Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HSN 2018

Santri Punya Peran Penting Dalam Kemerdekaan Indonesia

blokbojonegoro.com | Monday, 22 October 2018 10:00

Santri Punya Peran Penting Dalam Kemerdekaan Indonesia

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Ribuan Santri dari berbagai pondok pesantren di Bojonegoro, mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di lapangan alun-alun kota Bojonegoro.  Pada kesempatan itu seluruh santri memakai sarung dan peci saat mengikuti rangkaian upacara. Pada upacara HSN 2018, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah bertindak sebagai inspektur.

Dalam amanatnya momentum HSN erupakan salah satu sejarah atas perjuangan merebutkan kemerdekaan Indonesia. Oleh karenanya, berdasarkan Perpres ditetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN. Selain itu, HSN ini muncul karena ada resolusi jihad peperangan 10 November agar santri untuk bela negara.

"Peran santri mempunyai peran penting dalam merebut kemerdekaan Negara Indonesia terlebih saat ikut perang menumpas sekutu pada 10 November," ujar Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutannya.

Bu Anna sapaan akrab Bupati Bojonegoro, momentum HSN 2018 ini mengambil tema "Bersama Santri Damailah Negeri" yakni dengan harapan agar santri turut menjaga dan merespon isu-isu yang saat ini berkembang. Salah satunya ikut memerangi maraknya berita hoaks.

Pada upacara HSN diikuti seluruh Jajaran OPD Bojonegoro, Jajaran Kemenag Bojonegoro, 15 ribu santri, Siswa maupun mahasiswa yang ada di Bojonegoro. Pada upacara HSN itu pula juga dibacakan ikrar santri untuk ikut menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara, sebuah atraksi kolosal disuguhkan oleh 120 pelajar yang menggambarkan perjuangan santri dalam merebut kemerdekaan di Kota Surabaya. Drama kolosal itu mendapat tepuk tangan meriah saat pertumjukan itu dimulai bahkan membuat decak kagum peserta upacara yang menyaksikannya.[saf/ito]

Tag : hari, santri, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini