21:00 . Tergeletak di Pinggir Jalan, Warga ini Diduga Sakit Sakit Diare   |   16:00 . Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat   |   15:00 . 28 PAC IPNU-IPPNU di Bojonegoro Terbentuk   |   14:00 . BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!   |   13:00 . Masa Tanam Tembakau Mundur Kini Baru 3.259 Hektar Sudah Tertanam   |   12:00 . Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan   |   11:00 . Kemenag: Salat Idul Adha Harus Terapkan Protokol Kesehatan   |   10:00 . Mahasiswi STEKIA Kembangkan Usaha Ayam Geprek, Omzet Melimpah   |   08:00 . Perdana, Mukbang Bareng Temen Kantor, Pada Deg-degan   |   07:00 . Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya   |   22:00 . Terus Bertambah, Hari ini 8 Orang Positif Covid-19   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . PMI Bojonegoro Kirim 2 Relawan Operasi Satgas Percepatan Covid-19 Jatim   |   14:00 . Ketua Baru PBSI Bojonegoro Agendakan Turnamen Antar Klub   |   13:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan   |  
Mon, 13 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 30 September 2018 07:00

Olahraga Apa yang Efektif Membakar Kalori?

Olahraga Apa yang Efektif Membakar Kalori?

Reporter:-

blokBojonegoro.com  - Para ahli telah meneliti berbagai jenis olahraga, dan mereka telah menetapkan olahraga apa yang paling cepat membakar kalori.

Menurut ahli, semakin banyak dan semakin keras otot dilibatkan dalam olahraga maka jumlah kalori yang dibakar semakin banyak.

"Artinya jika ingin membakar lebih banyak kalori, kita harus melakukan olahraga yang menggunakan bagian otot bawah dan atas dengan intensitas tinggi," ujar Dr. Tim Church, profesor kedokteran olahraga dari Louisiana State University, AS. CrossFit dan tabata training merupakan dua jenis olahraga yang mampu membakar banyak kalori.

CrossFit dan Tabata

CrossFit atau olahraga yang menerapkan serangkaian pull-up, push-up, dan squat dalam satu putaran terbukti dapat membakar 13 kalori per menit. Bila CrossFit dilakukan selama 20 menit, berarti ada 260 kalori yang terbakar. Beberapa riset juga membuktikan bahwa tabata training mampu membakar kalori dalam waktu singkat.

Model olahraga yang terdiri dari blok waktu empat menit dan dikombinasikan dengan olahraga intensitas maksimum seperti ketahanan dan aerobik dapat membakar 14,5 kalori permenit atau 280 kalori jika dilakukan selama 20 menit. Menurut ahli, jumlah kalori yang dibakar dari kedua jenis olahraga tersebut mengalahkan berbagai jenis olahraga lainnya.

"Tapi, tidak semua orang yang menerapkan olahraga ini akan membakar kalori dalam jumlah yang sama," ujar John Porcari, periset tabata dan pakar olahraga dari University of Wisconsin, AS.
Ia mencontohkan, beberapa orang dalam studinya mampu membakar hingga 360 kalori selama 20 menit atau 18 kalori per menit. Porcari menegaskan, hal tersebut juga perlu diimbangi dengan tekad dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga. Baginya, itu adalah faktor penting dalam membakar kalori.

"Saya menemukan banyak orang tidak mampu berolahraga dengan intensitas tinggi secara teratur dalam jangka waktu yang lama," kata Porcari.

Menurutnya, cara terbaik untuk mengukur efektivitas olahraga adalah dengan melakukannya dalam porsi yang nyaman dilakukan untuk diri sendiri.

Saat olahraga dilakukan dengan maksimal, maka pembakaran kalori juga maksimal. Tak heran, banyak orang memilih olahraga lagi sebagai alternatif yang rutin dilakukan.

Berlari

Berdasarkan data American Council on Exercise, penyedia sertifikasi kebugaran, mereka yang punya berat badan sekitar 52 kilogram dan berlari selama 30 menit dengan kecepatan lambat mampu membakar 260 kalori.

Jumlah ini setara dengan jumlah kalori yang dibakar saat kita melakukan olahraga CrossFit selama 20 menit. Sementara, orang dengan berat 79 kilogram dapat membakar hingga 400 kalori bila berlari selama 30 menit. Kuncinya, tingkatkan kecepatan berlari untuk membakar kalori dalam jumlah lebih besar.

Selain itu, studi dari Universitas New Mexico menyebut bahwa durasi olahraga juga penting untuk meningkatkan  metabolisme usai olahraga.

Jadi jika kita ingin memaksimalkan pembakaran kalori, maka pilih olahraga yang mengeluarkan banyak energi dan dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Semua jenis olahraga mampu membakar kalori dengan maksimal, tergantung individu yang melakukannya. Apakah kita mau meluangkan waktu untuk berolahraga dan mempertahankan intensitasnya.

"Untuk membakar kalori, kita hanya perlu berolahraga dengan sungguh-sungguh," pungkas Church.


Sumber: https://sains.kompas.com/read/2018/09/18/210300323/
olahraga-apa-yang-efektif-membakar-kalori-sains-menjawab.

Tag : olah, raga, lari, kalori


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat