Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ayo Beso Bareng

Lestarikan Seni, Pemkab Adakan 'Mbeso Bareng'

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 September 2018 20:00

Lestarikan Seni, Pemkab Adakan 'Mbeso Bareng'

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus berinovasi melestarikan kesenian dan kebudayaan di Kota Ledre. Salah satunya dengan mengadakan 'Ayo Mbeso Karo Waranggono Sak Kabupaten' di pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Sabtu (29/9/2019) malam.

Setidaknya ada sekitar 29 Waranggono di Kota Ledre yang dihadirkan mengikuti pagelaran tersebut, serta diwisuda langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah. "Wujud komitmen pemerintah dalam menjaga kualitas dan kuantitas seni, sebagai ciri khas bangsa kita," kata Kepala Dinas K4ebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid.

Amir melihat kesenian tari ini sebenarnya sudah mengakar di masyarakat, tetapi masih perlu dilestarikan. Pasalnya seni merupakan penopang dari segala budaya, karena sebelum pagelaran ini juga diadakan peningkatan kapasitas dan kualitas seni tarinya dengan merias diri dalam penampilan.

"Pelaku seni mentransformasi generasi yang akan datang, karena kurang disadari dan mereka (waranggono) sudah sebagai penikmat masih tetap menari," terangnya.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah mengatakan, pentingnya melestarikan kesenian, pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan terus mengembangkan agar masyarakat mudah menjangkau. "Termasuk merubah cara pandang yang negatif, agar tetap melestarikan kesenian," ucapnya.[ito/mu]

tayub2

Tag : beso, tayub, waranggono



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini