14:00 . Model Baru Buku Nikah Tunggu dari Kementrian Pusat   |   13:00 . SDN MT Ikuti Lomba Budaya Mutu   |   12:00 . Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila   |   11:00 . Dugaan Pungutan di SMAN 1 Bojonegoro, ini Kata Kepala Cabdindik   |   10:00 . Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Kunjungi Bojonegoro   |   09:00 . Gebyar Si Joni Heroik, Senyap untuk Krisna   |   08:00 . Lebih Dekat dengan SKD saat Tes CPNS, Intip Yuk!   |   07:00 . 5 Adegan Sinetron yang Bertentangan dengan Logika dan Kenyataan   |   22:00 . UNUGIRI Kalahkan UNHASY 6-1 di Liga Futsal Mahasiswa   |   21:00 . Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab   |   20:30 . Haddad Alwi Sihir Masyarakat Bojonegoro dengan Lagu Religinya   |   20:00 . SMK Diharap Jadi Sekolah Berbasis Akademis dan Produksi   |   19:30 . Sempat Diguyur Hujan, Ratusan Masyarakat Padati Peringatan HSN   |   18:00 . 9 Kota di Jatim, Ikuti Pelatihan Lukis Kain di Bojonegoro   |   17:00 . Memprihatinkan, 71 Desa Ini Alami Kekeringan   |  
Tue, 23 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 10 October 2018 07:00

4 Cara Terbaik untuk Berpisah dengan Kekasih...

4 Cara Terbaik untuk Berpisah dengan Kekasih...

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tak ada yang ingin berpisah dari orang tersayang. Namun, terkadang  berpisah adalah jalan terbaik daripada mempertahankan suatu hubungan yang hanya bisa menyakiti.

Masalahnya, lagi-lagi mengungkapkan keinginan untuk berpisah dari orang yang pernah mengisi hati bukan hal yang mudah.

Butuh persiapan matang dan cara khusus agar hubungan yang diawali dengan baik-baik, berakhir dengan baik-baik pula.

Laman Time merangkum empat cara untuk mengakhiri hubungan dengan kekasih.

1. Katakan yang sesungguhnya

Saat mengakhiri suatu hubungan, kita pasti akan mendapatkan berbagai pertanyaan dari orang lain. Psikoterapis bernama Rachel Sussman mengatakan kita harus menjelaskan mengapa kita memilih berpisah dari si dia kepada banyak orang.

"Orang-orang yang saya lihat yang mengalami waktu paling sulit setelah putus cinta, itu karena mereka tidak mengerti," kata Sussman.

Menurut dia, kita harus menemukan alasan yang tidak mengejutkan orang lain, karena kita telah mendiskusikannya di masa lalu dan mencoba untuk mengatasinya.

Guy Winch, seorang psikolog dari New York sepakat dengan hal tersebut. Ia menyarankan agar kita memberi alasan yang jelas.

Tapi, jangan sampai kita membongkar semua keluhan yang terpendam dan berkomentar sinis tentang hubungan yang telah berakhir.

"Temukan satu hal, karena itu mungkin berguna bagi mereka untuk mengetahuinya," katanya.

Memberi komentar sinis atau keluhan hanya akan mendatangkan percakapan yang menyakitkan.

Para ahli setuju memilih kata-kata dengan cermat juga menjadi hal penting.

Winch menyarankan kita untuk mengungkapkan apa yang membuat kita terganggu atau merasa sulit menggunakan kata-kata yang lembut.

"Apa yang kita rasa mengerikan, tak selalu secara objektif mengerikan. Itu hanya terasa buruk untuk kita," tambah Winch.

Winch menyarankan kita untuk mengakhiri perpisahan dengan kata-kata lembut seperti "kita bisa menjadi teman" atau "sekarang bukan waktu yang tepat untuk kita menjalin asmara".

Ini memang terdengar klise. Tapi, ini cara terbaik agar kita bisa berpisah dengan secara damai dengan orang yang pernah mengisi hati.

2. Bicarakan secara pribadi

Wich dan Sussman sependapat cara berpisah terbaik bagi orang dewasa, sebaiknya terjadi di tempat pribadi.
"Jika itu terjadi di tempat umum, ini akan membuat kebingungan dan mendatangkan hal yang mengerikan," kata Winch.

Menurut Winch, tempat terbaik untuk memutuskan hubungan dengan kekasih adalah di rumahnya, bukan di rumah kita.

Cara ini membuat kita bisa segera pergi saat terjebak dalam situasi alot atau membuat si dia berada di tempat yang lebih akrab.

Winch juga menekankan adanya pengecualian saat kita melakukannya dengan cara bertatap muka.

Ia menyarankan kita untuk menjaga jarak, demi menghindari hal-hal yang tak dinginkan, misalnya kekerasan fisik.

Selain itu, memutuskan hubungan lewat telepon mungkin menjadi jalan terbaik saat kita menjalani hubungan jarak jauh.

Bahkan, bagi hubungan asmara yang baru saja terjalin, kita bisa memutuskannya lewat sebuah pesan singkat.

Meski kita baru saja berkencan, Winch menyarankan agar lebih baik bersikap terbuka, daripada dihantui rasa bersalah.

Ia merokemendasikan kita untuk mengirim pesan dengan kata-kata yang lembut, misalnya "terimakasih, itu menyenangkan, tapi saya tak bisa melanjutkan hubungan ini".

Dan, saat si dia menghubungi kita, gunakan kata-kata yang sama.

"Ini lebih mudah daripada harus menulisnya. Itulah yang benar-benar membuat orang berhenti atau memastikan pesan kita terkirim," ucap Winch.

3. Pastikan pikiran dan perasaan

Menurut Sussman, banyak orang kerap mengakhiri suatu hubungan meminta pendapat orang lain, yang hanya membuat situasi menjadi berantakan dan menyakitkan.

"Luangkan waktu untuk mencari ketenangan jiwa, menulis jurnal, berbicara dengan seorang teman atau anggota keluarga yang sangat baik atau berbicara dengan seorang spesialis hubungan," saran Sussman.

Menurut dia, cara ini untuk memastikan perasaan dan pikiran kita. Setelah kita memutuskan untuk mengakhiri segalanya, kita tidak boleh menunda percakapan atau melakukan hal dengan tergesa-gesa.

Sussman mengatakan, hal terbodoh yang dilakukan orang adalah menjalin hubungan dengan orang baru sebelum hubungan tersebut benar-benar berakhir.

Hal semacam ini termasuk bentuk perselingkuhan yang semakin memperumit hubungan, meski kita melakukannya dengan tujuan agar pasangan mengetahuinya dan sepakat untuk mengakhiri hubungan.

"Melakukan perselingkuhan sama saja kita melakukan hal yang sangat menyakiti orang lain," ucapnya.

4. Biarkan si dia membuat keputusan

Menghubungi kembali mantan kekasih untuk mempertahankan hubungan persahabatan usai putus cinta mungkin terlihat baik.

Namun, jangan buru-buru melakukannya. Para ahli menyarankan kita untuk memberinya jeda agar kita dan mantan kekasih benar-benar move on.

Menurut Sussman, orang yang baru saja kita putus cinta memiliki hak untuk berbicara kembali dengan mantan kekasih.

"Tetapi, sebaiknya kita mengambil jeda waktu sebelum mencoba untuk kembali menghubunginya," ucap Sussman.

Winch menyarankan kita untuk memberi waktu setidaknya tiga bulan untuk memulai menjalin kembali komunikasi dengan mantan kekasih.

"Kebanyakan orang yang mengikuti aturan ini memilih untuk tidak menghubungi kembali," paparnya.

Jika kita adalah pihak yang mengakhiri hubungan, Winch menyarankan agar kita mempersiapkan diri untuk kemungkinan tersebut dan memberikan mantan kekasih ruang untuk berpikir.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 October 2018 21:00

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab Sebagai bagian pengenalan jurusan serta menjalin keakraban sesama mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar malam keakraban. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 Oktober hingga...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat