18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Wed, 17 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Urus Administrasi Makin Mudah dengan Rujukan Online

blokbojonegoro.com | Friday, 28 September 2018 18:00

Urus Administrasi Makin Mudah dengan Rujukan Online

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com – Sudah hampir lima tahun Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini berjalan. Berbagai inovasi diluncurkan untuk semakin meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.

Seperti yang baru-baru ini telah lahir program baru dari BPJS Kesehatan yaitu sistem rujukan online.

Tidak sedikit kendala yang ditemui dalam proses berjalannya. Banyak penyesuaian yang terus dibenahi dan dibenahi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Memasuki masa uji coba ketiga ini banyak komentar positif yang mendukung adanya program rujukan online.

Seperti yang disampaikan Sugeng (45) Selaku pemberi layanan publik. Sugeng adalah seorang manager atau Kepala Bagian Instalasi Rawat Jalan RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro.

Rujukan online sendiri adalah digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien yang berbasis website.

"Selain bermanfaat langsung kepada peserta, rujukan online ini juga memiliki banyak manfaat bagi fasilitas kesehatan yaitu diantaranya dapat membantu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam melakukan  rujukan yang tepat sesuai dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dibutuhkan," kata Sugeng.

Ia menambahkan, selain itu juga memberikan rujukan secara real time dan online dengan data pada faskes perujuk yang langsung terkoneksi ke faskes penerima rujukan (Digital Documentation). Dan juga dengan adanya rujukan online ini dapat mengurai antrian yang menumpuk pada fasilitas kesehatan penerima rujukan.

“Rujukan online di era sekarang ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa dari BPJS Kesehatan dan hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan oleh Rumah Sakit itu sendiri. Karena dengan adanya rujukan online pertama kita akan memudahkan masyarakat yang dulunya masih harus bolak-balik ke fasilitas kesehatan karena surat rujukan tertinggal kini sangat dimudahkan hanya dengan membawa kartu identitas atau BPJS nya saja dan menunjukan ke petugas di rumah sakit sudah bisa langsung dilihat bahwa peserta ini memang peserta rujukan dari FKTP ke RS tersebut,” ujar Sugeng.

Sugeng juga menegaskan bahwa secara otomatis dengan adanya rujukan online ini peserta dapat lebih terarah dan terjamin rujukannya dalam segi waktu dan jarak rumah sakit dapat terjangkau lebih dekat. Peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan serta sasarannya lebih tepat dengan rujukannya. Sugeng juga menyampaikan bahwa sistem rujukan online ini harus berjalan dalam jangka panjang.

"Rujukan online ini harus berjalan terus sebab hanya dengan beberapa saat di masa trial atau percobaan ini saja kita sudah sangat merasakan manfaatnya apalagi untuk ke depannya nanti harus lebih baik lagi. Dengan keadaan RS tipe B seperti RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro yang setiap harinya mengalami tumpukan pasien kini sudah sedikit berkurang karena pasien bisa lebih diarahkan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang lebih pas dan tepat sasaran. untuk sosialisasi rujukan online ini agar tetap terus digencarkan dan tidak lupa evaluasi secara berkala serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait itu yang terpenting,” tutup Sugeng. [*inf/lis]

Tag : infotorial, bpjs



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat