Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 November 2018 10:00

17 Perguruan Pencak Silat Ikuti Festival Jurus Harmoni

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 17 Perguruan Pencak Silat di Kabupaten Bojonegoro, mengikuti Kolosal dan Festival Jurus Harmoni yang diselenggarakan Polres Bojonegoro di Alun-alun Kota Ledre, Rabu (7/11/2018).

Mereka diadu untuk memperlihatkan keindahan Jurus Harmoni dengan diiringi dengan sebuah lagu. Karena itu, penilaian dilakukan bukan saat mereka bertarung atau bertanding, melainkan gerakan bersama yang dilakukan oleh masing-masing perwakilan kecamatan.

"Jadi ketujuh belas perguruan tersebut yang telah tergabung dalam Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP), dididik atau dijadikan satu wadah di kecamatan masing-masing lalu dipertandingan dengan Kecamatana Lain," ungkap Kapolsek Bojonegoro, AKP Ari Fadly.

Ketujuhbelas perguruan pencak silat tersebut adalah Persaudaraan Setia Hati Terate, Persuadaraan Setia Hati Winongo, IKS Kera Sakti, Tapak Suci, Persinas ASAD, Perguruan Cempaka Putih, Perguruan PSNU Pagar Nusa, Perguruan Pangestut, Perguruan PBD Rajekwesi, Perguruan PNSN Puspa Nurani, Perguruan Budi Suci, Perguruan Pencak Organisasi, IPS Bunga Islam, Merpati Putih, Gubuk Remaja dan Perguruan Syailendra.

Jurus Harmoni BKP sendiri adalah sebagai upaya untuk merukunkan perguruan pencak silat yang hakekatkanya adalah budaya asli Indonesia. Serta tentunya sekaligus mewujudkan Bojonegoro sebagai Kampung Pesilat dalam berbagai bentuk perguruan yang ada, agar bisa dibanggakan sekaligus melestarikan warisan budaya leluhur.

"Pencak silat sebelumnya adalah alat perjungan bangsa untuk melawan penjajah dan sekarang sudah selayaknya kita gunakan untuk menjaga keutuhan NKRI," lanjut Kapolres.

Sementara itu, salah satu peserta, Andi Sarifuddin sangat mengapresiasi adanya BKP ini. Sebab, dengan adanya BKP ini bisa meminimalisir pertengkaran antara Perguruan Silat yang ada di Bojonegoro, bahkan menjadikan Bojonegoro lebih adem dan nyaman.

"Ini juga sebagai ajang silaturohim antar perguruan silat yang ada di Bojonegoro dan tentunya semakin mengokohkan tali persaudaraan antar perguruan yang ada tanpa membedakan latar belakang mereka," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : pencak silat, kampung silat, silat, perguruan silat, festival silat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini