07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seluruh Masyarakat Harus Peduli HAM

blokbojonegoro.com | Friday, 09 November 2018 11:00

Seluruh Masyarakat Harus Peduli HAM

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Setelah beberapa waktu lalu diadakan festival HAM (Hak Asasi Manusia) di Kabupaten Bojonegoro, upaya edukasi pemahamam HAM terus dilakukan. Sehingga seluruh masyarakat terutama di Kota Ledre diharapkan bisa memahami dan peduli HAM yang berada di sekitarnya.

Hal itu diperbincangkan dalam talkshow yang bekerjasama antara INFID Jakarta, Komunitas Gusdurian Bojonegoro dan IDFoS Indonesia di Bojonegoro. Sekaligus menjadi rangkaian roadshow festival HAM 2018, mengangkat tema 'Merawat Keragaman, Memperkuat Solidaritas Menuju Indonesia yang Inklusif dan Berkeadilan'.

Tedjo Sukmono selaku asisten ahli Bupati Bojonegoro, mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan antusiasnya peserta, sehingga talkshow ini dapat berjalan baik. Terlebih penghargaan yang luar biasa, Bojonegoro ditempati acara HAM, yang memberikan edukasi terhadap masyarakat.

"Kedepannya masyarakat bisa bersama-sama membangun Bojonegoro dengan ekonomi yang ramah HAM,” ujar pak Tejo, sapaan akrabnya, kepada sekitar 150 peserta talkshow HAM dan Ekonomi di Gedung Maharani di selatan alun-alun Bojonegoro, Rabu (7/11/2018).

Sementara itu Direktur IDFoS Indonesia, Joko Hadi Purnomo, menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan kegiatan festival HAM Indonesia 2018 yang kebetulan tuan rumah saat ini adalah di Wonosobo. Untuk itu talkshow ini sebagai sarana edukasi masyarakat untuk lebih peduli mengenai HAM.

"Diharapkan adanya perubahan pola pikir masyarakat untuk memikirkan bahwa dalam setiap pembangunan, termasuk pembangunan ekonomi di dalamya ada komponen yang memiliki Hak Asasi yang harus di perjuangkan dan diutamakan," jelasnya.

Setidaknya dalam talkshow HAM ada lima narasumber yang memaparkan permasalahan HAM dan Ekonomi di Bojonegoro, yakni Louvikar Alfan dari komnas HAM RI yang pertama kali memaparkan jenis-jenis HAM dan potensi pelanggarannya di bidang ekonomi. Kemudian dilanjutkan paparan dari Gus Inung selaku akademisi dari UIN Sunan Ampel Surabaya, KH. Alamul Huda selaku Ketua FKUB Bojonegoro, Ifa Khoiriya Ketua Fatayat NU, dan terakhir Sugeng Bahagijo selaku direktur eksekutif INFID Jakarta.

Disampaikan Gus Inung, dalam sebuah kegiatan bisnis di dalamnya ada tenaga kerja yang memiliki hak-hak mereka, ada usaha mikro yang memiliki hak ekonomi yang sama, sampai pada lingkungan hidup yang juga harus dilindungi.

"Nah sadar HAM  ini harus mulai dibangun bersama-sama dari kelompok masyarakat, pengusaha, hingga pemerintah," tuturnya. [ito/mu]

Tag : ham, festival ham, talkshow



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat