21:00 . Tergeletak di Pinggir Jalan, Warga ini Diduga Sakit Sakit Diare   |   16:00 . Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat   |   15:00 . 28 PAC IPNU-IPPNU di Bojonegoro Terbentuk   |   14:00 . BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!   |   13:00 . Masa Tanam Tembakau Mundur Kini Baru 3.259 Hektar Sudah Tertanam   |   12:00 . Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan   |   11:00 . Kemenag: Salat Idul Adha Harus Terapkan Protokol Kesehatan   |   10:00 . Mahasiswi STEKIA Kembangkan Usaha Ayam Geprek, Omzet Melimpah   |   08:00 . Perdana, Mukbang Bareng Temen Kantor, Pada Deg-degan   |   07:00 . Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya   |   22:00 . Terus Bertambah, Hari ini 8 Orang Positif Covid-19   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . PMI Bojonegoro Kirim 2 Relawan Operasi Satgas Percepatan Covid-19 Jatim   |   14:00 . Ketua Baru PBSI Bojonegoro Agendakan Turnamen Antar Klub   |   13:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan   |  
Mon, 13 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 September 2018 19:00

Produk Kopi Instan Bisa Terbakar

Disdag Berharap Masyarakat Tak Mudah Percaya

Disdag Berharap Masyarakat Tak Mudah Percaya

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Viralnya video bubuk kopi instanyang menyala saat dibakar menjadi heboh di masyarakat.

Bahkan tak sedikit masyarakat yang mencobanya dengan cara bubuk kopi ditumpahkan ke korek api yang sedang menyala dan langsung membuat api semakin membesar.

Selain itu ada pula beberapa video yang mempraktikkan hal serupa terhadap merek kopi lain, tapi tidak membuat api membesar saat bubuk kopi dituang di atas pemantik api yang sama. Sehingga dari praktik itulah kemudian muncul anggapan bahwa produk kopi dengan merek tertentu itu berbahaya, karena mudah terbakar.

Menanggapi hal tersebut Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro mengimbau agar masyarakat tidak panik ataupun tidak mudah percaya dengan vidio yang beredar tanpa penjelasan ilmiah. Sebab, menurut Dinas Perdagangan, hal tersebut bisa saja adalah trik yang dilakukan oleh perusahan untuk menjatuhkan perusahaan lain, atau persaingan perdagangan.

"Jangan mudah percaya dulu, apalagi sekarang juga musim politik, ditakutkan nanti malah ada oknum dibaliknya yang memanfaatkan," ujar Plt. Dinas Perdagangan, Agus Hariyana.

Baca juga [Produk Kopi Instan Bisa Terbakar, Ini Penjelasan BPOM]

Ia juga mengungkapkan, kasus tersebut sebenarnya sudah pernah terjadi beberapa bulan lalu, tentang isu beras plastik dan garam yang mengandung kaca dan semuanya tak benar. Sehingga, masyarakat dihimbau agar bisa memilah dan memilih tentang informasi yang beredar.

"Kalau ada informasi seperti itu jangan ikut nyebar dulu tanpa ada penjelasan resmi dari badan yang bersangkutan, soalnya ditakutkan malah memperkeruh keadaan," ujar Agus Hariyana.

Terkait bubuk kopi yang terbakar, Agus menjelaskan, sudah ada informasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Sehingga masyarakat tidak perlu takut dan resah tentang adanya informasi yang katanya bisa berdampak buruk kepada kesehatan.

Berikut penjelasannya:

1. Bahwa produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon) serta mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori, seperti kerupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya pasti akan terbakar/menyala jika disulut dengan api.

2. Bahwa produk pangan yang terbakar/menyala tersebut tidak dapat membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin di dalam produk pangan.

3. Bahwa untuk membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin diperlukan pengujian lebih lanjut di laboratorium.

4. Bahwa Badan POM telah melakukan evaluasi keamanan, mutu dan gizi pangan termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan pangan olahan sebelum pangan tersebut diedarkan dengan nomor izin edar Badan POM (MD atau ML).

5. Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, Badan POM terus melakukan pengawasan terhadap kemungkinan beredarnya produk yang tidak memenuhi syarat. [din/mu]

*Foto salah satu masyarakat yang praktik dengan membakar bubuk kopi instan merek tertentu.

Tag : bubuk, kopi instan, awas kopi berbahaya


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat