Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 08 November 2018 14:00

Kekeringan, Sebagian Warga Napis Gali Sungai Kering

Kekeringan, Sebagian Warga Napis Gali Sungai Kering

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com  - Sebagian warga Dusun Daplangu, Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro kekurangan air bersih. Bahkan, mereka rela mereka menggali sungai yang kering.

Galian itu pun sumbernya juga terbatas. Galian yang berdiameter sekitar lebar 30 cm, dengan kedalaman 40 cm tersebut airnya juga sedikit keruh.

Tapi, sebagian warga di sana tetap menggunakan air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk mandi, masak dan lainnya.

Di sekitar sumber itu, yang jaraknya kurang lebih 10 meter terdapat bau yang tak sedap. Tapi kondisi itu tidak dihiraukan oleh warga.

Menurut warga setempat Sukardi, dirinya dari dulu saat kemarau tiba biasa memanfaatkan sumber air di sungai yang sudak tidak mengalir. "Ya saya gali biasanya sungai yang kering itu masih ada sumbernya di dalamnya," ungkap Sukardi, Kamis (8/11/2018).

Jarak sungai denagan rumahnya tak begitu jauh yaitu sekitar 50 meter. Dirinya sudah terbiasa dengan konsidi tersebut.

Di situ arang sekali ada bantuan air bersih dari ada bantuan aie bersih dari pemerintah. Sebab, rumahnya jauh dari jalan raya dan jalannya setapak jadi tidak memungkinkan kendaraan roda empat masuk.

Warga lain Pasri menuturkan, warga setempat tetap biasa saja menggunakan air tersebut. Karena sumber mata air juga susah didapat selain di sunagi itu."Sudah biasa mengandalkan air di sungai tersebut," beber Pasri. [top/lis]

 

Tag : kering, sungai

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini