Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Festival Banyu Urip

Pencak Silat dan Reog Meriahkan Pembukaan FBU

blokbojonegoro.com | Friday, 16 November 2018 21:00

Pencak Silat dan Reog Meriahkan Pembukaan FBU

Kontributor: Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Pembukaan Festival Banyu Urip (FBU) diisi dengan kolaborasi antara Kampung Pesilat dan Reog Kecamatan Gayam. Reog kecamatan terdapat dua yaitu Reog Singo Manggolo dari desa Gayam dan Sekarmulyo dari desa Mojodelik. 

Pimpinan Reog Singo Manggolo, Sukoco berterimakasih kepada pihak penyelenggara karena telah melibatkan kesenian tradisional Jawa Timur tersebut. "Kesenian tradisional ini perlu kita jaga dan lestarikan, agar tetap terjaga," ucapnya

Pria asli Gayam tersebut berharap untuk tahun berikutnya dapat dilibatkan kembali dalam kegiatan, agar masyarakat dapat memahami bahwa di kecamatan setempat terdapat kesenian reog.

"Dari tahun-tahun sebelumnya memang selalu dilibatkan, semoga di tahun berikutnya juga sama," harapnya.

Terpisah, Ketua Bojonegoro kampung pesilat Gayam, Sain, mengapresiasi pelaksanaan FBU karena dengan adanya kolaborasi tiga perguruan silat se kecamatan diharapkan dapat menjalin tali persaudaraan antar perguruan.

"Dengan kegiatan ini kami dapat mempertontonkan kesenian silat kami, namun di balik itu semua yang terpenting adalah kami dapat meningkatkan tali persaudaraan antar perguruan, karena di Gayam sendiri terdapat tiga perguruan, yaitu Setia Hati Terate (SHT), Pagar Nusa (PN) dan Marga Luyu 151," paparnya. [im/lis] 

Tag : festival, reog, pencak silat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini