20:00 . Gudang Oven Tembakau di Bulu Terbakar, Kerugian Capai Rp25 Juta   |   19:00 . Hujan Perdana, Petani Tembakau di Selatan Bojonegoro Was-Was   |   18:00 . Solid, Pesilat Bojonegoro Tetap Jaga Kerukunan   |   17:00 . Selama 6 Bulan, Ribuan Ahli Waris Ajukan Dana Kematian   |   15:00 . Dapur Warga di Desa Tanjungharjo Terbakar   |   14:00 . Dukung Kesejahteraan, 4.700 Uztaz dan Uztazah Diberikan Insentif   |   13:00 . Penumpang di Terminal Terus Mengalami Peningkatan, Begini Imbauan Kepala Terminal   |   12:00 . Pemkab Anggarkan Rp6 Miliar untuk Santunan Kematian 2020   |   08:00 . Belum Berizin dan Jual Miras, Dua Karaoke di Mojoranu Diamankan   |   07:00 . Waspada, Pemberian MPASI Kurang Tepat Bisa Berisiko Stunting   |   19:00 . 3 Orang Sembuh, Tambahan 2 Positif Covid-19   |   18:00 . Hadirkan Hotspot Area Untuk Akses Jangkauan Informasi yang Luas   |   17:00 . Gotong Royong Masyarakat Samin yang Masih Terjaga   |   16:00 . Pandemi, Apakah Pentol Sejati Terdampak?   |   15:00 . Siap Jaga Kyai Dan NKRI, Santri IPSPN-NU Dikukuhkan   |  
Tue, 29 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 15 October 2018 22:00

#BahasaUntukSesama

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

Kontributor: Candra Kurniawan

blokBojonegoro.com - Ada yang istimewa dalam acara rembuk cerpen, orasi kemanusiaan dan doa bersama untuk Palu dan Donggala yang diselenggarakan oleh Society Education Centre (SEC) dan Aksaraya Pustaka, Senin (15/10/2018).

Dalam acara yang digelar di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pintar, Jalan Pondok Pinang nomor 13, blok F, Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro itu, sebelum dan di antara jeda rembuk cerpen yang berjalan mulai 15.30 WIB, dihibur musik akustik dari Perpustakaan Semangat Muda (GatDa), Agung Ridwan Asmaka.

2018-10-16-02-05-44


Pada malam hari sebelum doa bersama, ada penampilan istimewa salah satu dari 4 Komposer Muda Jawa Timur asal Bojonegoro, Oky Dwi Cahyono. Lebih istimewanya lagi, dalam penampilannya tersebut, Oky memanikan seruling LaLove.

LaLove merupakan alat musik tradisional Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah. LaLove dimainkan oleh Suku Kaili dalam upacara Balia, sebuah upacara adat untuk pengobatan masyarakat. Tepatnya oleh warga Kaili yang mendiami daerah pesisir.

Saat perform, Oky mengawalinya dengan memainkan nada instrumen. Selanjutnya, alunan I'tirof atau biasa dikenal syair Abu Nawas, Ilahilas terdengar merdu dan membawa suasana.

"Alat musik ini biasa dimainkan mengiringi prosesi pengobatan masyarakat di Palu. Namun yang saya bawakan di sini, nada yang saya mainkan tidak sama seperti aslinya. Pertama instrumen, dan yang ke dua tadi lebih ke islami," jelas Oky kepada blokBojonegoro.com usai acara.

Pemuda yang giat di Sanggar Sayap Jendela itu menuturkan, dirinya mendapat alat musik itu sekitar satu tahun yang lalu dari seorang teman usai bermain musik.

"Teman saya tidak begitu bisa alat musik tiup ini, lalu diberikan kepada saya. Dari alat ini saya, mulai belajar dari asal-usul hingga cara mainnya," imbuh Oky.

Menurut Oky, seruling LaLove beda dengan alat musik maupun jenis seruling lainnya. Dari bentuk lebih panjang, jenis bambu yang digunakan juga berbeda. Selain itu, alat musik ini belum banyak dijual bebas. Biasanya, di tempat asal seruling itu, jika ada yang ingin membeli, langsung dibuatkan dari jenis bambu yang ada di Palu. Bahkan, anak kecil pun juga sudah diajari untuk membuat seruling LaLove.

"Ketika memainkan alat musik ini, saya merasa terbawa dan bisa merasakan suasana, seakan saya ada di sana," pungkas Oky. [can/ito]

Tag : Lalove, cerpen, sec, aksaraya, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat