11:00 . Macam Ekspresi Peserta UNBK   |   10:00 . UNBK SMK Hari Pertama, 5 Siswa Mengundurkan Diri   |   09:00 . Segera Gelar Puslatkab, KONI Bakal Gandeng Konsultan dari UNESA   |   08:00 . Pertamina: Beli BBM di Mitra Resmi   |   07:00 . Tips Karier: Lakukan 5 Cara Ini Agar Sukses Jadi Girl Boss   |   22:00 . Gelar Salawatan, GP Ansor Ajak Jaga Keutuhan NKRI   |   19:00 . POM Mini Meledak   |   18:00 . Organisasi KBT Bantu Pembersihan Lokasi Pembangunan   |   17:00 . Deklarasi Rabu Putih, GP Ansor Ajak Lakukan ini....   |   16:00 . Babinsa Bersama Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/Jember Bersihkan Lapangan   |   15:00 . 10 Sumur Bor Bakal Dibangun di Lima Kecamatan   |   14:00 . Meski Hujan, 5000 Pasukan Hadiri Apel Kebangsaan   |   13:00 . Pom Mini Terbakar, Pemilik Luka dan Merugi Puluhan Juta   |   12:00 . Anggaran Normalisasi dan Pembuatan Embung Capai Rp1 M   |   11:00 . 2019, Sekolah Tidak boleh Angkat Guru Honorer Lagi   |  
Mon, 25 March 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 November 2018 10:00

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 17 Perguruan Pencak Silat di Kabupaten Bojonegoro, mengikuti Kolosal dan Festival Jurus Harmoni yang diselenggarakan Polres Bojonegoro di Alun-alun Kota Ledre, Rabu (7/11/2018).

Mereka diadu untuk memperlihatkan keindahan Jurus Harmoni dengan diiringi dengan sebuah lagu. Karena itu, penilaian dilakukan bukan saat mereka bertarung atau bertanding, melainkan gerakan bersama yang dilakukan oleh masing-masing perwakilan kecamatan.

"Jadi ketujuh belas perguruan tersebut yang telah tergabung dalam Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP), dididik atau dijadikan satu wadah di kecamatan masing-masing lalu dipertandingan dengan Kecamatana Lain," ungkap Kapolsek Bojonegoro, AKP Ari Fadly.

Ketujuhbelas perguruan pencak silat tersebut adalah Persaudaraan Setia Hati Terate, Persuadaraan Setia Hati Winongo, IKS Kera Sakti, Tapak Suci, Persinas ASAD, Perguruan Cempaka Putih, Perguruan PSNU Pagar Nusa, Perguruan Pangestut, Perguruan PBD Rajekwesi, Perguruan PNSN Puspa Nurani, Perguruan Budi Suci, Perguruan Pencak Organisasi, IPS Bunga Islam, Merpati Putih, Gubuk Remaja dan Perguruan Syailendra.

Jurus Harmoni BKP sendiri adalah sebagai upaya untuk merukunkan perguruan pencak silat yang hakekatkanya adalah budaya asli Indonesia. Serta tentunya sekaligus mewujudkan Bojonegoro sebagai Kampung Pesilat dalam berbagai bentuk perguruan yang ada, agar bisa dibanggakan sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur.

"Pencak silat sebelumnya adalah alat perjungan bangsa untuk melawan penjajah dan sekarang sudah selayaknya kita gunakan untuk menjaga keutuhan NKRI," lanjut Kapolres.

Sementara itu, salah satu peserta, Andi Sarifuddin sangat mengapresiasi adanya BKP ini. Sebab, dengan adanya BKP ini bisa meminimalisir pertengkaran antara Perguruan Silat yang ada di Bojonegoro, bahkan menjadikan Bojonegoro lebih adem dan nyaman.

"Ini juga sebagai ajang silaturohim antar perguruan silat yang ada di Bojonegoro dan tentunya semakin mengokohkan tali persaudaraan antar perguruan yang ada tanpa membedakan latar belakang mereka," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : pencak silat, kampung silat, silat, perguruan silat, festival silat

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more