14:00 . Model Baru Buku Nikah Tunggu dari Kementrian Pusat   |   13:00 . SDN MT Ikuti Lomba Budaya Mutu   |   12:00 . Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila   |   11:00 . Dugaan Pungutan di SMAN 1 Bojonegoro, ini Kata Kepala Cabdindik   |   10:00 . Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Kunjungi Bojonegoro   |   09:00 . Gebyar Si Joni Heroik, Senyap untuk Krisna   |   08:00 . Lebih Dekat dengan SKD saat Tes CPNS, Intip Yuk!   |   07:00 . 5 Adegan Sinetron yang Bertentangan dengan Logika dan Kenyataan   |   22:00 . UNUGIRI Kalahkan UNHASY 6-1 di Liga Futsal Mahasiswa   |   21:00 . Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab   |   20:30 . Haddad Alwi Sihir Masyarakat Bojonegoro dengan Lagu Religinya   |   20:00 . SMK Diharap Jadi Sekolah Berbasis Akademis dan Produksi   |   19:30 . Sempat Diguyur Hujan, Ratusan Masyarakat Padati Peringatan HSN   |   18:00 . 9 Kota di Jatim, Ikuti Pelatihan Lukis Kain di Bojonegoro   |   17:00 . Memprihatinkan, 71 Desa Ini Alami Kekeringan   |  
Tue, 23 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 October 2018 12:00

Rujukan BPJS Kesehatan Sekarang Lewat Online

Rujukan BPJS Kesehatan Sekarang Lewat Online

Kontributor : Apriani

blokBojonegoro.com - Belakangan ini BPJS Kesehatan menerima sejumlah pertanyaan sehubungan dengan beredarnya informasi di jejaring dan media sosial bahwa pasien tidak dapat memilih rumah sakit yang dituju karena telah ditentukan oleh aplikasi BPJS Kesehatan, menanggapi tersebut BPJS Kesehatan pun memastikan bahwa sistem rujukan online sama sekali tak mengurangi manfaat yang diterima oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS).

"Pada dasarnya sistem rujukan BPJS Kesehatan tidak berubah justru peserta akan mendapatkan pelayanan yang tepat dan berkualitas karena sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pemberi pelayanan kesehatan," kata kepala humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf.

Sistem rujukan online adalah jawaban bagi terwujudnya kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi jarak dan kapasitas Rumah Sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

Iqbal menjelaskan rujukan online diterapkan karena faktanya ada beberapa kondisi yang mendasari pertama jumlah rumah sakit saat ini terbatas, serta penyebarannya tidak merata, begitupun dengan kompetensi setiap rumah sakit tidak sama misalnya, jumlah dokter spesialis dan sarana prasarana tidak sama sementara tantangannya, program JKN-KIS harus memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta sesuai kebutuhan medis berdasarkan fasilitas kesehatan yang tersedia.

Dalam sistem rujukan online, peserta akan dirujuk ke fasilitas kesehatan sesuai dengan kompetensi pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Peserta tetap dirujuk ke dokter spesialis jadi jangan khawatir dalam kasus tertentu bisa langsung ke dokter sub spesialis di rumah sakit di kelas yang lebih tinggi.

"Rujukan tidak kaku misalnya ada peserta yang membutuhkan pelayanan medis di rumah sakit yang kompetensinya lebih tinggi maka bisa dirujuk kan langsung ke rumah sakit kelas B atau bahkan kelas A," papar iqbal. Iqbal menjelaskan manfaat rujukan online baik bagi peserta maupun fasilitas kesehatan

Bagi peserta JKN-KIS rujukan online dapat membantu peserta mendapatkan kepastian waktu pelayanan dengan kompetensi dan radius terdekat. Selain itu dapat meminimalisir adanya rujukan berulang kepada peserta dengan alasan tidak adanya SDM dan sarana yang dibutuhkan rujukan online juga dapat mengurangi antrian yang menumpuk pada Fasilitas Kesehatan penerima rujukan dengan memberikan beberapa opsi tujuan kepada peserta.

"Bagi Fasilitas Kesehatan khususnya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) rujukan online dapat membantu FKTP dalam melakukan rujukan yang tepat sesuai dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dibutuhkan serta mengurangi antrian yang menumpuk pada Fasilitas Kesehatan penerima rujukan," kata Iqbal.

Selain itu sistem rujukan online ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di Fasilitas Kesehatan nilai plusnya rujukan online bersifat Real Time dari FKTP ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) serta menggunakan digital documentation.

Data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL sehingga memudahkan analisis data calon pasien. Selain itu dengan sistem rujukan online meminimalisir kemungkinan kendala yang terjadi akibat pasien lupa membawa surat rujukan.

Iqbal mengungkapkan momentum diharapkan didukung oleh seluruh pihak BPJS Kesehatan siap menerima masukan konstruktif dan solutif apabila terdapat hal yang masih perlu ada perbaikan saat ini fasilitas kesehatan dan mitra kerja BPJS Kesehatan sudah praktek dalam mengisi kompetensi dan kapasitas Rumah Sakit Melalui aplikasi Health facilities Information System (HFIS).

Uji coba sistem rujukan online ini diperpanjang sampai dengan 15 Oktober 2018 dan di masa uji coba tersebut paralel dilakukan berbagai penyempurnaan program agar saat implementasi nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Saat ditemui blokBojonegoro.com Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Achamad Yatim mengungkapkan, rujukan online sekarang ini akrab disebut Struberi yang memiliki kepanjangan Sistem Rujukan Berjenjang Berbasis Kompetensi.

"Kalau untuk kendala karena pengisian HFIS yang kemungkinan belum dapat maksimal, dan sugesti dari peserta karena Ia biasa ke rumah sakit A harus ke rumah sakit B," jelasnya. [ani/ito]

Tag : bpjs, kesehatan, bojonegoro

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 October 2018 21:00

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab Sebagai bagian pengenalan jurusan serta menjalin keakraban sesama mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar malam keakraban. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 Oktober hingga...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat