19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |   15:00 . Musim Kemarau, Disnakkan Klaim Petani Ikan Sudah Panen   |   14:00 . Laga Kontra Arema Malang United Jadi Uji Coba Terakhir Persibo   |   13:00 . DPD AGPAII Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   12:00 . Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN   |   11:00 . Penetapan Caleg Tepilih, KPU Hanya Diberi Waktu Lima Hari   |   10:00 . Ratusan Guru PAI se-Bojonegoro Ikuti Pembinaan dan Halal Bihalal   |   09:00 . Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja   |   08:00 . Abimanyu Dilantik Jadi Pj. Sekda Bojonegoro   |   07:00 . Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat   |   22:00 . Awak Media Diminta Keluar Saat Liput Pelantikan, Ini Alasan Bupati   |   21:00 . Bupati Resmi Lantik Pj Sekda Bojonegoro   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 07 November 2018 08:00

Waspada! DBD Semakin Mengganas, 3 Orang Meninggal

Waspada! DBD Semakin Mengganas, 3 Orang Meninggal

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Cuaca yang tak menentu dalam beberapa pekan terakhir berdampak penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD) di Kabupaten Bojonegoro.

Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aides Aigepty tersebut menjadikan penderita DBD di Kota Ledre semakin bertambah pada satu bulan terakhir.

Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto mengatakan, saat ini dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan sudah ada 289 kasus DBD di Kabupaten Bojonegoro yang tersebar hampir di 28 kecamatan.

Dari 28 kecamatan tersebut, ia menerangkan terjadi hampir menyeluruh. “Memang ada peningkatan dalam beberapa bulan terakhir, karena pengaruh cuaca yang kadang-kadang hujan lalu berubah ke panas,” katanya.

Akibatnya, hujan yang telah mengguyur membuat genangan air baru yang menjadi lokasi perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti, penyebab DBD. “Genangan air yang menjadi tempat telur-telur nyamuk ini biasanya bersih, jadi semakin cepat nyamuk itu berkembang biak,” ucapnya.

Akan tetapi penyebab DBD sendiri sebenarnya tidak terpengaruh oleh musim hujan. Jika, sepanjang masih ada sarang nyamuk dan genangan air bersih bisa memunculkan nyamuk aedes aegypti.

Setiap bulannya penderita DBD, dijelaskan Totok Ismanto selalu ada. Baik yang ditangani puskesmas maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Namun, diakuinya sejak Oktober kemarin telah terjadi peningkatan sekitar 42 kasus penderita DBD, serta 3 orang meninggal dunia.

"Kasus DBD sedikit meningkat, angka kematian menurun, angka bebas jentik meningkat, angka fokus fogging menurun, ini menunjukkan masyarakat meningkat pemahaman dan kesadarannya terhadap masalah DBD. Namun, belum memahami dan mengenali gejala dan pengobatan ke sarana pelayanan kesehatan," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Lebih lanjut, dalam memerangi penyebaran DBD, dirinya menyebutkan harus adanya sinergi lintas sektor instansi dan peran aktif dari masyarakat. Khususnya dalam menjalankan kegiatan 3M plus, yaitu menguras, mengubur dan menutup, ditambah dengan berbagai hal seperti menggunakan obat nyamuk, pemakaian kelambu hingga menghindari menggantung pakaian sembarangan.

"Kita haru meminamilisir penyebab terjadinya DBD dari hal yang terkecil, agar tidak berkembang biak dan mencegah gigitan nyamuk," pungkas Totok Ismanto. [din/mu]

data-dbd

Tag : dbd, demam berdarah, dbd bojonegoro, korban, penderita, fongging

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat