11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#BahasaUntukSesama

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

blokbojonegoro.com | Monday, 15 October 2018 22:00

Istimewa, Komposer Muda Jawa Timur Mainkan Seruling LaLove

Kontributor: Candra Kurniawan

blokBojonegoro.com - Ada yang istimewa dalam acara rembuk cerpen, orasi kemanusiaan dan doa bersama untuk Palu dan Donggala yang diselenggarakan oleh Society Education Centre (SEC) dan Aksaraya Pustaka, Senin (15/10/2018).

Dalam acara yang digelar di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pintar, Jalan Pondok Pinang nomor 13, blok F, Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro itu, sebelum dan di antara jeda rembuk cerpen yang berjalan mulai 15.30 WIB, dihibur musik akustik dari Perpustakaan Semangat Muda (GatDa), Agung Ridwan Asmaka.

2018-10-16-02-05-44


Pada malam hari sebelum doa bersama, ada penampilan istimewa salah satu dari 4 Komposer Muda Jawa Timur asal Bojonegoro, Oky Dwi Cahyono. Lebih istimewanya lagi, dalam penampilannya tersebut, Oky memanikan seruling LaLove.

LaLove merupakan alat musik tradisional Suku Kaili, Palu, Sulawesi Tengah. LaLove dimainkan oleh Suku Kaili dalam upacara Balia, sebuah upacara adat untuk pengobatan masyarakat. Tepatnya oleh warga Kaili yang mendiami daerah pesisir.

Saat perform, Oky mengawalinya dengan memainkan nada instrumen. Selanjutnya, alunan I'tirof atau biasa dikenal syair Abu Nawas, Ilahilas terdengar merdu dan membawa suasana.

"Alat musik ini biasa dimainkan mengiringi prosesi pengobatan masyarakat di Palu. Namun yang saya bawakan di sini, nada yang saya mainkan tidak sama seperti aslinya. Pertama instrumen, dan yang ke dua tadi lebih ke islami," jelas Oky kepada blokBojonegoro.com usai acara.

Pemuda yang giat di Sanggar Sayap Jendela itu menuturkan, dirinya mendapat alat musik itu sekitar satu tahun yang lalu dari seorang teman usai bermain musik.

"Teman saya tidak begitu bisa alat musik tiup ini, lalu diberikan kepada saya. Dari alat ini saya, mulai belajar dari asal-usul hingga cara mainnya," imbuh Oky.

Menurut Oky, seruling LaLove beda dengan alat musik maupun jenis seruling lainnya. Dari bentuk lebih panjang, jenis bambu yang digunakan juga berbeda. Selain itu, alat musik ini belum banyak dijual bebas. Biasanya, di tempat asal seruling itu, jika ada yang ingin membeli, langsung dibuatkan dari jenis bambu yang ada di Palu. Bahkan, anak kecil pun juga sudah diajari untuk membuat seruling LaLove.

"Ketika memainkan alat musik ini, saya merasa terbawa dan bisa merasakan suasana, seakan saya ada di sana," pungkas Oky. [can/ito]

Tag : Lalove, cerpen, sec, aksaraya, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat