17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 09 November 2018 15:00

120 Orang akan Menari Masal di Gunung Pegat

120 Orang akan Menari Masal di Gunung Pegat

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Ratusan penari bakal menghibur masyarakat Kota Ledre, pada pagelaran Festival Geopark di Gunung Pegat (Eks penambangan batu) Desa Gajah, Kecamatan Baureno, Bojonegoro pada 24-25 November mendatang. Festival geopark ini masih termasuk rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) yang ke-341 tahun.

"Sekitar 120 penari dari berbagai kecamatan di Bojonegoro akan tampil membawakan tari Thengul di bekas penambangan batu Desa Gajah," ungkap Kepala Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia, Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti.

Tari Thengul adalah tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro yang terinspirasi dari Wayang thengul. Dalam tarian tersebut biasanya dipentaskan maksimal tujuh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai wayang thengul.

Tari Thengul sendiri merupakan tarian kreasi yang diciptakan selain untuk seni, juga sebagai wujud apresiasi dan upaya mengangkat kembali kesenian wayang thengul yang hampir tenggelam seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga, penampilan tari thengul tersebut akan memecahkan rekor baru lantaran dilakukan oleh ratusan penari.

"Kita baru merencanakannya sekitar 120 dulu dan kedepanya bakal kita tambah sampai ribuan penari seperti yang ada di Banyuwangi," lanjut Enggar kepada blokBojonegoro.com.

Dalam festival geopark yang baru digelar pertama kali ini akan dimeriahkan oleh artis ibu Kota, seperti penyanyi solois Anji, Regina Idol dan beberapa penyanyi lainnya. Selain itu, bakal ada penampilan pemenang duta batik Kabupaten Bojonegoro dan ratusan olahan makanan atau produk dari UMKM yang ada di Bojonegoro.

"Kita juga akan memulai lomba memahat relif gunung, yang kedepanya akan kita jadikan sebuah wisata dan kita juga akan merubah namanya menjadi Gunung Waju Jodo (GWJ) bukan Gunung Pegat lagi untuk menghilangkan fikiran negatif dari masyatakat sekitar," ujar Enggar.

Perlombaan desain relief di kawasan bekas penambangan batu kapur dengan luas sekitar 20 hektar tersebu, bakal menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan mengambil tema sejarah Desa Gajah dan Kabupaten Bojonegoro. Tema tersebut sengaja dipilih lantaran banyak beredar rumoh bahwa Desa Gajah ada sangkut pautnya dengam sejarah Gajah Mada.

"Di Kecamatan Modo, Lamongan itu adalah tempat lahir dari Gajah Mada. Sedangkan Desa Gajah itu berbatasan langsung dengan Kecamatan Modo dan kita sedang melakukan penelitian di sana, dengan menggandeng perangkat desa setempat," pungkasnya. [din/mu]

Tag : geopark, gajah, desa gajah, tari thengul

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more