17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 18 November 2018 07:00

4 Trik Sederhana Memulihkan Sakit Otot

4 Trik Sederhana Memulihkan Sakit Otot

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Semangat untuk rutin berolahraga bisa saja pupus ketika kita baru pertama berolahraga dan merasakan sakit dan kaku otot keesokan harinya. Pada dasarnya rasa nyeri atau pegal pascalatihan bisa dialami siapa saja, pemula atau orang yang sudah rutin olahraga namun mengubah intensitas atau jenis latihannya.

Setidaknya, ada empat hal sederhana yang bisa membantu proses pemulihan otot menjadi lebih cepat.
1. Konsumsi kayu manis

Kayu manis dinilai efektif untuk meredakan rasa sakit selama sekitar 2400 tahun, ketika seorang dokter dari Yunani kuno Hippokrates menuliskan pada karya tulisnya soal kayu manis untuk pemulihan. Menurut riset Journal of Clinical and Diagnostic, kayu manis bahkan lebih efektif meresakan rasa sakit ketimbang pereda nyeri ibuprofen.

Beltsville Human Nutrition Research Center menjelaskan, salah satu caranya adalah mengkonsumsi setengah sendok kayu manis dua kali sehari yang campurkan ke dalam kopi untuk meredakan peradangan.

2. Trik panas dan dingin

Otot yang dipakai hingga ke batas maksimal kapasitasnya juga akan mempercepat pemulihan. Caranya, menggunakan balok es dan tekan ke bagian otot yang sakit sekama satu menit. Kemudian, rendam bagian tubuh tersebut salam air hangat selama semenit. Beri jeda waktu 12 menit untuk mengulangi kembali cara tersebut.

3. Terapi laser

Praktisi klinis dan ahli terapi laser untuk manajemen sakit di Quantum Laser, Dr Roberta Chow, AM menjelaskan bahwa Cold Laser Therapy bisa digunakn untuk memperbaiki sel. Cara ini tidak sakit dan bisa mempercepat pemulihan.

"Oksidasi stres adalah dimana nitrit oksida mengikat sel. Yang dilakukan laser adalah menggantinya dari sel dan membuat oksigen mengikat kembali sel tersebut. Memungkinkan mitokondria memproduksi energi ATP kembali. Dengan kata lain, membuat sel tersebut memiliki fungsi seperti awal," ujarnya.

4. Minum teh

Komponen dalam teh memicu sekresi insulin yang akan menurunkan jumlah gula pada sel gula darah. Minum teh hitam setelah berolahraga bisa menurunkan tekanan darah hingga 40 persen.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/16/131401820/
4-trik-sederhana-memulihkan-sakit-otot

Tag : otot, cara, sembuh, olahraga

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more