Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PAC Ansor Trucuk Khataman di Eks Lokalisasi

blokbojonegoro.com | Friday, 26 October 2018 10:00

PAC Ansor Trucuk Khataman di Eks Lokalisasi

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pasca ditutupnya tempat lokalisasi di Kabupaten Bojonegoro beberapa tahun lalu, berbagai upaya dilakukan untuk menjadikan tempat eks tersebut jadi positif. Salah satunya yang dilakukan PAC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Trucuk yang mengadakan khataman rutin di eks lokalisasi Kalisari, Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.

Lantunan khataman al-qur'an terdengar sayup-sayup di eks lokalisasi yang terdapat bangunan ratusan rumah dan warung. Meskipun yang membaca hanya empat orang, tetapi kegiatan tersebut rutin diadakan setiap bulannya.

"Khataman ini rutin diadakan di sini (eks lokalisasi kalisari), setiap jum'at Wage," kata ketua PAC GP Ansor Kecamatan Trucuk, Lukman Hakim kepada blokBojonegoro.com, Jum'at (26/10/2018).

Menurutnya, kegiatan ini sudah berlangsung lama karena keinginannya mengadakan kegiatan positif di kalisari. Sehingga ia bersama pengurus PAC GP Ansor dan alumni pondok pesantren Abu Dzarrin, bersama-sama mengadakan khataman al-qur'an dan pengajian ibu-ibu di musala Nurul Ulum yang ada di eks Lokalisasi tersebut.

"Meskipun pemerintah sudah menutup, tapi sebagai pemuda NU perlu adanya tindakan nyata salah satunya pengajian dan khataman. Sekaligus merubah yang dulu dipandang negatif, bisa menjadi positif," terangnya.

Bahkan kegiatan positif yang dilakukan PAC GP Ansor Kecamatan Trucuk juga mendapat sambutan positif dari warga setempat. Seperti yang diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat, Sandi Suwondo yang mengapresiasi langkah positif tersebut.

"Sebagai orang tua mendukung kegiatan positif yang dilakukan pemuda. Seperti halnya khataman Jum'at Wage maupun yang lainnya," tuturnya.

Mbah Wondo juga menambahkan, direncanakan di sebelah utara Dusun Kalisari akan dibangun pondok pesantren. "Di sini berbeda dengan dulu, semuanya antusias mengadakan kegiatan yang positif," pungkasnya. [ito/mu]

Tag : eks lokalisasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini