13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Diabetes Sedunia

Bahaya Diabetes, Pola Hidup Sehat itu Penting

blokbojonegoro.com | Wednesday, 14 November 2018 13:00

Bahaya Diabetes, Pola Hidup Sehat itu Penting

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Berbagai upaya dilakukan untuk mengingatkan bahaya diabetes, bahkan 14 November dijadikan hari Diabetes Sedunia. Untuk mencegah penyakit kelebihan ladar gula dalam darah ini perlu membiasakan pola hidup sehat, di antaranya dengan senam. Hal ini pula lah yang melatrbelakangi diselenggarakannya senam massal di Universitas Bojonegoro (Unigoro) sebagai bentuk kampanye bahaya diabetes.

Dr. Rupiarsieh, M.Si., selaku Dekan FISIP Unigoro menjelaskan, Diabetes Mellitus menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian cukup tinggi di Indonesia maupun dunia. Tak hanya menyerang usia tua, diabetes kini juga banyak menyerang usia produktif atau kaum pekerja, dengan ditandai tingginya gula darah atau di atas 125 mg/dL.

"Kami ingin ikut andil mensosialisasikan bahaya penyakit diabetes. Untuk itu FISIP Unigoro menggelar peringatan yang diselenggarakan di seluruh dunia ini, sebagai bentuk melawan penyakit diabetes dengan pola hidup sehat," jelasnya saat kegiatan senam diabetes di aula kampus setempat, Selasa (13/11/2018). 

Menurutnya, selain pencegahan, bagi yang sudah terkena penyakit ini diharapkan untuk sering melakukan kontrol agar mendapatkan pendampingan dan perawatan yang baik. "Semuanya harus peduli dengan penyakit ini, yang belum terkena harus mencegah dengan pola hidup sehat, yang sudah terkena harus sering melakukan kontrol," jelasnya.

Tampak dalam senam dalam memperingati Hari Daiabetes Sedunia (World Diabetes Day) 2018, yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unigoro diikuti seratusan peserta. Selain dosen, mahasiswa dan karyawan Unigoro juga diikutipaguyuban wanita Unigoro dan klub Bojonegoro Meliwis Putih.

Tak hanya senam diabetes, dalam kegiatan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan pencegahan diabetes tersebut juga ada pemeriksaan gula darah dan konsultasi diabetes. Rencananya egiatan peringatan ini ke depan akan rutin diselenggarakan setiap tahunnya, sebagai wujud kepedulian bersama dalam melawan diabetes. [ito/lis]

Tag : diabetes, pola, hidup, sehat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat