Limbah Padat Medis di Puskesmas Tanjungharjo   |   07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   22:00 . PN Tolak Praperadilan Kasus Pemalsuan AJB dan Dugaan Penyerobotan Tanah Hotel Bojonegoro   |   18:00 . Belum Ada Intruksi, Cabor Panahan Belum Gelar Latihan   |   17:00 . Lezat Terjangkau, Nikmati Bakso Kerikil Bang Har   |   16:00 . Sumber Bening Bisa Aliri Sawah Seluas 1.900 Hektar di 3 Kecamatan   |   15:00 . Toko Kaset Jadul, Legendaris, Ada Sejak 1979   |   14:00 . Akan Lakukan Aksi, ini Harapan Suporter Persibo   |  
Wed, 12 August 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 28 September 2018 07:00

Remaja Lebih Nyaman Cari Info Seksualitas secara Online

Remaja Lebih Nyaman Cari Info Seksualitas secara Online

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Remaja cenderung mencari jawaban dari rasa ingin tahunya akan kesehatan reproduksi dan seksualitas di internet. Dibutuhkan situs yang menyediakan informasi kesehatan remaja yang terpercaya.

Menurut dr.Francisca Handy Agung, Sp.A, remaja menghadapi banyak perubahan baik secara fisik mau pun psikis. Namun, kebanyakan remaja enggan mencari informasi kepada orangtua atau gurunya.

"Mereka merasa membutuhkan privasi sehingga lebih suka mencari informasi sendiri secara online," katanya dalam acara peluncuran situs Dokter Gen Z di Jakarta (27/9).

Dengan mencari di mesin pencarian Google, ribuan informasi akan tersaji, namun tidak semuanya berasal dari sumber terpercaya.

Penyanyi Tasya Kamila mengatakan, ketika remaja ia juga sering mencari informasi seputar kesehatan reproduksi di internet.
"Kalau mau tanya ke teman sama-sama tidak tahu, jadi dulu aku sering googling. Karena kalau untuk share ke orangtua atau teman tidak nyaman," ujar Tasya.

Wanita yang baru saja melepas masa lajangnya ini mengatakan, kelemahan internet adalah tidak semuanya adalah informasi yang benar.

"Tidak jelas siapa penulisnya, terkadang hanya blog pribadi. Biasanya aku akan lebih teliti saat membaca berita, apalagi yang heboh. Harus cek dulu ke beberapa sumber sebelum menyebarkannya," katanya.

Dokter online

Untuk memperluas akses informasi kesehatan reproduksi pada remaja, John Hopkins University bekerja sama dengan Hipwee meluncurkan situs Dokter Gen Z.

Dengan tagline "Dokternya Remaja Zaman Now", setiap informasi yang disajikan akan divalidasi oleh dokter dan psikolog.

Menurut CEO Hipwee Nendra Primonik, sekitar setahun berdirinya situs Hipwee yang menyasar remaja ini, banyak keyword yang terkait seks.

"Padahal kami tidak punya konten khusus tentang seks. Akhirnya kami mulai menulis tentang seks dan banyak sekali pembacanya," kata Monik.

Ia menjelaskan, Dokter Gen Z akan menyajikan informasi interaktif terkait remaja, mulai dari kesehatan reproduksi, relasi dan hubungan yang sehat, hingga layanan konsultasi yang dipandu dokter.

"Tantangan kami adalah bisa memberikan informasi yang komperhensif dalam waktu singkat tapi menarik. Kami juga ingin membuat hal-hal yang selama ini dianggap tabu bisa diterima dengan normal," katanya.

Program Dokter Gen Z ini didukung Bill & Melinda Gates Foundation yang bertujuan mendukung program keluarga berencana serta menekan angka pernikahan dini dan kehamilan remaja di Indonesia.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 20 July 2020 23:00

    Ultah 9 Tahun blokBojonegoro.com

    Inilah Juara Video Pendek New Normal

    Inilah Juara Video Pendek New Normal Sebanyak 50 video telah naik di saluran youtube blokBojonegoroTV sebagai peserta lomba video pendek dalam rangka 9 tahun blokBojonegoro.com....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat