16:00 . Ganti Nama, P3A Kini Jadi P2TP2A   |   15:00 . Kunker, Pemkot Tasikmalaya Belajar Pengelolaan Pasar   |   14:00 . Model Baru Buku Nikah Tunggu dari Kementrian Pusat   |   13:00 . SDN MT Ikuti Lomba Budaya Mutu   |   12:00 . Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila   |   11:00 . Dugaan Pungutan di SMAN 1 Bojonegoro, ini Kata Kepala Cabdindik   |   10:00 . Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Kunjungi Bojonegoro   |   09:00 . Gebyar Si Joni Heroik, Senyap untuk Krisna   |   08:00 . Lebih Dekat dengan SKD saat Tes CPNS, Intip Yuk!   |   07:00 . 5 Adegan Sinetron yang Bertentangan dengan Logika dan Kenyataan   |   22:00 . UNUGIRI Kalahkan UNHASY 6-1 di Liga Futsal Mahasiswa   |   21:00 . Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab   |   20:30 . Haddad Alwi Sihir Masyarakat Bojonegoro dengan Lagu Religinya   |   20:00 . SMK Diharap Jadi Sekolah Berbasis Akademis dan Produksi   |   19:30 . Sempat Diguyur Hujan, Ratusan Masyarakat Padati Peringatan HSN   |  
Wed, 24 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 October 2018 09:00

Harga Minyak Dunia Capai Rekor Tertinggi Baru

Harga Minyak Dunia Capai Rekor Tertinggi Baru

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dibayangi oleh kekhawatiran atas hilangnya pasokan dari Iran akibat sanksi Amerika Serikat (AS), harga minyak mentah dunia pada perdagangan Rabu (3/10) waktu AS atau Kamis (4/10) WIB mencatatkan rekor tertinggi baru dalam 4 tahun terakhir.

Dikutip dari Reuters, minyak jenis Brent harganya naik hampir 2 persen atau USD 1,49 hingga ditutup di posisi USD 86,29 per barel. Harga itu merupakan yang tertinggi sejak 20 Oktober 2014, ketika Brent diperdagangkan di harga USD 86,74 per barel.

Sedangkan jenis West Texas Intermediate (WTI) naik USD 1,18 atau 1,6 persen, dan ditutup di posisi USD 76,41 per barel. Posisi tertingginya 4 tahun lalu ada di harga USD 76,90 per barel.

Sentimen hilangnya pasokan minyak dunia dari Iran lebih dominan mendongkrak harga, ketimbang naiknya cadangan minyak AS yang lebih tinggi. Demikian juga data produksi minyak Arab Saudi dan Rusia yang meningkat, tak mampu menekan harga.

Padahal Energy Information Administration merilis, persediaan minyak mentah AS melonjak 8 juta barel minggu lalu. Angka itu yang tertinggi sejak Maret 2017 dan juga jauh lebih besar dari ekspektasi analis.

“Sejak sekarang sampai 4 November nanti, tak ada masalah. Tapi reaksi pasar (minyak dunia) punya kebenarannya sendiri,” kata Direktur Komoditas Berjangka di Mizuho, New York, Bob Yawger, seperti dilansir Reuters.

Sanksi ekonomi AS terhadap Iran, akan mulai menyasar industri keuangan, perbankan, serta perminyakan negara itu mulai 4 November 2018 nanti. Iran merupakan salah satu pemasok minyak utama di OPEC, selain Arab Saudi. Apalagi OPEC juga tengah kehilangan banyak pasokan dari Venezuela.

Produksi minyak Iran berkisar antara 3,7 juta hingga 3,8 juta per barel. Sanksi AS tak hanya menghambat produksi dan penjualan minyak Iran, tapi juga investasi yang akan dilakukan negara-negara asing di Iran.

Tapi Iran juga menyatakan siap melakukan langkah serupa, bahkan lebih jauh dari itu, jika ada pihak-pihak yang mengancam pangsa pasar minyaknya. Pejabat senior Iran bahkan pernah melontarkan, akan menutup wilayah perairannya untuk lalu lintas kapal tanker pengangkut minyak dan gas milik negara lain.

Jalur paling vital bagi lalu lintas kapal tanker, di perairan Teluk yang dikuasai Iran adalah Selat Hormuz. US Energy Information Administration (EIA) menyebutkan, jalur itu dilintasi kapal-kapal pengangkut 17 juta barel minyak setiap harinya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : harga minyak, minyak, migas

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 October 2018 21:00

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab Sebagai bagian pengenalan jurusan serta menjalin keakraban sesama mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar malam keakraban. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 Oktober hingga...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat