16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Baru Tanam, Padi Masyarakat Caruban Diserang Tikus dan Keong

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 October 2018 17:00

Baru Tanam, Padi Masyarakat Caruban Diserang Tikus dan Keong

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sekitar sepekan terakhir, petani di Desa Caruban, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro dibuat tak nyaman dan resah. Pasalnya, tanaman padi milik mereka diserang oleh hama tikus dan Keong emas.

Menurut para petani, musim tanam serentak pada akhir tahun 2018 ini sudah berjalan beberapa pekan dan sudah ada yang menginjak sekitar satu bulan dan diprediksi masa panen pada bulan Desember sampai Januari mendatang. Namun tanpa diduga sebelumnya, hama tikus dan keong emas mulai menyerang.

“Biasanya serbuan tikus berlangsung pada malam hari. Namun kali ini benar-benar tak terduga karena siang hari pun mereka merusak padi. Kami dibuat kebingungan,” ungkap Sampurno (45), petani asal Dukuh Bonturi, Desa Caruban.

Serangan tikus pada musim tanam yang juga memasuki musim rendengan tahun ini, menurutnya luar biasa. Kata Sampurno, panen masih dua bulan setengah lagi, namun para petani sekarang tak berdaya menghadapi serangan tikus.

Disebutkannya, untuk mengatasi itu berbagai jenis obat pestisida atau racun kontak semuanya telah dicoba. Tapi itu percuma saja karena tikus bukannya mati malah tambah semakin banyak.

Saat disinggung berapa hektar tanaman padi yang rusak akibat diserang tikus, Toni petani lain mengatakan, jumlah lahan sawah yang diserang hama tikus sekitar belasan hektar. Hama tikus sendiri tidak bisa hilang begitu saja, walaupun telah diobati masih banyak tikus yang makan tanaman padi.

“Hama tikus ini tidak bisa hilang begitu saja, jika melihat tahun sebelumnya, hama tikus akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk hama keong emas bisa diatasi dengan mengambilnya setiap hari,” ucap pria yang juga sebagai ketua RT.02 tersebut.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan, petani setempat telah mendapat sosialisasi dari Dinas Pertanian terkait hama tikus dan keong emas, agar tidak menggunakan pestisida yang berlebihan, lantaran ditakutkan bakal berdampak kepada kesehatan tubuh para petani.

"Kemarin mendapatkan penyuluhan dari Dinas Pertanian, agar tidak memggunakan pestisida atau obat berlebihan, sehingga kita pasrah terkait hama tikus tersebut," tutupnya. [din/mu]

Tag : hama, petani, pertanian



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat