08:00 . Update Grafik Perkembangan Covid-19 di Jawa Timur dan Bojonegoro Per 3 April   |   07:00 . 6 Nasihat Terbaik untuk Sahabatmu yang Sedang Putus Cinta   |   06:00 . EMCL Berikan Alat Pencegahan Penyebaran Virus Corona   |   19:00 . Timsar Hentikan Pencarian Korban Tenggelam di Kedungbondo   |   18:00 . Sisir Sungai, Warga dan Tim SAR Cari Korban   |   17:00 . Total Ada 60 ODP dan 35 Orang Usai Pemantauan   |   16:30 . Warga Cari 2 Anak yang Tenggelam   |   16:00 . Mandi di Sungai, 2 Anak Kedungbondo Tenggelam   |   15:00 . Disperinaker Sidak Perusahaan di Bojonegoro   |   14:00 . Petugas Haji Sempat Khawatir Sepulang dari Surabaya   |   13:00 . Petugas Haji Bojonegoro yang Ikut Pelatihan di Surabaya Negatif Corona   |   12:00 . Pamit Buang Air Kecil, Warga Desa Jelu Ditemukan Gantung Diri   |   11:00 . Di Tengah Pandemi Corona, Sepasang Kekasih Diamankan di Kos   |   10:00 . Bantu Stok Darah PMI, Kodim Gelar Donor   |   09:00 . Rutin Polres Periksa Suhu Tubuh di Perbatasan   |  
Sat, 04 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 17 November 2018 10:00

Penetapan Biaya PTSL Perlu jadi Perhatian

Penetapan Biaya PTSL Perlu jadi Perhatian

Kontributor : Abdul Rokim

blokBojonegoro.com - Penetapan biaya pengurusan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, perlu mendapatkan apresiasi. Pasalnya pihak desa menetapkan biaya sebesar Rp150.000 per bidang.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri. Desa Mojodelik berkomitmen untuk menentukan harga pengurusan sertifikat dengan tetap mengacu pada ketentuan SKB tiga menteri, yang juga tercantum dalam Perbup Bojonegoro Nomor 53/2017 tentang pembiayaan persiapan pendaftaran PTSL.

Memang untuk pembiayaan sejumlah tersebut dirasa kurang, namun dari pihak desa yaitu Kepala Desa yaitu Yuntik Rahayu memberikan subsidi bagi warganya supaya warga/pemohon tidak terbebani.

“Untuk pemohon hanya dikenakan Rp. 150.000, selebihnya biaya pribadi saya” ucapnya.

Untuk kepanitiaan PTSL sendiri, pihaknya berharap bahwa niat pengabdian kepada masyarakat menjadi tujuan utamanya. Dengan biaya tersebut sudah mutlak sebagaimana hasil dari kesepakatan warga penerima program PTSL dan juga sesuai dengan peraturan yang ada. Jumlah bidang tanah yang didaftarkan Desa Mojodelik sendiri sebanyak 2.300 bidang.

“Biaya tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama, sedang untuk fasilitas posko dan lain-lain kita siapkan” tambahnya.

Dari masyarakat sendiri menyambut baik dengan penentuan biaya tersebut, karena dengan penentuan biaya sejumlah tersebut, tentu meringankan biaya. "Biaya sangat terjangkau, kami sangat berterimakasih kepada pihak desa terutama ibu kades" ucap Marsingun warga setempat.

Sedangkan di Kabupaten Bojonegoro pada 2018 ini mendapat alokasi PTSL sebanyak 65.000 bidang tanah. Untuk tahun 2019 nanti rencananya akan bertambah hingga mencapai 80.000 bidang. Dalam menentukan biaya pendaftaran progrm PTSL.

"Semoga bidang tanah yang ada di Bojonegoro dapat segera terselesaikan" ungkap Agus Susanto petugas BPN. [kim/ito]

Tag : Ptsl, mojodelik, gayam


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat