17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 30 October 2018 11:00

Musim Tanam Padi, Petani Harap Stok Pupuk Cukup

Musim Tanam Padi, Petani Harap Stok Pupuk Cukup

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Memasuki musim tanam rendeng di Kabupaten Bojonegoro, para petani berharap stok pupuk di Kota Ledre tercukupi. Sebab, jika melihat tahun-tahun sebelumnya, saat memasuki musim tanam rendeng, banyak petani yang kesulitan mencari pupuk.

"Pupuk harus tersedia sesuai kebutuhan petani, dengan demikian para petani tidak khawatir saat proses penanaman," ungkap salah satu petani di Desa Caruban, Kecamatan Kanor, Sampurno (45).

Sampurno menyebutkan, awal musim tanam rendeng di Kabupaten Bojonegoro, diperkirakan mulai terjadi pada akhir Oktober sampai pertengahan November 2018. Dia menyebutkan, daerah yang biasanya pertama melakukan tanam adalah desa yang berada di aliran sungai bengawan solo, seperti Desa Sarangan, Canga'an, Kabalan dan seterusnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Djupari menjamin ketersediaan pupuk subsidi untuk kebutuhan petani aman. Dia pun memastikan, seluruh penyaluran dan pengadaan pupuk bersubsidi akan berjalan dengan lancar dan baik sampai ke tangan petani.

"Ketersedian pupuk bersubsidi aman, lantaran musim tanam mundur di beberapa wilayah yang disebabkan awal musim hujan yang mundur," ujar Ahmad Djupari kepada blokBojonegoro.com.

Ketersediaan pupuk bersubsidi masih tersisa 14.058 ton dan diyakini mencukupi kebutuhan petani. Bahkan jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan petani sampai dua bulan mendatang (Desember 2018). Hal itu terlihat dari total stok pupuk bersubsidi pada akhir September yaitu, untuk pupuk Urea mencapai 25.221 ton, ZA 9.721 ton, SP 36 4.467 ton, NPK Phonska 11.601 ton, dan Petroganik 23.713 ton.

"Seumpama kita ada kekurangan pupuk pada masa tanam tahun ini, kita bisa mengajukan tambahan alokasi pupuk untuk tahun 2019 mendatang," lanjutnya.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mencatat, sesuai rencana pada akhir tahun ini (Musim hujan) luas wilayah yang akan ditanami seluas 80.662 hektar untuk tanaman padi, tanaman jagung seluas 30.219 hektar dan tanaman kedelai seluas 836 hektare. [din/mu]

Tag : tanam, petani

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more