00:00 . Jembatan Ambruk Diterjang Banjir   |   23:00 . Dukung Anak Belajar dari Rumah saat Pandemi   |   22:00 . Peduli di Masa Pandemi Covid-19, Disabilitas di Bojonegoro Bagikan Ribuan Masker   |   21:00 . Datangi Kejari di Pantura, Kajati Jatim Sebut Banyak Inovasi Kejari Bojonegoro   |   20:30 . Waspada Efek Jangka Panjang Covid-19   |   20:00 . Dishub Bojonegoro Himbau Masyarakat Gunakan Jalur Alternatif Menuju Tuban   |   19:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Bojonegoro-Tuban Kembali Ditutup Total   |   18:30 . Gejala Covid-19 Pada Lansia   |   18:00 . Dinsos Bojonegoro Rakor Terkait Evaluasi PKH 2020 dan Rencana PKH 2021   |   17:00 . Covid-19 Masih Mengancam, Kapolres Bojonegoro Gencar Operasi Yustisi   |   16:00 . Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan   |   15:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   14:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   13:00 . Zahrotul Aini Peraih IPK Tertinggi yang Hobi Main Game   |   10:00 . Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 November 2018 10:00

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 17 Perguruan Pencak Silat di Kabupaten Bojonegoro, mengikuti Kolosal dan Festival Jurus Harmoni yang diselenggarakan Polres Bojonegoro di Alun-alun Kota Ledre, Rabu (7/11/2018).

Mereka diadu untuk memperlihatkan keindahan Jurus Harmoni dengan diiringi dengan sebuah lagu. Karena itu, penilaian dilakukan bukan saat mereka bertarung atau bertanding, melainkan gerakan bersama yang dilakukan oleh masing-masing perwakilan kecamatan.

"Jadi ketujuh belas perguruan tersebut yang telah tergabung dalam Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP), dididik atau dijadikan satu wadah di kecamatan masing-masing lalu dipertandingan dengan Kecamatana Lain," ungkap Kapolsek Bojonegoro, AKP Ari Fadly.

Ketujuhbelas perguruan pencak silat tersebut adalah Persaudaraan Setia Hati Terate, Persuadaraan Setia Hati Winongo, IKS Kera Sakti, Tapak Suci, Persinas ASAD, Perguruan Cempaka Putih, Perguruan PSNU Pagar Nusa, Perguruan Pangestut, Perguruan PBD Rajekwesi, Perguruan PNSN Puspa Nurani, Perguruan Budi Suci, Perguruan Pencak Organisasi, IPS Bunga Islam, Merpati Putih, Gubuk Remaja dan Perguruan Syailendra.

Jurus Harmoni BKP sendiri adalah sebagai upaya untuk merukunkan perguruan pencak silat yang hakekatkanya adalah budaya asli Indonesia. Serta tentunya sekaligus mewujudkan Bojonegoro sebagai Kampung Pesilat dalam berbagai bentuk perguruan yang ada, agar bisa dibanggakan sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur.

"Pencak silat sebelumnya adalah alat perjungan bangsa untuk melawan penjajah dan sekarang sudah selayaknya kita gunakan untuk menjaga keutuhan NKRI," lanjut Kapolres.

Sementara itu, salah satu peserta, Andi Sarifuddin sangat mengapresiasi adanya BKP ini. Sebab, dengan adanya BKP ini bisa meminimalisir pertengkaran antara Perguruan Silat yang ada di Bojonegoro, bahkan menjadikan Bojonegoro lebih adem dan nyaman.

"Ini juga sebagai ajang silaturohim antar perguruan silat yang ada di Bojonegoro dan tentunya semakin mengokohkan tali persaudaraan antar perguruan yang ada tanpa membedakan latar belakang mereka," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : pencak silat, kampung silat, silat, perguruan silat, festival silat


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat