13:00 . Pelantikan Pj. Sekda Baru, Diundur   |   10:00 . Jadi Duta BUMN, Siswa SMAN 1 Bubulan Wakili Jatim ke Gorontolo   |   09:00 . M. Fauzan Bersiap Ikuti Pra PON   |   08:00 . Didukung Seluruh PAC, Abidin-Rory Nahkodai PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Waspada Orang Tua, Tipe Anak Ini Sering Dibully   |   06:00 . Full Sandur dan Kalongking Meriahkan Tiff - Lakon Pamer Bojo   |   22:00 . Tari Polandia Bikin Ramai Suasana   |   21:00 . Kepala Barkowil Akan Dilantik Pj Sekda Bojonegoro   |   20:00 . Rancaknya Tari Asal Negara Bulgaria   |   19:00 . Tingkatkan Jiwa Wirausaha, Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Bazar   |   18:00 . DPMD Berikan Pembinaan untuk Kades se Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . Kandang Terbakar, 2 Ekor Sapi Berhasil Diselamatkan   |   16:00 . Ramai Gerakan Selamatkan Aset Negara   |   15:00 . Deklarasi Penyelamatan Aset Negara   |   14:00 . Tatap Liga 3 Jawa Timur, Bojonegoro FC Jadwalkan Lawan PSM Madiun   |  
Fri, 19 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 14 November 2018 13:00

Hari Diabetes Sedunia

Bahaya Diabetes, Pola Hidup Sehat itu Penting

Bahaya Diabetes, Pola Hidup Sehat itu Penting

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Berbagai upaya dilakukan untuk mengingatkan bahaya diabetes, bahkan 14 November dijadikan hari Diabetes Sedunia. Untuk mencegah penyakit kelebihan ladar gula dalam darah ini perlu membiasakan pola hidup sehat, di antaranya dengan senam. Hal ini pula lah yang melatrbelakangi diselenggarakannya senam massal di Universitas Bojonegoro (Unigoro) sebagai bentuk kampanye bahaya diabetes.

Dr. Rupiarsieh, M.Si., selaku Dekan FISIP Unigoro menjelaskan, Diabetes Mellitus menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian cukup tinggi di Indonesia maupun dunia. Tak hanya menyerang usia tua, diabetes kini juga banyak menyerang usia produktif atau kaum pekerja, dengan ditandai tingginya gula darah atau di atas 125 mg/dL.

"Kami ingin ikut andil mensosialisasikan bahaya penyakit diabetes. Untuk itu FISIP Unigoro menggelar peringatan yang diselenggarakan di seluruh dunia ini, sebagai bentuk melawan penyakit diabetes dengan pola hidup sehat," jelasnya saat kegiatan senam diabetes di aula kampus setempat, Selasa (13/11/2018). 

Menurutnya, selain pencegahan, bagi yang sudah terkena penyakit ini diharapkan untuk sering melakukan kontrol agar mendapatkan pendampingan dan perawatan yang baik. "Semuanya harus peduli dengan penyakit ini, yang belum terkena harus mencegah dengan pola hidup sehat, yang sudah terkena harus sering melakukan kontrol," jelasnya.

Tampak dalam senam dalam memperingati Hari Daiabetes Sedunia (World Diabetes Day) 2018, yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unigoro diikuti seratusan peserta. Selain dosen, mahasiswa dan karyawan Unigoro juga diikutipaguyuban wanita Unigoro dan klub Bojonegoro Meliwis Putih.

Tak hanya senam diabetes, dalam kegiatan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan pencegahan diabetes tersebut juga ada pemeriksaan gula darah dan konsultasi diabetes. Rencananya egiatan peringatan ini ke depan akan rutin diselenggarakan setiap tahunnya, sebagai wujud kepedulian bersama dalam melawan diabetes. [ito/lis]

Tag : diabetes, pola, hidup, sehat

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat