19:00 . Lini Depan Kurang Tajam, Pelatih Persibo Terus Berburu Striker   |   18:00 . 352.567 Rokok Ilegal Dimushakan   |   17:00 . DPMD Pastikan Seluruh Desa Sudah Terima Dana Oprasional Pilkades   |   16:00 . Persiapkan Kondisi Fisik, Tim Futsal Porprov Bojonegoro Check Up Kesehatan   |   15:00 . Tingginya Pengangguran Pencaker Kurang Manfaatkan Media Informasi   |   14:00 . Kurangi Penggangguran Pasca Kelulusan Sekolah, UPT BLK Gelar Job Market Fair 2019   |   13:00 . PU Fraksi DPRD Dijawab Pemkab   |   12:00 . Sejarah Pilkades dari Masa ke Masa   |   11:00 . Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan 352.567 Batang Rokok   |   10:00 . Suporter Persibo Sambut Mantan Pemain Persipura di Juanda Surabaya   |   09:00 . Festival Tari Thengul Internasional, ini Rangkaian Acaranya...   |   08:00 . Juli, di Bojonegoro ada Acara Berskala Internasional   |   07:00 . 8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak   |   06:00 . Terima Kasih atas Dukungannya   |   23:00 . Intip Personil blokMedia Group   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 18 November 2018 12:00

Dinkes Ajak Masyarakat Kenali Jajanan Sehat

Dinkes Ajak Masyarakat Kenali Jajanan Sehat

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Banyak masyarakat  belum mengerti akan kandungan makan makanan yang biasa dijual itu mengandung banyak zat yang bisa membahayakan tubuh bila dikonsumsi secara terus menerus. Pasalnya, hal tersebit dapat menyebabkan atau timbulnya suatu penyakit bila sering dikonsumsi secara terus menerus.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro, Imam Wayudi. Menurutnya saat ini Makanan normal atau tidak mengandung bahan/zat berbahaya tidak lagi menarik bagi masyarakat, pasalnya saat ini banyak masyarakat lebih memilih membeli makanan yang terlihat lebih mengkilap warnanya.

"Terlebih lagi saat ini banyak jajanan yang dijual belikan pembuatannya memakai bahan yang berbahaya," tutur Imam saat ditemui blokBojonegoro.com. Minggu (18/11/2018).

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes ) Bojonegoro mengajak masyaralat untuk ikut dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yakni dengan mengenali sekaligus mengetahui berbagai makanan, terdapat zat bahaya dengan melakukan uji kandungan pada makanan tersebut seperti yang galakan pada Kegiatan Car Free Days (CFD), Minggu (18/11/2018) pagi.

Pada kegiatan tersebut mengajak masyarakat yang melaksanakan CFD untuk melihat dan mengenali ciri-ciri bahan makanan yang berbahaya dengan melakukan uji Laboratorium tadi secara langsung, sehingga masyarakat bisa tahu dan mengerti ciri aneka makanan yang mengandung zat berbaya.

"Masyarakat bisa tahu bagaimana melihat ciri dan membedakan jajanan yang sehat dan makanan yang mengandung zat yang berbahaya," ucap Imam.

Dengan memberikan perhatian dan ilmu kepada masyarakat waspada akan jajanan berbahaya yang beredar, masyarakat bisa menilai sendiri aneka kandungan dari makanan tersebut. Oleh karenanya diharapkan masyarakat bisa bijak memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Salah satu warga, Nur Amalia mengaku senang  bisa belajar dan mendapat wawasan baru tentang kandungan zat dan ciri makanan atau jajajan yang mengandung zat berbahaya, karena bisa menyebabkan penyakit.

"Jadi kini, saat akan membeli makanan atau jajanan bisa lebih tahu, jajanan itu sehat atau mengandung bahan yang bisa sebabkan penyakit," cakapnya saat ditemui blokBojonegoro.com.[saf/ito]

Tag : jajanan, sehat, bojonegoro, dinkes

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat