22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |   15:00 . Ada Dua Mekanisme Daftar Ulang Siswa Baru Jenjang SMP   |   13:00 . Rapid Tes Peserta UTBK Membludak, Tetap Sesuai Protokol Kesehatan   |   12:00 . Ratusan Calon Mahasiswa Baru Antre Rapid Tes   |   11:00 . Seratusan Santri Lirboyo Asal Bojonegoro Mulai Balik Pondok   |   10:00 . Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Bengawan   |   09:00 . Bolang-baling dan Cakwe Camilan Lezat Khas Negeri Tirai Bambu   |   08:00 . Pasar Buah Banjarejo Mulai Dibongkar   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   22:00 . Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Bertambah 6 Orang   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |   20:00 . Banyak SMP Negeri Kurang Pagu, Disdik Data Siswa yang Masuk Swasta   |   18:00 . Pencetakan KIA di Bojonegoro Sudah Capai 50 Persen   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 08 October 2018 18:00

Pileg 2019

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Sosialisasi ke Berbagai Sektor

Cegah Pelanggaran Pemilu,  Bawaslu Sosialisasi ke Berbagai Sektor

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaslukab), resmi berganti menjadi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslukab). Tak hanya sekadar berubah istilah, personel yang dulu hanya 3 komisoner, kini bertambah menjadi 5 orang. Lima komisioner lolos seleksi pada 13 Agustus 2018 dan dilantik pada 15 Agustus 2018 yang lalu.

Diketahui, pergantian itu untuk melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Seperti diketahui seleksi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum untuk pengawas pemilu terdapat perubahan yakni Panitia Pengawas Pemilu berubah menjadi Badan Pengawas Pemilu dengan masa jabatan 5 tahun dan jumlah anggota 5 Orang. 

Bawaslu Kabupaten Bojonegoro yang yang terdiri 5 komisoner kini tengah fokus melakukan sosialisasi yang menitik beratkan terkait larangan pada saat pemilu. 

Ketua Bawaslu, Zaenuri mengatakan, pihaknya mensosialisasikan larangan saat kampanye seperti pemasangan alat peraga kampanye di tempat terlarang.  Beberapa lokasi yang dilarang untuk pemasangan alat peraga kampanye diantaranya di tempat ibadah, tempat pendidikan, jalan protokol, dan taman.

"Ya kita sudah sosialisasi ke beberapa Parpol, Pemkab, Polres dan lain-lain," ujar Zaenuri kepada blokBojomegoro.com, Senin (8/10/2018) di kantornya, Jalan Teuku Umar.

Ia menjelaskan tempat untuk pemasangan atribut kampanye  ada batas atau jarak. Sesuai Perbup nomor 31 tahun 2017. Selain itu, juga beberapa hal seperti larangan politik uang, ujaran kenencian, kampanye hitam (black campaign). 

Sementara itu, Komisoner Bawaslu Divisi Penindakan yang dikendalikan Dian Widodo menerangkan, pihaknya mengklarifikasikan ada beberpa jenis pelanggaran pemilu, seperti pelanggaran administrasi, pidana dan lainnya. 

"Pelanggaran yang masuk pidana adalah seperti money politik," imbuhnya. [top/lis]

 

 

Tag : pemilu, politik, bawaslu


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat