Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 October 2018 06:00

Setelah Operasi Plastik Wajah Pasti Bengkak

Setelah Operasi Plastik Wajah Pasti Bengkak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Memperbaiki bentuk wajah seperti yang diinginkan lewat operasi plastik biasanya memiliki beberapa efek samping, salah satunya bengkak pascatindakan.

Menurut dr. Teuku Adifitrian, spesialis bedah plastik (SpBP), atau biasa akrab disapa dr Tompi, bengkak terjadi karena saat operasi dokter membuka jaringan, sehingga muncul kondisi tersebut.

Namun, hal itu adalah hal yang wajar dan bengkak merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Proses bengkak itu pun tidak langsung terlihat pasca-operasi.

"Misalnya Anda nih, saya kerjain operasi hidung, setelah pulang operasi itu belum kelihatan bengkaknya. Besok pagi bangun tidur, baru kelihatan bengkak," kata Tompi, di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Tompi menjelaskan, setelah pasien sudah tidur, kemudian cairan badan menumpuk, sehingga mulai terlihat bengkak di area sekitar operasi. Kondisi bengkak itu misalnya mata yang mulai mengecil atau tertutup.

Dia melanjutkan, hari kedua dan ketiga bengkak tersebut kian parah.

"Biasanya jokes pasien ke saya, hari kedua dan tiga, 'aduh dok, saya bengkak nih kayak digebukin'. Itu jokes-nya," ucap Tompi.

Kemudian hari keempat dan kelima, kondisi bengkak mulai turun. Karena itu, rata-rata pasien mulai kontrol pada hari tersebut.

"Hari enam dan tujuh udah enggak terlalu menakutkan (wajahnya)," kata Tompi.

Karena itu, Tompi selalu mengingatkan ke pasiennya untuk tidak menilai operasi plastik hanya saat prosesnya, melainkan hasil akhir.

"Biasanya bengkak akan hilang 3-4 minggu, setelah itu baru kelihatan (hasilnya)," ujar Tompi.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini