08:00 . Diduga Balapan Liar, Hantam Fortuner Tewas di TKP   |   07:00 . 3 Pertanyaan Selain 'Kapan nikah' Saat Reuni   |   06:00 . Pengemudi Warga Simbatan, Patah Kaki dan Tangan   |   21:00 . Pasca Pemilu, Kapolres Himbau Jangan Ada Pawai   |   20:00 . Ngeri...! Kecelakaan Margomulyo Balen Bojonegoro   |   19:00 . Jokowi-Amin Menang 67 Persen di Bojonegoro   |   18:30 . Datangi Polres, Kadishub Bojonegoro Laporkan Balik Istrinya   |   18:00 . Meski Surat Suara Tertukar, KPU Mengklaim Tidak Ada PSU   |   17:00 . Evakuasi Korban, Jalan Raya Macet Cukup Panjang   |   16:00 . Avanza Vs Truk di Margomulyo, 2 Mobil Ringsek   |   15:00 . Triwulan Pertama, Ada 850 Klaim Asuransi ke Jasa Raharja   |   14:00 . SMPN 1 Kapas Kembali Rebut Juara Pencak Silat O2SN   |   12:00 . Saat Pemungutan Suara, Tiga TPS Surat Suaranya Tertukar   |   09:00 . Panitia Gandeng Mahasiswa dan Komunitas, Ini Alasannya?   |   08:00 . Rayakan Hari Jadi, AMSI Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax   |  
Fri, 19 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 09 November 2018 15:00

120 Orang akan Menari Masal di Gunung Pegat

120 Orang akan Menari Masal di Gunung Pegat

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Ratusan penari bakal menghibur masyarakat Kota Ledre, pada pagelaran Festival Geopark di Gunung Pegat (Eks penambangan batu) Desa Gajah, Kecamatan Baureno, Bojonegoro pada 24-25 November mendatang. Festival geopark ini masih termasuk rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) yang ke-341 tahun.

"Sekitar 120 penari dari berbagai kecamatan di Bojonegoro akan tampil membawakan tari Thengul di bekas penambangan batu Desa Gajah," ungkap Kepala Bidang Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia, Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti.

Tari Thengul adalah tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro yang terinspirasi dari Wayang thengul. Dalam tarian tersebut biasanya dipentaskan maksimal tujuh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai wayang thengul.

Tari Thengul sendiri merupakan tarian kreasi yang diciptakan selain untuk seni, juga sebagai wujud apresiasi dan upaya mengangkat kembali kesenian wayang thengul yang hampir tenggelam seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga, penampilan tari thengul tersebut akan memecahkan rekor baru lantaran dilakukan oleh ratusan penari.

"Kita baru merencanakannya sekitar 120 dulu dan kedepanya bakal kita tambah sampai ribuan penari seperti yang ada di Banyuwangi," lanjut Enggar kepada blokBojonegoro.com.

Dalam festival geopark yang baru digelar pertama kali ini akan dimeriahkan oleh artis ibu Kota, seperti penyanyi solois Anji, Regina Idol dan beberapa penyanyi lainnya. Selain itu, bakal ada penampilan pemenang duta batik Kabupaten Bojonegoro dan ratusan olahan makanan atau produk dari UMKM yang ada di Bojonegoro.

"Kita juga akan memulai lomba memahat relif gunung, yang kedepanya akan kita jadikan sebuah wisata dan kita juga akan merubah namanya menjadi Gunung Waju Jodo (GWJ) bukan Gunung Pegat lagi untuk menghilangkan fikiran negatif dari masyatakat sekitar," ujar Enggar.

Perlombaan desain relief di kawasan bekas penambangan batu kapur dengan luas sekitar 20 hektar tersebu, bakal menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan mengambil tema sejarah Desa Gajah dan Kabupaten Bojonegoro. Tema tersebut sengaja dipilih lantaran banyak beredar rumoh bahwa Desa Gajah ada sangkut pautnya dengam sejarah Gajah Mada.

"Di Kecamatan Modo, Lamongan itu adalah tempat lahir dari Gajah Mada. Sedangkan Desa Gajah itu berbatasan langsung dengan Kecamatan Modo dan kita sedang melakukan penelitian di sana, dengan menggandeng perangkat desa setempat," pungkasnya. [din/mu]

Tag : geopark, gajah, desa gajah, tari thengul

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more