Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menarik, SDN Pejambon Manfaatkan Botol Bekas Jadi Pot dan Hiasan

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 October 2018 12:00

Menarik, SDN Pejambon Manfaatkan Botol Bekas Jadi Pot dan Hiasan

Kontributor:  Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Suasana rindang dan nyaman sangat terasa di SDN Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, yang memanfaatkan limbah botol minuman (Recycle) menjadi hiasan seperti pot bunga di lingkungan sekolah.

Kepala SDN Pejambon, Siti Astutik, saat persiapan visitasi lapangan, Rabu (24/10/2018), dari Tim Gerbang Bojonegoro Bersinar (GBB) dari Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro mengatakan, pemanfaatan limbah ini bertujuan sebanyak-banyaknya untuk daur ulang limbah botol bekas minuman, dan dalam waktu dekat ini ia mentargetkan lima ribu botol untuk didaur ulang menjadi hiasan dan juga pot bunga.

"Alhamdulillah hari ini telah tercapai 3.917 botol bekas yang telah dimanfaakan untuk pot bunga dan hiasan Gapura sekolahan,” katanya tim GBB Bojonegoro itu.

Selain daur ulang sampah botol, SDN Pejambon juga melakukan daur ulang sampah plastik bungkus menjadi tas belanja dan kerajinan bunga.

Disamping melakukan daur ulang, SDN Pejambon juga melakukan gerakan menanam pohon dan bunga bersama murid dan walimurid untuk menciptakan udara sejuk dan dingin, guna mengantisipasi pemanasan global bumi.

"Bersyukur semuanya bisa diajak bergerak bersama untuk menciptakan lingkungan yang nyaman," paparnya.

Menurut Siti Astutik, menanam pohon dan bunga tidak hanya program saja, namun telah menjadi gerakan sadar lingkungan sekolah, dan itu diarsipkan juga dalam penilaian raport siswa (sayang lingkungan), bagaimana memanfaatkan botol bekas, menanam, merawat, memelihara juga menangani sampah.

"Masih ada lagi sesuatu yang menarik selain daur ulang dan sayang lingkungan, SDN Pejambon juga membuat inovasi minuman dari buah mengkudu dengan nama (Kopi Mengkudu) yang tidak hanya segar, namun bermanfaat  untuk kesehatan, silahkan dicoba," ulas kepala sekolah bangga, yang diamini salah satu guru pendamping, Gampang Prawoto yang juga budayawan Bojonegoro. [lin/mu]

Tag : sdn pejambon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini