19:00 . Kartu Petani Mandiri (KPM) Solusi Untuk Petani di Bojonegoro   |   19:00 . Khusus Kloter 75, CJH Bojonegoro Berangkat dengan Jemaah Asal Surabaya   |   18:00 . Bupati Tantang Disperta Kembangkan Tehknologi Pertanian   |   17:00 . Mudahkan Pejalan Kaki Menyebrang, 2019 Dishub Pasang Tiga Pelican Cross   |   16:00 . Ajari Anak dan Gandeng Semua Pihak Tingkatkan Peran Keluarga   |   15:30 . Bupati Bojonegoro Launching Kartu Petani Mandiri   |   15:00 . 14 Pelajar dan 1 Gepeng Terciduk Polres Bojonegoro   |   14:00 . Kelompok Tani Wanita Meriahkan Launching KPM   |   13:00 . 3.500 Hektar Sawah di Bojonegoro Kekeringan   |   12:00 . Dua Pengemis Diamankan Satpol PP, Satunya dari Luar Bojonegoro   |   11:00 . KUA dan Cabang IPHI Kanor Bentuk Banom MTP   |   10:00 . Meningkat, Kasus Persetubuhan Anak Ancam Bojonegoro   |   09:00 . Tak Ingin Produksi Migas Terus Turun, Ini Upaya SKK Migas   |   08:00 . Harga Cabai Mahal, Warga Pilih Cabai Kering   |   07:00 . Wajib Waspada, Kecanduan Gadget Bisa Berakibat Fatal Untuk Kesehatan   |  
Wed, 24 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 26 October 2018 12:00

Suka Jambu Kristal? Yuk Datang dan Petik di Sini ..

Suka Jambu Kristal? Yuk Datang dan Petik di Sini ..

Kontributor: Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Jambu kristal atau nama latinnya sidium guajava, merupakan varietas jambu biji yang saat ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang dan jumlah bijinya sangat sedikit bahkan hampir tidak ada.

Tentu sudah banyak kita ketahui khasiat jambu, dengan kandungan gizi dan serat yang bagus untuk kesehatan dan juga bagus untuk kulit. Begitu pula dengan jambu kristal.

Namun dengan memetik sendiri jambu kristal tersebut tentu menambah suasana semakin seru, salah satu tempat yang saat ini membudidayakan jambu kristal adalah Desa Brabowan Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Para pemuda karang taruna desa tersebut telah mengembangkan kawasan agro wisata jambu kristal.

Basuki Rianto sekretaris desa dan juga merupakan ketua karang taruna setempat menjelaskan, bahwa program tersebut merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan Operator Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) satu setengah tahun silam.

"Saat ini jambu sudah berbuah dan panen, setelah berusia satu setengah tahun, pengunjung dapat memetik sendiri, makan ditempat dan dapat di bawa pulang," ungkapnya.

Pemuda sekitar memanfaatkan tanah milik SKK Migas yang berada di luar pagar proyek, dengan luas tanah 2 hektar dan jumlah tanaman 1100 pohon.

Saat menanam jambu tentu tidak selamanya berjalan mulus, berbagai kendala harus dilewati. Salah satunya pada saat musim kemarau ini, para pemuda perlu melakukan perawatan ekstra, karena penyiraman harus dilakukan setiap hari.

"Para pemuda begitu antusias melakukan perawatan, bahkan sampai ada yang tidur di lokasi, alhamdulillah kini sudah kita rasakan hasilnya," imbuhnya.

Rian, sapaan akrab Basuki Rianto menambahkan, karang taruna merasa kuwalahan dengan permintaan yang selalu datang akhir-akhir ini, selain itu juga begitu banyak kelompok atau masyrakat yang berkunjung ke agro wisata jambu.

"Kemarin ada rombongan dari Polda yang datang ke sini, lalu ada permintaan lagi besok ada rombongan anak sekolah dari Padangan yang sudah memesan dan akan ke sini," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Meski begitu, ia bersama karang taruna bersyukur karena apa yang telah dirintis ternyata mendapat sambutan yang positif dari masyarakat luas. "Alhamdulillah, semoga makin hari semakin berkembang dan pemuda sini semakin semangat berkarya," katanya. [im/mu]

Tag : jambu biji, jambu kristal, gayam

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat