08:00 . Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial   |   07:00 . 8 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Kekasih   |   19:00 . Peringati Hari Peduli Sampah, Bersihkan Sampah Bengawan   |   18:00 . Utamakan Keselamatan Pasien Dengan Standar Akreditasi   |   17:00 . PWI Bojonegoro Selenggarakan Workshop   |   16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |  
Thu, 21 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 08 October 2018 13:00

Mulai Kesulitar Air, Masyarakat Desa Deru Resah

Mulai Kesulitar Air, Masyarakat Desa Deru Resah

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kemarau tahun ini masih berlangsung, dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, saat ini terdapat 50 desa di 15 kecamatan yang mengalami kekeringan dan 193 tangki air sudah didistribusikan ke warga.

Prediksi BPBD Bojonegoro bahwa terdampak kemarau tahun ini bisa bertambah luas.

Di Dusun Deru Barat, Desa Deru, Kecamatan Sumberejo, sebagian warga mulai kesulitan air bersih. Bahkan beberapa warga harus menumpang ketetangga sekitar yang sumurnya masih mengeluarkan air, untuk memenuhi kebutuhkan air bersih seperti untuk mencuci dan mandi.

"Air sumur mulai mengering sekitar satu minggu yang lalu dan saya terpaksa menumpang ke tetangga sebelah untuk mandi dan mencuci," ujar warga setempat, Sumarto (58) Senin (8/10/2018).

Menurut Sumarto, kekeringan di desanya tidak terjadi setiap tahun, melainkan hanya pada saat kemarau lumayan panjang seperti ini. Oleh karena itu ia berharap ada bantuan dari pemerintah tentang distribusi air bersih kepada masyarakat sekitar.

"Semoga kekeringan di sini tidak terjadi lama dan segera turun hujan, jika terus seperti ini kekeringan bisa lebih parah yang berdampak kepada masyarakat," tuturnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, Plt Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia menjelaskan, kekeringan di Kabupaten Bojonegoro tahun ini lebih parah dibanding tahun sebelumnya. Sebab pada tahun 2017 hanya ada 26 desa dari 10 kecamatan yang terdampak, tetapi untuk tahun ini meluas menjadi 50 desa di 15 kecamatan.

"Meluasnya kekeringan ini disebabkan lantaran Bojonegoro belum turun hujan hingga saat ini, sedangkan hujan baru akan turun diprakirakan pada November mendatang," lanjut Nadif Ulfia.

BPBD Bojonegoro juga sudah menyiapkan sekitar 500 rit/tangki air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Namun hingga saat ini baru sekitar 195 truk yang didistribusikan kepada masyarat, sehingga diperkirakan masih aman untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau.

"Kita juga sudah menyalurkan rutin kebutuhan air bersih kepada masyarakat, sesuai dengan surat yang masuk di BPBD dan saya mengimbau agar pemerintah desa atau masyarakat untuk menyiapkan titik distribusi air, agar distribusi bisa relatif cepat dan aman," tutup Nadif Ulfia. [din/mu]

Tag : kekeringan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more