Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 October 2018 12:00

Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Guna membudidayakan serta melestarikan sumber daya ikan di Kabupaten Bojonegoro pada musim penghujan mendatang, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Bojonegoro, bakal memberikan benih ikan untuk ditabur di puluhan embung yang ada di berbagai wilayah Kecamatan yang ada di Bojonegoro.

Penaburan itu bakal dilakukan oleh pihak Disnakkan Bojonegoro kala memasuki musim penghujan sehingga embung-embung itu sudah ada air yang cukup untuk mengelola pemeliharaan ikan-ikan tersebut. Penaburan ikan itu dilakukan secara bergilir di berbagai embung yang ada, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan bagi masyarakat Bojonegoro.

"Untuk tabur benih ikan diembung mendatang diperioritaskan hanya 2 jenis ikan yakni ikan tawes dan nila," kata Kabid Perikanan, Disnakkan Bojonegoro, Imam Suprayogi.

Menurutnya pemilihan 2 jenis ikan tersebut dikarenakan mudah dan tidak mudah, pasalnya 2 jenis itu perawatannya lebih mudah karena ikan itu termasuk hewan ikan pemakan daun sehingga lebih mudah perawatan dan cocok untuk disegala jenis air.

"Nantinya penaburan benih ikan akan ditabur di 50 an embung yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Penaburan benih ikan di setiap embung nantinya tergantung luas lahan embung yang tersedia, namun setiap luas lahan embung bila mencapai 2 hektar akan ditaburi benih ikan sebanyak 10 ribu ikan nila dan tawes.

Dengan adanya tabur benih ikan nanti, ke depan bisa membantu masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan serta bisa memproduktifkan peranan embung tidak hanya sebagai pengairan, namun juga sebagai lahan produktif untuk mengelola ikan. [saf/ito]






Tag : embung, ikan, tawes, nila, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini