16:00 . Ganti Nama, P3A Kini Jadi P2TP2A   |   15:00 . Kunker, Pemkot Tasikmalaya Belajar Pengelolaan Pasar   |   14:00 . Model Baru Buku Nikah Tunggu dari Kementrian Pusat   |   13:00 . SDN MT Ikuti Lomba Budaya Mutu   |   12:00 . Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila   |   11:00 . Dugaan Pungutan di SMAN 1 Bojonegoro, ini Kata Kepala Cabdindik   |   10:00 . Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Kunjungi Bojonegoro   |   09:00 . Gebyar Si Joni Heroik, Senyap untuk Krisna   |   08:00 . Lebih Dekat dengan SKD saat Tes CPNS, Intip Yuk!   |   07:00 . 5 Adegan Sinetron yang Bertentangan dengan Logika dan Kenyataan   |   22:00 . UNUGIRI Kalahkan UNHASY 6-1 di Liga Futsal Mahasiswa   |   21:00 . Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab   |   20:30 . Haddad Alwi Sihir Masyarakat Bojonegoro dengan Lagu Religinya   |   20:00 . SMK Diharap Jadi Sekolah Berbasis Akademis dan Produksi   |   19:30 . Sempat Diguyur Hujan, Ratusan Masyarakat Padati Peringatan HSN   |  
Wed, 24 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 30 September 2018 06:00

Blok Buku

Perjanjian Hati

Perjanjian Hati

Peresensi: Nurul Oktaviani

Novel "Perjanjian Hati" dikarang Santhy Agatha, seorang istri merangkap seorang wanita karier yang mencuri waktu untuk menuliskan rangkaian kata-kata yang terpendam di otaknya, di sela-sela kesibukannya setiap hari.

Santhy Agatha mengkhususkan genre novelnya pada genre romantic karena tak habis-habisnya dia mengagumi, begitu banyak kisah indah yang bisa dimunculkan dari dua manusia yang saling mencintai.

Saat ini Santhy Agatha hidup di kota Bandung, di tengah hujan dan dalam rumah mungil yang ditinggalinya bersama suami tercinta. Masih suka menulis cerpen, puisi dan apapun untuk merangkaikan kata-kata yang ada di benaknya.

Novel ini menceritakan kisah seorang gadis bernama nessa. Nessa mempunyai kekasih bernama Marcel. Awalnya hubungan nessa dan marcel berjalan dengan lancar mereka saling mencintai meski perbedaan kasta yang mereka miliki, marcel adalah anak orang kaya sedangkan Nesa hanya gadis biasa yang berasal dari keluarga sederhana. Sampai pada suatu ketika marcel memutuskan untuk mengakhiri hubunganya dengan Nessa karena ibunya menentang hubungan mereka,ibunya ingin Marcel memiliki pasangan hidup yang sederajat dengan keluarga mereka, Marcel juga berkata bahwa ia akan segera bertunagan dengan susan,gadis pilihan ibunya. Hati Nessa sangat hancur,bagaimana tidak Marcel lelaki yang snagat ia cintai pergi meninggalkanya.  

Hari demi hari Nessa jalani tak terasa sudah dua tahun nessa menjalani harinya tanpa Marcel disampinya ia tidak pernah lagi bertemu dengan sosok pemuda yang pernah ia cinta,sekarang ia sudah bekerja di sebuah taman kanak-kanak. 

Suatu hari adik Nessa,Ervan mengatakan bahwa keluarga sang kekasih yang bernama Delina ingin bertemu dengan keluarganya,ia ingin mengajak Nessa karena Nessa adalah satu-satunya kakak yang ia miliki ia tidak mungkin mengajak ibunya mengingat ibunya terkena sakit rematik yang tidak bisa keluarga pada malam hari. Dalam hati kecil Nessa ia merasa khawatir terhadap adiknya ia takut jika  adiknya mengalami hal yang sama denganya,karena Delina adalah anak orang kaya. 

Pertemuan antara keluarga Ervan dan Diandrapun terjadi. Diandra dan Ervan datang dalam pesta yang diadakan oleh keluarga Diandra. Dan disanalah Nessa bertemu dengan Marcel dan Susan ia juga bertemu dengan sosok lelaki yang bernama Kevin yang tak lain adalah kakak Diandra. Kevin adalah pria muda yang sukses menjalankan bisnisnya. Diandra tak menyangka bahwa keluarga diandra menerima baik kedatanganya dengan Ervan meski mereka tau bahwa Nessa dan Ervan berasal dari keluarga sederhana bahkan Kevin,kakak Diandra juga menolongnya saat ia dipermalukan oleh Marcel dan Susan.

Suatu hari Kevin menawarkan Susan sejumlah uang dengan syarat ia harus meninggalkan adiknya,Diandra. Tentu saja Diandra merasa sangat kecewa dengan penawaran Kevin. Kevin merasa senang dengan respon Nessa. Kemudian ia menjelaskan apa maksud dari penawaranya. Ia mengatakan bahwa ia hanya ingin menguji Nessa. Ia juga mengatakan bahwa ia dan Diandra bukanlah saudara kandung ia hanya anak yang dibesarkan oleh keluarag Diandra,bahkan mamanya juga ingin menikahkannya dengan Nessa mamanya juga sudah mempersiapkan pernikahan mereka. Ia juga menawarkan ia ingin Nessa menjadi menjadi kekasih pura-puranya agar pernikahanya dengan Diandra dapat dibatalkan . diandra sempat menolak penawaran dari Kevin tapi ia ingat ia tidak ingin adiknya merasa sakit hati jika Kevin dan Diandra menikah. Akhirnya Nessa menerima penawaran dari Kevin.

Suatu hari Kevin mengenalkan Nessa kepada mamanya,mamanya sangat senang dengan kedatangan Nessa bahkan mama Kevin berencana menikahkan mereka dalam waktu dekat. Nessa dan Kevin sangat kaget mendengar apa yang dikatakan oleh mamanya. Namun demi kebahagiaan adik mereka,mereka rela melakukan apa yang diinginkan oleh mamanya,Kevin juga tidak ingin mamanya terkena serangan jantung. Suatu saat mama Kevin terkena serangan jantung,keaadanya sangat kritis mama Kevin juga ingin Kevin dan Nessa segera menikah dan saat itu juga Kevin dan Nessa menikah. 

Kevin dan Nessa menjalani hubungan palsu itu dengan baik selama beberapa saat hingga sampai suatu saat Kevin dan Nessa bertengkar dan Nessa pergi dari rumah. Nessa pergi ke kafe tempat biasa ia dan Kevin menghabiskan waktu bersama dengan coklat panas sebagai minuman favorit Nessa bahkan pelayan kaffe tersebut sudah mengenal baik Nessa dan Kevin,Nessa juga sering menceritakan hubunganya dengan Kevin kepada pelayan tersebut. Selama seharian Nessa berada dicafe tersebut ia sengaja tidak mengaktifkan ponselnya untuk menghindari Kevin,suaminya. Tak lama kemudian setelah ia mengaktifkan ponselnya ia menerima banyak pesan bahwa mamanya kritis. Sontak ia langsung pergi dari kafe tersebut dan menuju ke rumah sakit. Sampai dirumah sakit ia melihat diandra terisak dipelukan Kevin Diandra juga mengatakan bahwa mamanya telah meninggal. Nessa menangis ia segera menemui martuanya yang telah terbujur kaku di ranjang rumah sakit. Ia juga melihat Kevin duduk dengan tatapan kosong di kursi dekat ranjang. Ia mndekati Kevin dan mencoba memberi ketegaran kepada suaminya. Nessa sangat menyesal karena ia tidak dapat mendampingi mertuanya di detik-detik terakhirnya. 

Setelah kematian mama Kevin,Kevin dan Nessa sering membicarakan perceraian karena hubungan mereka demi mamanya dan sekarang mamanya telah pergi,jadi tidak ada lagi arti hubungan mereka. Namun Kevin berusaha mempertahankan hubungan mereka dan mengulur waktu untuk bercerai dengan Nessa,Kevin merasa ia sudah jatuh cinta dengan Nessa dan ia ingin Nessa merasakan hal yang sama denganya.  Kevin bahkan mendatangkan wanita dari masa lalunya untuk membuat Nessa cemburu. Dan atas bantuan wanita tersebut Kevin berhasil membuat Nessa mengakui cintanya kepada Kevin dan mulai saat itu mereka berjanji untuk selamanya.

Jalan cerita novel ini bagus sangat menarik pembaca, hal ini juga didukung dengan sampulnya bagus. Namun, secara kontens tidak dianjurkan untuk dibaca oleh remaja muda terutama anak-anak karena terdapat kata-kata yang kurang pantas dibaca oleh anak-anak.

Identitas Novel :

Judul : Perjanjian Hati

Penulis : Santhy Agatha

Penerbit : Saira Publisher

Tahun Terbit : 2013

Editor : Meyrizal & Mendy Jane

Halaman : 143

*Mahasiswa STIKes ICSada, anggota LPM Kampus Ungu

 

Tag : resensi, blok buku

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 October 2018 21:00

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab Sebagai bagian pengenalan jurusan serta menjalin keakraban sesama mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar malam keakraban. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 Oktober hingga...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat