00:00 . Ikuti GPS, Truk Pasir 40 Ton Buat Jembatan Ambruk   |   23:00 . Ketua PBNU: Tak Harmonisnya Agama dan Budaya Penyebab Konflik Timur Tengah   |   22:30 . Di Kecamatan Gondang, 3 Rumah Roboh Disapu Angin Kencang   |   22:00 . Gara-gara GPS, Truk Pasir Buat Jembatan Ambruk   |   21:30 . Ansor Sumberejo Berduka, Banser Terbaik Gugur   |   21:00 . Hujan Disertai Angin Kencang Landa 17 Desa di 4 Kecamatan   |   20:00 . Detik-detik Pohon Tumbang Hampir Timpa Kendaraan   |   19:30 . Dihantam Mobil, Warga Sambongrejo Meninggal Seketika   |   19:00 . Tangkal Paham Radikal, IAI-UNUGIRI Bumikan Islam Nusantara Melalui Seminar Nasional   |   18:30 . Dinding Pemkab Terkelupas dan Teras Taman Rajekwesi Ambruk   |   18:00 . Penampakan Gedung Pemkab, Pasca Disapu Angin   |   17:30 . Lagi, Hujan Disertai Angin Porak-porandakan Kota Bojonegoro   |   17:00 . Disapu Angin Gedung Pemda Kocar Kacir   |   11:00 . UKM Sinergi Belajar Jurnalis Bareng bB   |   10:00 . Berburu Sinyal di Atas Bukit   |  
Thu, 12 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 15 October 2018 22:00

#BahasaUntukSesama

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

Kontributor: Candra Kurniawan

blokBojonegoro.com - Ada yang istimewa dalam acara rembuk cerpen, orasi kemanusiaan dan doa bersama untuk Palu dan Donggala yang diselenggarakan oleh Society Education Centre (SEC) dan Aksaraya Pustaka, Senin (15/10/2018).

Dalam acara yang digelar di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pintar, Jalan Pondok Pinang nomor 13, blok F, Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro itu, sebelum dan di antara jeda rembuk cerpen yang berjalan mulai 15.30 WIB, dihibur musik akustik dari Perpustakaan Semangat Muda (GatDa), Agung Ridwan Asmaka.

2018-10-16-02-05-44


Pada malam hari sebelum doa bersama, ada penampilan istimewa salah satu dari 4 Komposer Muda Jawa Timur asal Bojonegoro, Oky Dwi Cahyono. Lebih istimewanya lagi, dalam penampilannya tersebut, Oky memanikan seruling LaLove.

LaLove merupakan alat musik tradisional Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah. LaLove dimainkan oleh Suku Kaili dalam upacara Balia, sebuah upacara adat untuk pengobatan masyarakat. Tepatnya oleh warga Kaili yang mendiami daerah pesisir.

Saat perform, Oky mengawalinya dengan memainkan nada instrumen. Selanjutnya, alunan I'tirof atau biasa dikenal syair Abu Nawas, Ilahilas terdengar merdu dan membawa suasana.

"Alat musik ini biasa dimainkan mengiringi prosesi pengobatan masyarakat di Palu. Namun yang saya bawakan di sini, nada yang saya mainkan tidak sama seperti aslinya. Pertama instrumen, dan yang ke dua tadi lebih ke islami," jelas Oky kepada blokBojonegoro.com usai acara.

Pemuda yang giat di Sanggar Sayap Jendela itu menuturkan, dirinya mendapat alat musik itu sekitar satu tahun yang lalu dari seorang teman usai bermain musik.

"Teman saya tidak begitu bisa alat musik tiup ini, lalu diberikan kepada saya. Dari alat ini saya, mulai belajar dari asal-usul hingga cara mainnya," imbuh Oky.

Menurut Oky, seruling LaLove beda dengan alat musik maupun jenis seruling lainnya. Dari bentuk lebih panjang, jenis bambu yang digunakan juga berbeda. Selain itu, alat musik ini belum banyak dijual bebas. Biasanya, di tempat asal seruling itu, jika ada yang ingin membeli, langsung dibuatkan dari jenis bambu yang ada di Palu. Bahkan, anak kecil pun juga sudah diajari untuk membuat seruling LaLove.

"Ketika memainkan alat musik ini, saya merasa terbawa dan bisa merasakan suasana, seakan saya ada di sana," pungkas Oky. [can/ito]

Tag : Lalove, cerpen, sec, aksaraya, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat