15:00 . 38 Truk Muatan Penuh Lewati Jembatan Sosrodilogo   |   13:00 . Kader JKN Bantu BPJS Kesehatan Bojonegoro Kumpulkan Iuran   |   12:00 . Wow....! 11 Bulan, Angka Cerai di Bojonegoro 2000 lebih   |   11:00 . Sore Ini Jembatan Sosrodilogo Dites   |   10:00 . Akhir Tahun, Stok Daging Sapi Aman   |   09:00 . Pindah ke Bojonegoro, Perusahaan Ini Butuh Sekitar 1500 Pekerja   |   08:00 . Luar Biasa...! Persiapan Setahun, UDD PMI Bojonegoro Tipe Madya   |   07:00 . Tinggi Badan Menentukan Kehidupan Percintaan, Benarkah?   |   20:00 . Mengunjungi Candi Prambanan   |   19:00 . Aidir Amin Daud: Penulis yang Dijuluki Teknokrat Lintas Zaman   |   18:00 . Demi Keamanan, Pertamina EP Asset 4 Kerjasama dengan Lantamal V Surabaya   |   17:00 . Saat Ini, Pelayanan e-KTP Dipindah ke Gedung PPIK   |   16:00 . Belum Diresmikan, Wisata Perajin Bambu Ramai Dikunjungi Wisatawan   |   15:00 . Produksi Migas RI Belum Capai Target   |   14:00 . Festival Banyu Urip Semarakkan HJB Ke-341   |  
Fri, 14 December 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 October 2018 11:00

Pemilu 2019

Awal Kampanye, Bawaslu Awasi Keterlibatan Pihak Terlarang

Awal Kampanye, Bawaslu Awasi Keterlibatan Pihak Terlarang

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Memasuki awal tahapan kampanye pelaksanaan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan pengawasan. Termasuk melototi potensi pelanggaran kampanye, yakni keterlibatan pihak ke tiga.

Hal itu disampaikan, Aang Kunaifi, sebagai koordinator devisi pengawasan dan sosialisasi saat mengisi kegiatan sosialisasi pengawasan dan peningkatan kapasitas SDM pengawas pemilu 2019, bagi anggota dan kepala sekretariat panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, Kamis (11/10/2018).

Menurut Aang, prinsipnya ini merupakan kegiatan pengawas pemilu di Kabupaten Bojonegoro dalam rangka konsolidasi menyiapkan sumber daya pengawas di semua kabupaten, dalam rangka melakukan pengawasan di tahapan kampanye pemilu 2019.

"Mengingat bahwa penyelenggaraan pemilu 2019 melibatkan banyak pihak, lalu peserta pemilu partai politik di dalamnya ada ratusan bahkan ribuan calon Legislatif yang sudah diusulkan oleh seluruh partai politik," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Belum lagi peserta pemilu kemudian adanya pasangan calon presiden dan wakil presiden dan membentuk tim kampanye, di setiap tingkatan itu juga menjadi fokus perhatian kami dalam penyelenggaraan pemilu 2019.

"Kerawanan dalam tahapan kampanye diawal awal tahapan kampanye ini berdasarkan hasil penyematan kami di antaranya adalah keterlibatan beberapa pihak, yang memang itu tidak dibolehkan menjadi pelaksana kampanye atau pun menjadi peserta kampanye," terang Aang panggilan Aang Kunaifi.

Dicontohkan Aang, adanya aperatur sipil negara, adanya kepala desa, adanya pejabat badan usaha negara maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), itu juga merupakan pihak-pihak yang bisa di peroleh atau kegiatan kampanye yang menggunakan fasilitas pemerintah.

"Misal keberadaan mobil dinas yang di pakai untuk keperluan kegiatan kampanye dan lain sebagainya itu perlu menjadi perhatian kita bersama," tandasnya.

Sementara itu ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Zaenuri menuturkan, sosialisasi pengawasan dan peningkatan ini untuk kapasitas SDM pengawas dengan peserta Panwaslucam tiga orang dan kapala sekretariat sekabupaten Bojonegoro.

"Dengan tujuan memberikan pemahaman pengawsan, tupoksi jajaran dan integritas pengawas," tuturnya.

Sehingga yang ia tekankan di awal tahapan kampanye ini, bagaimana pencegahan terhadap pelanggaran dan pengawasan melekat. "Supaya setiap ada pelaksanaan kampanye agar bisa mengambil langkah langkah ketika ada indikasi pelanggaran," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : panwaslu, bojonegoro, konsolidasi

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 05 December 2018 08:00

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya! erkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 13 December 2018 09:00

    Gadget Sebagai Pengganti Buku

    Gadget Sebagai Pengganti Buku Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more