11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemuda Asal Sumberejo Mampu Rubah Ampas Kopi Jadi Lukisan Keren

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 November 2018 13:00

Pemuda Asal Sumberejo Mampu Rubah Ampas Kopi Jadi Lukisan Keren

Reporter : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Kopi dan budaya ngopi bisa dikatakan sudah menjadi tren masa kini bagi masyarakat Kabupaten Bojonegoro. Betapa tidak, setiap saat dan waktu bisa menjumpai orang duduk santai, mengobrol sambil mimun segelas kopi, tak perduli apa status sosial mereka, yang penting ngopi.
 
Akan tetapi, tidak banyak juga masyarakat yang mengetahui bahwa ampas kopi (Ketek/Chante) bisa menjadi barang yang sangat istimewa jika bisa benar-benar dimaksimalakm dengan baik dan mendatangkan pundi-pundi uang. Bahkan kebanyakan ampas kopi kerap berakhir di tempat sampah menjadi limbah yang terbuang sia-sia.
 
Namun tidak demikian bagi Rivaldi Nur Rohman (22), seorang pelaku seni dari Dukuh Jombok, Desa/Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Baginya, dengan ampas kopi justru memberikan inspirasi untuk melukis di atas media kanvas ataupun kertas yang dapat menghasilkan degradasi warna lukisan yang unik meski teknik melukisnya lebih sulit di banding melukis menggunakan warna lainnya.
 
Pemuda kelahiran 1996 silam tersebut mendapatkan ide menjadikan ampas kopi untuk melukis, dari kegemarannya menggambar atau melukis di kanvas menggunakan cat. Pada saat itu dirinya tidak bisa membeli cat lantaran tidak punya uang, kemudian memiliki pemikiran dengan ampas kopi.
 
luki1
 
“Saya dulu mempunyai kanvas banyak tetapi tidak punya uang untuk membeli cat, kemudian saya pergi ke warung kopi untuk minta serbuk kopi untuk bahan dasar lukisan dan kemudian dikasih,” ungkapnya.
 
Pemuda yang sedang menempuh pendidikan S1 nya disalah satu perguruan tinggi di Kota Ledre ini kemudian mencoba menerapkannya di atas kanvas. Namun dalam prosesnya ternyata melukis di lembaran kanvas menggunakan ampas kopi memiliki kekurangan, yakni mudah berjamur.
 
"Jika tidak dikeringkan dengan kurun waktu yang lama lukisan tersebut akan cepat menjamur, sehingga saya sedikit riskan dan sekarang menjadikan kertas hvs menjadi dasaranya lantaran tidak menjamur," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.
 
Valdi juga mengungkapkan, melukis memggunakan ampas kopi lebih sulit dibanding melukis dengan bahan lainya ataupun melukis sketsa wajah dengan pensil. Pasalnya, jika salah sedikit saja penangkapan karakter wajah akan berubah menjadi lebih tua.
 
Dalam kesehariannya, Valdi lebih sering melukis dengan mengangkat tema sosial, ataupun wajah-wajah presiden Republik Indonesia, seperti Ir. Soekarno, Soeharto, Bj. Habibi, Gusdur, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, Jokowi dan tokoh sejarah lainya seperti Kh. Hasyim Asyari dan lain-lainya.
 
Sementara itu menurutnya, selama ini sebenarnya melukis hanya ia jadikan sebagai media catatan harian. Di mana setiap kali Valdi selesai melukis, ia langsung unggah ke Facebook atau Instagram. Dari situ kemudian banyak orang yang tertarik dengan lukisannya.
 
"Saya menjualnya melalui online dan saya kirim melalui paket. Dan banyak juga orang yang pesan dibuatkan sketsa wajahnya ataupun untuk hadiah,” ucap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) ini.
 
Untuk harga sendiri dirinya membandrol sebesar 130 ribu rupiah beserta figura, namun tergantung ukurannya. Sedangkan untuk karyanya tersebut sudah sampai ke Jakarta, Cirebon, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.
 
"Untuk satu kali buat saya membutuhkan waktu sampai 2 jam tergantung ukuran" tutup Valdi.[din/ito]

Tag : kreatif, seni, aliran, lukis, ampas, kopi, bojonegoro, hits, viral



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat