18:00 . Ingin Turut Kembangkan Ekonomi Syariah   |   17:00 . Datangi DPRD, PPPK Diknas Bojonegoro Minta Kejelasan   |   16:00 . Bupati Ajak Tingkatkan Protein Hewani dengan Minum Susu   |   15:00 . Menjadi Guru PAI, Bagi Irma Lutfiana adalah Tanggungan Moral Anak   |   14:00 . Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019   |   13:00 . Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim   |   12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |   11:00 . Tingkatkan Populasi Ternak dengan Lomba Sapi Betina Produktif   |   10:00 . Berkah Energi Pertamina, Inilah Lima Pemenangnya   |   09:00 . Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT   |   08:00 . 2 Ekor Sapi Tepanggang Saat Kebakaran di Desa Karangsono   |   07:00 . Persiapan agar Tubuh Tetap Bugar di Musim Hujan   |   06:00 . Belajar Bersama Cak Nun, Ribuan Jamaah Penuhi Lapangan Dukohkidul   |   17:00 . Angin Kencang, 3 Dapur dan 1 Rumah di Baureno Roboh   |   15:00 . BMKG Prediksi Hujan Segera Turun di Bojonegoro   |  
Thu, 17 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 23 November 2018 18:00

Rujukan Online, Solusi Praktis Pasien BPJS

Rujukan Online, Solusi Praktis Pasien BPJS

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melahirkan terobosan baru berupa program sistem rujukan online. Ini menjawab permasalahan saat pasien yang dalam keadaan darurat dan ribet mengurus surat rujukan. Hal ini termasuk penyesuaian yang terus dibenahi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Memasuki masa uji coba ketiga ini, banyak komentar positif yang mendukung adanya program rujukan online.

Salah satu dari peserta pensiunan PNS Sukasdi (66) saat ditemui di kediamannya di Desa Sukorejo, Bojonegoro, dengan adanya rujukan online sangatlah membantunya karena hal tersebut sangat bermanfaat baginya.

“Untuk saya pribadi yang memiliki riwayat indikasi diabetes dan harus rutin kontrol periksa ke Puskesmas dan ke rumah sakit, rujukan online ini sangatlah bermanfaat sekali. Apalagi bagi usia seperti saya yang sudah memasuki usia lanjut sebab tidak perlu wira-wiri lagi kalau surat rujukan saya tertinggal sudah bisa dilayani karena data saya sudah terekam online pada komputer di rumah sakit,” ujar Sukasdi siang itu.

Baginya, rujukan online sangat membawa manfaat besar untuk peserta JKN-KIS. Banyak keuntungan bagi peserta dengan penerapan sistem rujukan online berjenjang ini. Dengan sisten rujukan online peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan sebab informasi rujukan peserta sudah terekam pada sistem online di FKTP maupun di rumah sakit.

Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk. Data peserta pun sudah tercatat pada database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran. Termasuk, data diagnosa penyakit yang diderita peserta. Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan.

Dalam akhir perbincangan Sukasdi memberikan kesan dan pesannya terkait dengan sistem rujukan online. Menurutnya, sepanjang selalu ada perubahan ke arah yang positif program, ia siap mendukungnya.

"Hal ini bagus untuk diteruskan namun juga tidak lupa untuk selalu diadakannya evaluasi pada setiap tahapan dan proses berjalannya, bagaimana sinkronisasi antara pihak BPJS Kesehatan dengan rumah sakit dalam penanganan rujukan ini supaya lebih bagus dan memuaskan peserta,” tutup Sukasdi. [ani/lis]

Tag : RUJUKAN, BPJS, ONLINE

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat