16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tari Thengul Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda

blokbojonegoro.com | Sunday, 28 October 2018 15:00

Tari Thengul Raih Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Setelah Tarian Wayang Thengul tampil kemarin, Jumat (26/10/2018) di hadapan Presiden Republik Indonesia dalam acara Apel Besar Revolusi Mental di lapangan KONI Sario Kota Manado, pada malam Sabtu (27/10/2018) Wayang Tengul dan Keseneian Sandur Bojonegoro ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sertifikat penetapannya, diterima oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mua'wanah di Gedung Cak Durasim Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul menyampaikan dalam sambutannya bahwa provinsi Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang terbaik di Indonesia. "Ini tidak lepas dari kerjasama antara Pemerintah, masyarakat dan para stakeholder salah satunya adalah para seniman. Jika seniman diberikan tempat dan wadah untuk berkreasi saya yakin Jawa Timur akan semakin menjadi lebih maju lagi," paparnya.

Selain itu, setelah Kabupaten/Kota mendapatkan penetapan budaya ini, hal itu menunjukkan bahwa Jawa Timur adalah Provinsi yang kaya akan warisan budaya peninggalan leluhur yang masih bisa kita nikmati sampai saat ini.

Dalam acara  yang juga dihadiri oleh Bupati dan Walikota  Se-Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.,selain sertifikat penetapan warisan budaya tak benda, di berikan pula penghargaan kepada insan seni yang berdedikasi tinggi, yang penerimanya dibacakan oleh Kepala dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Sinarto.

Ada pun 10 Seniman yang mendapatkan penghargaan antara lain:
1. Kategori Seni Rupa - Agus Sukamto dari Kota Surabaya
2. Kategori Seni Film - Wimar Herdanto dari Kota Surabaya
3. Kategori Seni Sastra - Suwingnyo Adi dari Kab. Tulungagung
4. Kategori Seni Tari - Winarto dari Kota Malang
5. Kategori Seni Teater - Mulyono Muksin dari Kab. Sidoarjo
6. Kategori Seniman Musik - Djagat Pramudjito dari Kab. Bojonegoro
7. Kategori Tokoh Berdedikasi - Arief Santosa dari Kab. Sidoarjo
8. Kategori Tokoh Berdedikasi - Alm Bokirno dari Kota Surabaya
9. Kategori Tokoh Berdedikasi - Alm Djoemiran Ranta Atmadia dari Kota Surabaya
10. Kategori Tokoh Berdedikasi - Trisakti Hendrianto dari Kota Surabaya

Daftar Warisan Budaya Tak Benda :
1. Celurit dari Madura
2. Rawon Nguling dari Kab. Probolinggo
3. Topeng Jatidhuwur dari Kab. Jombang
4. Wayang Thengul dari Kab. Bojonegoro
5. Sandhur dari Kab. Bojonegoro dan Kab. Tuban
6. Reog Cemandi dari Kab. Sidoarjo
7. Janger dari Kab. Banyuwangi
8. Manten Kucing dari Kab. Tulungagung

Tag : wayang, thengung, penghargaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat