15:00 . Jajanan Khas Kampung Ini Tembus Pasaran Luar Kota   |   13:00 . H-10 Pengerjaan dan Material Proyek Jalan Nasional Sudah Bersih   |   12:00 . Kapolres Cek Jalan Nasional Jelang Arus Mudik Lebaran   |   11:00 . Pengamanan Hasil Pemilu, 400 Aparat Gabungan Disiapkan   |   10:00 . Puasa Ramadan, Peserta Upacara Harkitnas Mengeluh Pusing Dan Mual   |   08:00 . Tes Wawancara, Tentukan 10 Nama Calon KPU   |   07:00 . Tips Mengurangi Bau Mulut di Saat Puasa   |   22:00 . Antisipasi Aksi 22 Mei, Polres Bojonegoro Siaga di Stasiun   |   21:00 . Gandeng Pemuda NU, Ahbabul Musthofa Tebar Ta'jil di Kedungadem   |   20:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   19:30 . Baksos Ramadan dan Parenting Connection JCI Bojonegoro   |   19:00 . Viking Bojonegoro Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim   |   18:30 . Bersama Komunitas Offroad, Kapolres Bojonegoro Bagi Takjil   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |  
Mon, 20 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 October 2018 09:00

Harga Minyak Dunia Capai Rekor Tertinggi Baru

Harga Minyak Dunia Capai Rekor Tertinggi Baru

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dibayangi oleh kekhawatiran atas hilangnya pasokan dari Iran akibat sanksi Amerika Serikat (AS), harga minyak mentah dunia pada perdagangan Rabu (3/10) waktu AS atau Kamis (4/10) WIB mencatatkan rekor tertinggi baru dalam 4 tahun terakhir.

Dikutip dari Reuters, minyak jenis Brent harganya naik hampir 2 persen atau USD 1,49 hingga ditutup di posisi USD 86,29 per barel. Harga itu merupakan yang tertinggi sejak 20 Oktober 2014, ketika Brent diperdagangkan di harga USD 86,74 per barel.

Sedangkan jenis West Texas Intermediate (WTI) naik USD 1,18 atau 1,6 persen, dan ditutup di posisi USD 76,41 per barel. Posisi tertingginya 4 tahun lalu ada di harga USD 76,90 per barel.

Sentimen hilangnya pasokan minyak dunia dari Iran lebih dominan mendongkrak harga, ketimbang naiknya cadangan minyak AS yang lebih tinggi. Demikian juga data produksi minyak Arab Saudi dan Rusia yang meningkat, tak mampu menekan harga.

Padahal Energy Information Administration merilis, persediaan minyak mentah AS melonjak 8 juta barel minggu lalu. Angka itu yang tertinggi sejak Maret 2017 dan juga jauh lebih besar dari ekspektasi analis.

“Sejak sekarang sampai 4 November nanti, tak ada masalah. Tapi reaksi pasar (minyak dunia) punya kebenarannya sendiri,” kata Direktur Komoditas Berjangka di Mizuho, New York, Bob Yawger, seperti dilansir Reuters.

Sanksi ekonomi AS terhadap Iran, akan mulai menyasar industri keuangan, perbankan, serta perminyakan negara itu mulai 4 November 2018 nanti. Iran merupakan salah satu pemasok minyak utama di OPEC, selain Arab Saudi. Apalagi OPEC juga tengah kehilangan banyak pasokan dari Venezuela.

Produksi minyak Iran berkisar antara 3,7 juta hingga 3,8 juta per barel. Sanksi AS tak hanya menghambat produksi dan penjualan minyak Iran, tapi juga investasi yang akan dilakukan negara-negara asing di Iran.

Tapi Iran juga menyatakan siap melakukan langkah serupa, bahkan lebih jauh dari itu, jika ada pihak-pihak yang mengancam pangsa pasar minyaknya. Pejabat senior Iran bahkan pernah melontarkan, akan menutup wilayah perairannya untuk lalu lintas kapal tanker pengangkut minyak dan gas milik negara lain.

Jalur paling vital bagi lalu lintas kapal tanker, di perairan Teluk yang dikuasai Iran adalah Selat Hormuz. US Energy Information Administration (EIA) menyebutkan, jalur itu dilintasi kapal-kapal pengangkut 17 juta barel minyak setiap harinya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : harga minyak, minyak, migas

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat