13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mulai Kesulitar Air, Masyarakat Desa Deru Resah

blokbojonegoro.com | Monday, 08 October 2018 13:00

Mulai Kesulitar Air, Masyarakat Desa Deru Resah

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kemarau tahun ini masih berlangsung, dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, saat ini terdapat 50 desa di 15 kecamatan yang mengalami kekeringan dan 193 tangki air sudah didistribusikan ke warga.

Prediksi BPBD Bojonegoro bahwa terdampak kemarau tahun ini bisa bertambah luas.

Di Dusun Deru Barat, Desa Deru, Kecamatan Sumberejo, sebagian warga mulai kesulitan air bersih. Bahkan beberapa warga harus menumpang ketetangga sekitar yang sumurnya masih mengeluarkan air, untuk memenuhi kebutuhkan air bersih seperti untuk mencuci dan mandi.

"Air sumur mulai mengering sekitar satu minggu yang lalu dan saya terpaksa menumpang ke tetangga sebelah untuk mandi dan mencuci," ujar warga setempat, Sumarto (58) Senin (8/10/2018).

Menurut Sumarto, kekeringan di desanya tidak terjadi setiap tahun, melainkan hanya pada saat kemarau lumayan panjang seperti ini. Oleh karena itu ia berharap ada bantuan dari pemerintah tentang distribusi air bersih kepada masyarakat sekitar.

"Semoga kekeringan di sini tidak terjadi lama dan segera turun hujan, jika terus seperti ini kekeringan bisa lebih parah yang berdampak kepada masyarakat," tuturnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, Plt Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia menjelaskan, kekeringan di Kabupaten Bojonegoro tahun ini lebih parah dibanding tahun sebelumnya. Sebab pada tahun 2017 hanya ada 26 desa dari 10 kecamatan yang terdampak, tetapi untuk tahun ini meluas menjadi 50 desa di 15 kecamatan.

"Meluasnya kekeringan ini disebabkan lantaran Bojonegoro belum turun hujan hingga saat ini, sedangkan hujan baru akan turun diprakirakan pada November mendatang," lanjut Nadif Ulfia.

BPBD Bojonegoro juga sudah menyiapkan sekitar 500 rit/tangki air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Namun hingga saat ini baru sekitar 195 truk yang didistribusikan kepada masyarat, sehingga diperkirakan masih aman untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau.

"Kita juga sudah menyalurkan rutin kebutuhan air bersih kepada masyarakat, sesuai dengan surat yang masuk di BPBD dan saya mengimbau agar pemerintah desa atau masyarakat untuk menyiapkan titik distribusi air, agar distribusi bisa relatif cepat dan aman," tutup Nadif Ulfia. [din/mu]

Tag : kekeringan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat