08:00 . Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial   |   07:00 . 8 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Kekasih   |   19:00 . Peringati Hari Peduli Sampah, Bersihkan Sampah Bengawan   |   18:00 . Utamakan Keselamatan Pasien Dengan Standar Akreditasi   |   17:00 . PWI Bojonegoro Selenggarakan Workshop   |   16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |  
Thu, 21 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 03 November 2018 07:00

7 Aktivitas Malam yang Bikin Bangun Pagi dalam Kondisi Lelah

7 Aktivitas Malam yang Bikin Bangun Pagi dalam Kondisi Lelah

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kurang tidur memang jadi penyebab utama kita terbangun dalam perasaan lelah. Namun, itu bukan satu-satunya pemicu kita kurang segar di pagi hari. Berikut beberapa hal di malam hari yang mungkin mengganggu tidurmu dan membuatmu lelah di pagi hari:

1. Salah makan

Ahli diet tersertifikasi Vanessa Risseto menjelaskan, jika kamu mengkonsumsi makanan tinggi lemak, pedas atau asam sebelum tidur, maka akan ada kemungkinan kamu mengalami masalah pencernaan, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD).
Perut pun akan terasa kurang nyaman dan tidur terganggu. Hindari makanan tersebut sebelum tidur dan konsumsilah makann yang lebih ringan agar kamu bisa bangun pagi dengan segar.

2. Minum terlalu banyak

Minum yang dimaksud tidak hanya alkohol, melainkan semua asupan minuman termasuk soft drink. Risetto mengatakan, konsumsi minuman berkarbonasi juga bisa merusak kandung kemih dan membuat kita terbangun di malm hari untuk buang air kecil. Sifat diuretik atau menarik cairan ke luar tubuh dalam minuman beralkohol atau kafein juga bisa membuat kita sulit tidur nyenyak sepanjang malam. "Karena efek minuman tersebut masuk ke pola REM (Rapid Eye Movement) kita, yang mengganggu tidur nyenyak kita dan membuat kita terjaga," kata dia.

3. Minum obat tertentu

Beberapa obat yang diminum di malam hari bisa berdampak pada energimu di pagi hari. Dr. Janette Nesheiwat menjelaskan, beberapa obat-obatan termasuk antihistamin dan pereda nyeri bisa membuat kita mengantuk di keesokan harinya.

4. Menggunakan tempat tidur untuk keperluan selain tidur

Tak jarang kita menggunakan tempat tidur sebagai tempat untuk melakukan aktivitas lain selain tidur atau berhubungan seks. Itulah mengapa tidur kita sering terganggu. Aktivitas yang dimaksud bisa seperti menonton televisi atau bekerja menggunakan laptop. "Jika kita menggunakan tempat tidur untuk aktivitas selain tidur, maka kita akan cenderung mengasosiasikan kegiatan tersebut dengan tempat tidur, ketimbang tidur, itu sendiri" kata praktisi kesehatan tidur klinis tersertifikasi sekaligus pendiri Insomnia Coach, Martin Reed.

5. Tidak rilek saat tidur

Jika kita pergi tidur dengan tekanan beban pikiran dari hari sebelumnya, maka tidur kita berpotensi terganggu. Hal itu mungkin saja terjadi, apalagi setelah hari-hari yang melelahkan dan sibuk, namun kita harus terpaksa tidur. Namun, pikiran yang tegang akan membuat kita sulit untuk tertidur. Reed merekomendasikan kita untuk mengalokasikan waktu sebelum tidur untuk merelaksasi diri terlebih dahulu. "Pastikan kamu menuliskan semua hal yang akan dilakukan keesokan harinya sehingga beban pikiranmu berkurang," katanya. Lakukan hal yang sama untuk kekhawatiranmu. Ketika pergi ke tempat tidur, pikiran harus tenang dan siap untuk tidur.

6. Membawa ponsel ke tempat tidur

Sebelum adanya ponsel, tidak ada orang yang membawa telepon ke tempat tidur. Namun sekarang, hampir semua orang tak bisa lepas dari ponsel, baik untuk menjawab email pekerjaan maupun mengakses media sosial. Masalahnya, lampu ponsel cenderung membuat kita sulit tertidur. Dan jika ponsel masih dalam jangkauan kita, kita juga akan cenderung tergoda untuk mengeceknya sebelum tidur. Kebiasaan ini bisa meningkatkan tidur dalam kondisi kecemasan dan kekhawatiran. Pastikan ponsel berada di luar jangkauanmu ketika tidur dan dengan mode tanpa suara.

7. Menjalani aktivitas malam yang tidak menenangkan

Meskipun kamu punya aktivitas yang sibuk dan melelahkan, sisihkanlah waktu untuk dinikmati sebelum tidur. Hal ini bisa membuatmu lebih segar di keesokan harinya. Dr. Jacob Teitelbaum, M.D. menjelaskan, kamu bisa berendam dalam air dengan garam epsom agar rilek. Namun intinya, temukanlah aktivitas sebelum tidur yang bisa membuatmu tidur dalam keadaan rileks.


Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/02/130000620/
7-aktivitas-malam-yang-bikin-bangun-pagi-dalam-kondisi-lelah.

Tag : diet, bangun, tidur, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more