Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 October 2018 13:00

Donny Dorong Kembangkan Desa Wisata Berbasis Budaya

Donny Dorong Kembangkan Desa Wisata Berbasis Budaya

Reporter:  M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pengembangan desa wisata harus mendapat perhatian semua pihak, termasuk eksekutif dan eksekutif. Seperti yang dilakukan Donny Bayu Setiawan, yang mendorong Desa/Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro mengembangkan desa wisata berbasis budaya.

Dalam pelatihan membuat batik kain Udheng, diikuti oleh 70 orang ibu dari Desa Margomulyo dan sekitarnya. Acara yang berlangsung di Balai Desa Margomulyo, selain anggota fraksi PDI perjuangan DPRD Kabupaten Bojonegoro, Donny Bayu Setiawan, Kepala Dinas Koperasi dan UM, Elsa Deba dan Kasmari selaku Camat Margomulyo.

"Kegiatan tersebut memang sengaja diselenggarakan di Desa Margomulyo, mengingat di desa tersebut terdapat masyarakat Samin yang terkenal dengan budaya lokal yang luhur," kata Donny.

Donny yang juga ketua Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro menyebut, selama ini tokoh Samin, Mbah Harjo Kardi dan masyarakat Samin di Margomulyo sering dikunjungi oleh masyarakat lokal, tokoh nasional dan bahkan dari luar negeri, untuk melakukan penelitian dan yang lainnya.

"Artinya dapat menarik wisatawan masuk ke Margomulyo. Maka ini harus ditangkap sebagai peluang, dengan membuat semacam souvenir, misalnya udheng dan lain-lain. Supaya wisatawan masuk ke Margomulyo memberikan efek positif secara perekonomian masyarakat sekitar," tuturnya.

"Lebih dari itu, kedepan ada rencana membangun museum Samin, sehingga menegaskan Margomulyo sebagai desa wisata budaya. Dan masyarakat Harus bersiap dengan itu, salah satunya dng membuat kegiatan seperti itu," imbuhnya.

Untuk menyambut itu, Donny mendorong adanya kesinambungan antara rencana daerah, potensi desa, dan kemauan masyarakat. Ini akan mempercepat kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta mengurangi kemiskinan di pedesaan. [zid/ito]

Tag : wisata, margomulyo, bojonegoro

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini