18:00 . Daun kering rawan kebakaran   |   17:00 . Ikan Asap Solusi Ketika Harga Daging Sedang Melambung   |   16:00 . Jika Ada Bencana, ini yang Akan Dilakukan KPU   |   14:00 . Pemuda Mojodelik Terlibat Sebagai Panitia PTSL   |   13:00 . Kemarau, Jadi Berkah Bagi Tukang Gali Sumur   |   12:00 . Siswa SD di 2 Kecamatan Terima Kartu ATM PIP   |   11:00 . Bupati Berikan Penghargaan untuk Masyarakat Berprestasi   |   10:00 . Kelelahan saat Upacara, 12 Siswa Dirawat   |   09:00 . Upacara HJB, Bupati Ajak Semua Lebih Produktif   |   08:00 . Pemuda Bojonegoro Ikuti Jambore Pemuda Daerah   |   07:00 . Daftar Negara dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi, Bagaimana Indonesia?   |   23:00 . LPPNU Bojonegoro Sosialisasikan Program Bantuan Tanam Jagung   |   22:00 . 29 Gunungan Dibagikan di Grebeg Berkah   |   21:30 . Bupati Terima Api Abadi   |   21:00 . Filosofi Musik 'Ning Nong Gung' dalam Iringan Grebek Berkah   |  
Sun, 21 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 September 2018 09:00

Produk Kopi Instan Bisa Terbakar, Ini Penjelasan BPOM

Produk Kopi Instan Bisa Terbakar, Ini Penjelasan BPOM

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Beredarnya bubuk kopi instan yang menyala saat dibakar, tak sedikit masyarakat yang ketakutan. Sebab, banyak masyarakat beranggapan bahwa di dalamnya ada sebuah bahan berbaya yang bisa berdampak buruk kepada kesehatan.

Salah satu masyarakat yang ketakutan adalah Abdul Rouf, pria asal Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Bahkan dirinya langsung membuktikanya dengan membakar serbuk kopi tersebut dan ternyata juga langsung terbakar.

"Saya langsung mencobanya dan ternyata langsung terbakar, sehingga saya agak ketakutan apakah ini berbaya untuk dikonsumsi atau tidak," ucap Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi di Kabupaten Bojonegoro ini.

Sementara itu terkait adanya vidio yang beredar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Timur langsung bertindak cepat. Bahwa anggapan adanya bahan berbaya yang terkandung di dalam produk tersebut adalah tidak benar atau hanya berita hoax yang tidak jelas sumbernya.

Sebab di setiap produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon) serta mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori, seperti kerupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya pasti akan terbakar atau menyala jika disulut dengan api.

"Sehingga produk pangan yang terbakar atau menyala tersebut tidak dapat membuktikan adanya kandungan plastik ataupun lilin di dalam produk pangan tersebut," ujar Kepala Seksi Penyidikan BPOM Jawa Timur, Siti Amanah.

Menurutnya, sebelum suatu prodak beredar luas di masyarakat pastinya ada izin yang keluar yang tentunya melalui pengecekan ketat terkait keamanan, mutu dan gizi pangan, termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan pangan olahan sebelum diedarkan dengan nomor izin edar Badan POM (MD atau ML).

"Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, Badan POM terus melakukan pengawasan terhadap kemungkinan beredarnya produk yang tidak memenuhi syarat, sehingga masyarakat tidak boleh khawatir. Namun, BPOM juga membutuhkan kerjasama dengan masyarakat terkait pengawasan makanan yang beredar," tutup perempuan yang akrab disapa Amanah itu kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]


PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




Video bB

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim), Arif Rahman memberi himbauan kepada masyarakat umum, khususnya yang ada dalam kegiatan tersebut agar lebih cerdas dalam mengkonsumsi berita....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar...

    read more