08:00 . Diduga Balapan Liar, Hantam Fortuner Tewas di TKP   |   07:00 . 3 Pertanyaan Selain 'Kapan nikah' Saat Reuni   |   06:00 . Pengemudi Warga Simbatan, Patah Kaki dan Tangan   |   21:00 . Pasca Pemilu, Kapolres Himbau Jangan Ada Pawai   |   20:00 . Ngeri...! Kecelakaan Margomulyo Balen Bojonegoro   |   19:00 . Jokowi-Amin Menang 67 Persen di Bojonegoro   |   18:30 . Datangi Polres, Kadishub Bojonegoro Laporkan Balik Istrinya   |   18:00 . Meski Surat Suara Tertukar, KPU Mengklaim Tidak Ada PSU   |   17:00 . Evakuasi Korban, Jalan Raya Macet Cukup Panjang   |   16:00 . Avanza Vs Truk di Margomulyo, 2 Mobil Ringsek   |   15:00 . Triwulan Pertama, Ada 850 Klaim Asuransi ke Jasa Raharja   |   14:00 . SMPN 1 Kapas Kembali Rebut Juara Pencak Silat O2SN   |   12:00 . Saat Pemungutan Suara, Tiga TPS Surat Suaranya Tertukar   |   09:00 . Panitia Gandeng Mahasiswa dan Komunitas, Ini Alasannya?   |   08:00 . Rayakan Hari Jadi, AMSI Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax   |  
Fri, 19 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 28 October 2018 07:00

Bolehkah Olahraga Saat Sakit?

Bolehkah Olahraga Saat Sakit?

Reporter: -

blokBojonegoro.com -  Pertanyaan tentang bolehkah berolahraga ketika sakit tentu bakal menjadi pembahasan yang menarik. Sebab, ada garis tipis antara dampak positif berolahraga dan penyakit yang semakin parah.

Psikolog olahraga Drew Harrisberg di laman Menshealth Australia menjelaskan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika mau berolahraga dalam kondisi sakit. Mulai dari pengalaman pribadi, intuisi, hingga memahami penyakit yang diderita, semuanya harus diperhatikan. Hal pertama yang harus diidentifikasi adalah jenis penyakit.

Jika sakit tersebut menyerang bagian kepala ( flu, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, sinus, dan lainnya), olahraga ringan masih bisa dilakukan.

Lakukan olahraga intensitas rendah seperti jalan kaki akan membawa sejumlah dampak kesehatan. Mulai dari menurunkan level kortisol, sensitivitas insulin, dan meredakan efek berbahaya dari duduk atau tidur sepanjang hari. Opsi lainnya adalah angkat beban (baik beban tubuh maupun beban tambahan) dengan sedikit repetisi.

Olahraga tersebut sudah cukup untuk menstimulasi jaringan otot. Beberapa repetisi barbell curls atau shoulder press di rumah menggunakan barbell atau dumbbell bisa menjadi opsi yang baik. Pastikan, denyut jantung dan rate of perceived exertion (RPE) terjaga tetap rendah.

Jika sakit menyerang bagian leher ke bawah (sakit dada atau paru-paru seperti infeksi pernapasan, masalah pencernaan, demam dan sakit di organ bawah), lebih baik kamu beristirahat hingga pulih.

Sakit sering kali menjadi saat yang tepat untuk beristirahat dan memulihkan sistem muskuloskeletal. Istirahat akan memberi efek positif yang sangat besar, terlebih jika pada hari-hari biasanya kamu sering melakukan olahraga intensif.

"Namun, jika kamu benar-benar ingin berolahraga, alih-alih fokus pada olahraga otot dan membakar lemak, cobalah mengubah pola pikirmu dan fokus pada efek pengobatan dari berolahraga," kata duta Fitbit itu.

Menurut dia, hal itu akan membuatmu lebih termotivasi untuk bangun dan bergerak. Sementara, jika mengidap penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, jantung, penyakit autoimun, dan lainnya, olahraga menjadi aktivitas yang sangat baik.

Manfaatnya sudah disampaikan di berbagai literatur dari waktu ke waktu. Opsi olahraga yang bisa dilakukan mulai dari jalan di alam terbuka, olahraga moderat, bahkan olahraga interval intensitas tinggi (HIIT).

Olahraga dinilai efektif untuk mengontrol dan membalikkan gejala penyakit kronis. Namun, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter atau psikolog olahraga terakreditasi sebelum melakukan program olahraga.

Ingatlah, olahraga adalah stimulus tekanan yang intensif. Tubuh dalam kondisi sakit sudah mengalami tekanan besar dan sistem imun bekerja keras untuk melawan penyakit agar kita bisa sehat kembali.

Menambahkan olahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi akan membuat keadaan tersebut semakin parah. Perhatikan pula, ada perbedaan besar antara olahraga dan aktivitas fisik.

Menghabiskan waktu di alam terbuka dan menggerakkan tubuh bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

 "Jadi, cobalah keluar dari rumah, jalan-jalan di taman atau pinggir pantai, hirup udara segar dan nikmati vitamin D dari sinar matahari," kata Harrisberg.

Hindari pusat kebugaran untuk sementara. Sebab, memaksakan diri pergi ke pusat kebugaran ketika sakit juga bisa menularkan penyakit pada orang-orang yang berada di sana.

Terakhir, jangan lupakan nutrisi. Konsumsilah makanan kaya nutrisi dan hindari makanan olahan. Fokuslah mengonsumsi banyak sayur dan buah serta suplemen prebiotik (jika dibutuhkan).

Minyak ikan dan multivitamin juga bisa membawa manfaat lebih jika dikonsumsi ketika tubuh terserang penyakit. "Dan tentu saja, perbanyak minum air serta teh herbal," ujar dia.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/26/140814820/
bolehkah-olahraga-saat-sakit.

Tag : olahraga, sakit, boleh

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more