16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

UKK Imigrasi Jadi Kantor Imigrasi?

Wihadi: Selain Kemudahan, Dampak Ekonomi Bisa Meningkat

blokbojonegoro.com | Monday, 12 November 2018 12:00

Wihadi: Selain Kemudahan, Dampak Ekonomi Bisa Meningkat

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Perubahan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi kelas I Tanjung Perak di Bojonegoro menjadi kantor imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dimungkinkan bisa saja terjadi. Pasalnya selain memudahkan pengurusan paspor, dampak perekonomian di Kabupaten Bojonegoro dipastikan akan meningkat.

Saat melihat UKK Imigrasi kelas I Tanjung Perak di Bojonegoro, Senin (12/11/2018), anggota komisi III DPR RI, Wihadi Wiyanto menjelaskan, sejak awal ia yang memprakarsai berdirinya kantor imigrasi di Bojonegoro dan sampai akhirnya ada UKK Imigrasi ini. Tetapi tentunya ada beberapa hal yang mesti harus dilakukan, salah satunya mengenai masalah status kantornya ini.

Pasalnya waktu dulu, awalnya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan menghibahkan kantor kabupaten ini kepada imigrasi, sehingga imigrasi ini bisa menjadi kantor kelas tiga. Namun setelah Bojonegoro sukses melaksanakan Pilkada dan bupati juga sudah berganti, tugas saat ini untuk mengingatkan dan juga mencoba untuk bicara kembali untuk meningkatkan kantor imigrasi ini.

"Kenapa kantor imigrasi ini kita harus tingkatkan, karena dari perjalanan hingga sekarang ini sepuluh bulan saja, peningkatkannya signifikan. Setidaknya sudah ada seratusan tiap hari yang dilayani untuk paspor, dan ini akan bisa berkembang terus kemudian juga pengawasan orang asing ada di sini sangat perlu sekali," jelasnya.

Politisi Partai Gerindra yang menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro-Tuban) itu juga berbicang-bicang kepada warga yang tengah mengurus paspor dan petugas. Menurutnya, masyarakat yang datang selain didominasi dari Bojonegoro, juga ada dari Lamongan, Tuban, Nganjuk, Ngawi dan yang lainnya.

"Terpenting lagi dengan adanya kantor imigrasi ini saya melihat ekonomi rakyat Bojonegoro bergerak. Mereka butuh makan, bahkan menginap bagi mereka yang dari luar Bojonegoro, karena ingin mengurus paspor di kantor imigrasi di Bojonegoro," ungkap Wihadi.

Dicontohkan Wihadi, ia tadi sempat bertanya ada yang dari Lamongan. Kalau Lamongan ke sini pasti dia juga makan di Bojonegoro, kemudian dia akan membeli sesuatu atau melakukan fotocopy persyaratan pengurusan di kantor imigrasi. "Pasti menggerakkan semua perekonomian Bojonegoro. Kantor Imigrasi ini sebenarnya layak untuk kita tingkatkan," terangnya.

Wihadi juga optimis bupati pasti akan mendukung program ini ditingkatkan menjadi kantor imigrasi kelas tiga, tapi tentu dengan bupati bisa memberikan hibah. "Saya nanti akan mencoba untuk bicara dengan bupati,," imbuhnya.

"Jadi sekarang pun saya akan berusaha, akan saya sampaikan kepada bupati bagaimana menjadi kantor imigrasi kelas tiga, siapa tau bupati memberikan kantor yang besar lagi. Kantor yang ini dihibahkan kepada imigrasi, sehingga imigrasi bisa memproses menjadi kantor imigrasi bukan UKK lagi," pungkasnya. [ito/mu]

Tag : imigrasi, ukk imigrasi, kantor imigrasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat