21:00 . Organisasi Lintas Agama Berikan Pengobatan Gratis di Ngraseh   |   20:00 . Malam Syahdu HSN dengan Tadarus   |   19:00 . Inilah Daftar Lolos Administrasi CPNS Bojonegoro   |   18:00 . PPLIPI Ajak Masyarakat Bojonegoro Membatik   |   17:00 . Dulu Flanel, Sekarang Zahida Fokus Batik Painting   |   16:00 . Santri Abu Darrin Gelar Gerak Jalan dan Sepeda Hias   |   15:00 . Peringati HSN, Seluruh Santri Attanwir Ikuti Pawai Taaruf   |   14:00 . Santri Attanwir Gelar Istighosah Bersama   |   12:00 . 15 Ribu Santri Dipastikan Ikut Upacara HSN 2018   |   11:00 . PC LP Ma'arif NU Bojonegoro Gelar KSOAs   |   10:00 . Taman, Ciptakan Suasana Nyaman di Sekolah   |   09:00 . Hari Santri, Jamaah NU Bubulan Istighotsah Kubro   |   07:00 . Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Teh yang Wajib Diketahui   |   06:00 . Gesang Tetap Gesang   |   05:00 . Ngaostik ke-7 Sajak dan Dendang untuk Korban Gempa Palu   |  
Sun, 21 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 September 2018 16:00

Air PDAM Tak Keluar, Perparah Kekeringan di Ngumpakdalem

Air PDAM Tak Keluar, Perparah Kekeringan di Ngumpakdalem

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dalam 4 bulan terakhir, curah hujan di Kabupaten Bojonegoro bisa dikatakan sangat minim. Musim kemarau ini, tidak hanya menye­babkan lahan perkebunan dan pertanian kekeringan, namun sumur warga juga mulai kering.

Sejumlah warga puluhan de­sa di 12 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro ki­ni mulai mengeluhkan su­mur di ru­mah mereka mulai me­ngering. Mi­salnya, sejumlah warga di Dusun Kedungrejo, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Warga Kedungrejo mengeluhkan keterbatasan air di dalam su­mur mereka. Malah dalam dua bulan terakhir ini, sebagian sumur sudah ada yang kering total.

“Bahkan kemarin, saat beberapa daerah di Bojonegoro diguyur hujan disini tidak turun satu tetes pun,” kata Muhammad Subki, salah seorang warga Dusun Kedungrejo, Sabtu (29/9/2018).

Untuk memenuhi air bersih sebagai kebutuhan mandi dan mencuci pakaian ia dan warga sekitar harus mengambil di sebuah sumur di ujung desa di tengah sawah sambil membawa sepeda motor. Sedangkan untuk keperluan air minum, ia membeli air galon isi ulang dengan harga Rp 3.500 per galon.

“Untuk kebutuhan sehari hari paling tidak membutuhkan 4 sampai 6 jirigen air dan itu juga untuk minum hewan ternak,” katanya lagi.

Kekeringan yang melanda tempatnya tersebut juga diperparah dengan air PDAM yang tidak bisa mengeluarkan air banyak. Bahkan dalam 1 bulan belakangan, hampir dipastikan tidak setiap hari air PDAM keluar dan keluarnya pun hanya pada waktu malam hari saja.

Menanggapi hal tersebut PDAM Bojonegoro memang membenarkanya. Sedikitnya air yang keluar disebabkan lantaran kondisi pipa sangat kecil dan daerah di sana naik turun, serta ditambah pelanggan di sana sudah maksimal atau sudah cukup banyak, sehingga pada tahun 2019 rencananya akan ada pemasangan Pompa Boster.

"Rencanya Pompa Boster tersebut akan dipasang di Desa Karangsono, sehingga bagi masyarakat Ngumpakdalem yang berlangganan dengan PDAM dan sekarang kesulitan air kita minta maaf yang sebesar-besarnya," tutup Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Bojonegoro, Joko Siswanto kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]


PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




Video bB

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim), Arif Rahman memberi himbauan kepada masyarakat umum, khususnya yang ada dalam kegiatan tersebut agar lebih cerdas dalam mengkonsumsi berita....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar...

    read more