11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musim Tanam Padi, Petani Harap Stok Pupuk Cukup

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 October 2018 11:00

Musim Tanam Padi, Petani Harap Stok Pupuk Cukup

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Memasuki musim tanam rendeng di Kabupaten Bojonegoro, para petani berharap stok pupuk di Kota Ledre tercukupi. Sebab, jika melihat tahun-tahun sebelumnya, saat memasuki musim tanam rendeng, banyak petani yang kesulitan mencari pupuk.

"Pupuk harus tersedia sesuai kebutuhan petani, dengan demikian para petani tidak khawatir saat proses penanaman," ungkap salah satu petani di Desa Caruban, Kecamatan Kanor, Sampurno (45).

Sampurno menyebutkan, awal musim tanam rendeng di Kabupaten Bojonegoro, diperkirakan mulai terjadi pada akhir Oktober sampai pertengahan November 2018. Dia menyebutkan, daerah yang biasanya pertama melakukan tanam adalah desa yang berada di aliran sungai bengawan solo, seperti Desa Sarangan, Canga'an, Kabalan dan seterusnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Djupari menjamin ketersediaan pupuk subsidi untuk kebutuhan petani aman. Dia pun memastikan, seluruh penyaluran dan pengadaan pupuk bersubsidi akan berjalan dengan lancar dan baik sampai ke tangan petani.

"Ketersedian pupuk bersubsidi aman, lantaran musim tanam mundur di beberapa wilayah yang disebabkan awal musim hujan yang mundur," ujar Ahmad Djupari kepada blokBojonegoro.com.

Ketersediaan pupuk bersubsidi masih tersisa 14.058 ton dan diyakini mencukupi kebutuhan petani. Bahkan jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan petani sampai dua bulan mendatang (Desember 2018). Hal itu terlihat dari total stok pupuk bersubsidi pada akhir September yaitu, untuk pupuk Urea mencapai 25.221 ton, ZA 9.721 ton, SP 36 4.467 ton, NPK Phonska 11.601 ton, dan Petroganik 23.713 ton.

"Seumpama kita ada kekurangan pupuk pada masa tanam tahun ini, kita bisa mengajukan tambahan alokasi pupuk untuk tahun 2019 mendatang," lanjutnya.

Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mencatat, sesuai rencana pada akhir tahun ini (Musim hujan) luas wilayah yang akan ditanami seluas 80.662 hektar untuk tanaman padi, tanaman jagung seluas 30.219 hektar dan tanaman kedelai seluas 836 hektare. [din/mu]

Tag : tanam, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat