11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Cintamu untuk Sahabatku

blokbojonegoro.com | Saturday, 13 October 2018 06:00

Cintamu untuk Sahabatku

Peresensi: Yuvira*

Fredy Siswanto, atau yang lebih dikenal sebagai fredy S adalah seorang penulis buku roman pinggiran (yang dijual di kaki lima ). Ia seorang novelis “kondang” pada masanya ratuan novel Fredy berjaya pada dekade 80 hingga 90-an di Indonesia. Namun, disayangkan, pentasnya di panggung sastra Indonesia dianggap tidak pernah ada. Kebanyakan para kritikus menganggap karya karyanya jauh dari apa yang kerap disebut karya sastra dari segi kualitas. Tapi toh Fredy tidak memperdulikan hal itu, karyanya msih menjadi buruan sebagian kalangan sampai saat ini. Fredy S memang novelis yang produktif karena telah lebih dari 300 judul buku ditulisnya. Fredy kini telah tiada beliau tutup usia pada 24 Januari  2015. Beberapa karya dari Fredy S. Yaitu Rintihan Angsa Putih, Jeritan Dilanda noda, Bunga- bunga Pohon Cinta , Berandal-Beramdal Cinta, Kidung Cinta Remaja,Dll.   

Novel mungil ini mengisahkan tentang Arini dan Ratih. Keduanya merupakan dua sosok gadis cantik yang mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain, dalam mengekspresikan kecantikan yang dimilikinya. Kalau Arini dengan kecantikannya sudah sering gonta ganti pacar, sedangkan berbeda dengan Ratih yang  sampai kini ia duduk dibangku SMA belum pernah sekalipun mengenal apa yang namanya cinta, apalagi pacaran. Namun begitu, keduanya merupakan dua sahaabat karib yang saling mengisi satu sama lain. Kemana dan dimana pun, senantiasa bersama. Jika Arini sedih maka Ratih sebagai sahabat ikut berseedih pun begitu sebaliknya.

Hari ini entah mengapa sikap Arini berbeda tidak seperti biasanya, Arini yang biasanya terlihat ceria hari terlihat sangat murung. Hal itupun membuat Ratih sahabatnya menjadi sangat bingung sebenarnya apa yang sedang terjadi. Ratih pun akhirnya memutuskan untuk bertanya pada Arini, sebenarnya apa yang tengah dipikirkan oleh Arini. Arini yang sadar akan kehadiran Ratih, seperti ingin menyembunyikan apa yang dia pikirkan. Ratih yang sudah terlanjur mengetahui akhirnya memaksa Arini untuk bercerita apa yang dia pikirkan.  Ia bercerita bahwa ada seorang laki- laki yang sedang mengganggu pikirannya sedari tadi ia terus kepikiran dengan laki- laki itu. Ratih mencoba terus bertanya pada Arini, sebenarnya siapa laki- laki itu. Ratih yang sedari tadi menunggu jawaban dari Arini yang tampak masih ragu ragu untuk menceritakan hal itu pada Ratih. Hingga akhirnya Arini mengakui siapa Laki- laki yang ia cintai, Arini telah mengaku bahwa dia mencintai Galih, laki laki yang memang dibilanh tidak sebanding dengan mantan dari  Arini yang berkelas. Hal itu membuat Ratih terkejut, karena Ratih berpikir tidak mungkin seorang Arini menyukai Galih yang sepertinya bukan kelas dari Arini, tapi nyatanya itulah yang terjadi Arini memang mencintai Galih. 

Galih memiliki sahabat yang bernama Surya mereka berdua adalah sahabat karib sama halnya dengan Arini dan Ratih, Surya dengan perawakannya yang sangat lugu dan polos diam diam menyimpan perasaan terhadap Arini yang telah lama ia simpan. Namun karena memang Surya adalah orang yang bisa dibilang tak punya mental seberani Galih dalam hal cinta, ia pun bisa dibilang baru kali ini merasakan jatuh cinta yang hebat yakni pada Arini. Melihat wajah sahabatnya yang tampak memikirkan sesuatu Galih pun merasa bahwa Surya sedang jatuh cinta. Galih yang sangat peka terhdap apa yang dilihatnya langsung bertanya pada Surya, siapa yang dia fikirkan, begitulah Surya ia sangat malu untuk menceritakan pada Galih walaupun mereka berdua sudahb layaknya saudara, karena Galih terus bertanya pada Surya akhirnya Surya pun mencoba memberanikan diri untuk bercerita pada Galih, bahwa sebenarnya ia sedang jatuh cinta pada seorang gadis satu kelas mereka. Mendengar cerita Surya, Galih terkejut karena ini kali pertama Surya bercerita kalau dirinya menyukai seorang perempuan. Galih terus bertanya siapakah sebenarnya perempuan itu, Surya yang sedikit tidak yakin dengan apa yang akan dia jawab menncoba berkata pelan pada Galih, bahwa sebenarnya ia mencintai Arini. 

Galih terus memberikan duukungan dan saran pada Surya, Karena memang baru kali ini Surya mersakan jatuh cinta, Galih memberikan saran bahwa Surya harus mengatakan persaannya pada Arini dengan seperti itu setidaknya Surya tidak merasa terombang ambing dengan perasaaanya sendiri. Mendengar saran dari Galih Surya agak sedikit ragu karena selama ini mantan mantan Arini dari kalangan orang yang berada. Namun Surya memutuskan untuk menuruti saran Dari Galih.

Galih dan Surya berkunjung ke rumah kost Arini yang memang tidak begitu jauh dari rumah kost mereka berdua. Beberapa waktu kemudian Galih dan Surya dipersilahkan masuk dan bertemu dengan Arini, Arini yang melihat kedatangan Galih membuatnya kaget. Galih pun menjelaskan maksut kedatangannya ke kost Arini karena ingin mengantar Surya, mendebgar hal itu Arini sedikit kecewa karena bukan Galih yang ingin bertemu dengan Arini melainkan Surya.

Dengan hati yang berdegub kencang Surya mencoba mengungkapkan apa yang menjadi tujuannya mendatangi Arini, karena merasa Aneh Galih yang tidak ingin mengganggu mereka berdua pun memutuskan untuk pulang terlebih dahulu. Surya punmengungkapkan isi hatinya pada Arini bahwa ia mencintai Arini, Arini yang saat itu memandangi Surya tampak begitu kaget dan sedikit kecewa mengapa tidak Galih yang berkata seperti ini padanya meliankan sahabatnya yang bekata seperti ini. Tanpa berkata apapun Arini bergegas meninggalkan Surya sendiri di ruang tamu, Surya merasa mungkin memang apa yang dia duga benar, bahwa Arini memang akan menolaknya. Surya pun pergi meninggalkan kost Arini. 

Saat tiba di Kostnya Galih yang langsung melihat wajah Surya yang muram mencoba bertanya apakah sudah ada jawaban dari Arini. Surya berkata Arini tidak berkata apapun dia langsung masuk ke kamar meninggalkan Surya. Galih yang tak tega melihat sahabatnya mersa sedih dia mencoba memberi saran dan semangat pada Surya. Mungkin Arini akan menjawabnya besok di sekolah. Surya meminta agar Galih saja yang menanyakan hal itu pada Arini. 

Sesampainya di sekolah Galih yang mendapat mandat dari Surya sahabatnya untuk menanyakan bagaimana jawabatan atas pertanyaan Surya kemarin pada Arini, sambil sesekali membaca buku Galih terus mencari dimana Arini berada, namun tiba tiba datang seorang perempuan bernama Sinta. Sinta adalah gadis yang juga mencintai Galih meski tak pernah terucap namun Galih mengerti bagaimana perasaan Sinta padanya. Beberapa saat kemudian Galih melihat Arini yang akan masuk kedalam kelas. Namun ada Sinta disebelahnya maka ia memutuskan untuk tidak memanggil Arini. 

Galih baru sempat menemui Arini saat pulang sekolah, didekatinya Arini dan mulailah Galih menanyakan bagaimana jawaban atas perasaan Surya sahabatnya itu. Namun Arini diam sejenak dalam hatinya berkata seandainya Galih tahu soal perasaannya pada Galih , larut dalam cerita tentang bagaimana sebernarny kisah perjalanan cinta Arini yang meiliki banyak manta, disitu Galih tau bahwa semua laki- laki itu hanya dijadikan pelampiasan oleh Arini ksren kegagalan cinta yanngn dialaminya dengan pacar pertamanya Doni. Disitulah  Arini memberanikan diri bercerita bahwa sebenarnya ia baru jatuh cinta dua kali yaitu saat bersama Doni dan untuk yang kedua inilah ia jatuh hati pada Galih. Mendengar ungkapan dari Arini, Galih sangat terkejut ia sama sekali tak  menyangka bahwa Arini akan mencintainya. Dengan berat hati Galih berkata ia tidak bisa menerima  perasaan Arini padanya. Lalu Arini berkata, ia juga tidak dapat membalas cinta dari Surya sahabat Galih, karena ia mencintai Galih bukan Surya. Disitulah kemudian Galih meninggalkan Arini yang sedang bersedih, dalam hati Galih ia sangat kasihan pada Arini karena ia tidak dapat menerima perasaan Arini padanya, ia juga tidak mungkin menghianati sahabtnya sendiri. 

Ketika sampai di kost Surya yang tengah menunggu jawaban dari Galih, seperti tidak sabar, namun saat itu banyak hal yang mengganggu pikiran Galih akhirnya Galih pun segera berkata pada Surya bahwa Arini belum bisa menerima perasaannya. Surya yang tampaknya sudah tahu apa yang akan ia dengar, sangat kecewa dan hanya bisa terdiam. Galih pun memberi semangat padanya bahwa kita tidak bisa memaksakan kehendak orang lain untuk mencintai kita setidaknya kita telah mengerti bagaimna perasaannya pada kita.

Arini yang tampak sangat bersedih pun, langsung dihampiri oleh Ratih sahabatnya tampaknya Ratih telah mampu membaca apa yang sedang dirasakan Arini, Ratih pun mengetahui bahwa Galih telah menolak perasaan Arini. Dengan rasa yang sedih Ratih mencoba menguatkan Arini.

Libur panjang telah tiba beberapa siswa telah bersiap untuk pulang ke kampung halaman mereka masing-masing termasuk Galih yang telah ditelpon oleh bapaknya untuk segera pulang, membahas tentang perjodohan yang telah disepakati sejak Galih belum lahir. Dengan rasa hormat Galih pun menuruti kemauan bapaknya. Dan terdengar kabar bahwa perempuan yang dijodohkan dengan Galih selama ini satu sekolah dengan Galih dan sesusia dengannya. Hingga waktu yang ditunggu tiba, Galih pun mengetahui siapa perempuan yang dijodohkan dengannya. Ternyata gadis itu adalah Ratih sahabat Dari Arini. Melihat hal itu Arini dan Surya hanya bisa pasrah melihat ternyata laki-laki yang dicintainya telah dijodohkan dengan sahabtnya Ratih. Buku ini alur yang disajikan tidak monoton, design buku yang praktis untuk dibawa kemana saja, mampu menarik minat pembacanya. Namun, bahasa yang digunakan belum beraturan atau ada yang belu sesuai dengan kaidah bahasa Indoensia, disajikan dengan hanya tulisan terkadang membuat pembaca jenuh.

Identitas Buku :

Judul Bukuu : Cintamu Untuk Sahabatku  

Pengarang : Fredy S

Penerbit : TB. RONNY SAPUTRA AGENC, Jakarta 

Juml. Hlm : 128 Halaman 

Tebal buku : 11,5 X 15,2 cm 

Cetakan : Pertama  

*Mahasiswa STIKes ICSada, anggota LPM Kampus.

 

Tag : resensi, blok buku



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat