06:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ribuan Tiket Dibatalkan   |   22:00 . DPRD Pertanyakan Kesiapan Dinkes Tanggulangi Corona   |   21:00 . Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan   |   20:00 . Sejumlah Komoditi Alami Penurunan Harga, ini Sebabnya   |   19:00 . Respon Instruksi Bupati, Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   18:00 . Gedung Pusdiklat Dander Bakal Jadi Rumah Sakit Sementara   |   17:00 . Peduli Saat Social Distancing, Bagi-bagi Nasi Bungkus   |   16:00 . 10 Orang Selesai Pemantauan, 44 Orang Dinyatakan ODP   |   15:00 . Waspada Kecelakaan, Tambah 2 Palang Pintu KA di Kapas dan Kalitidu   |   14:00 . Suwarto: Kampung Lontong Lodeh Ditutup Sementara   |   13:00 . 18 Perjalanan Kereta Dibatalkan   |   12:00 . Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh   |   11:00 . Dampak Corona, Omzet Pedagang Lontong Lodeh Turun   |   10:00 . Pelantikan Kepala Desa Digelar Online di Masing-Masing Kecamatan   |   09:00 . Cegah Penyebaran Corona, Kapolres Bersama Bupati Sidak Pasar   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 23 November 2018 18:00

Rujukan Online, Solusi Praktis Pasien BPJS

Rujukan Online, Solusi Praktis Pasien BPJS

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melahirkan terobosan baru berupa program sistem rujukan online. Ini menjawab permasalahan saat pasien yang dalam keadaan darurat dan ribet mengurus surat rujukan. Hal ini termasuk penyesuaian yang terus dibenahi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Memasuki masa uji coba ketiga ini, banyak komentar positif yang mendukung adanya program rujukan online.

Salah satu dari peserta pensiunan PNS Sukasdi (66) saat ditemui di kediamannya di Desa Sukorejo, Bojonegoro, dengan adanya rujukan online sangatlah membantunya karena hal tersebut sangat bermanfaat baginya.

“Untuk saya pribadi yang memiliki riwayat indikasi diabetes dan harus rutin kontrol periksa ke Puskesmas dan ke rumah sakit, rujukan online ini sangatlah bermanfaat sekali. Apalagi bagi usia seperti saya yang sudah memasuki usia lanjut sebab tidak perlu wira-wiri lagi kalau surat rujukan saya tertinggal sudah bisa dilayani karena data saya sudah terekam online pada komputer di rumah sakit,” ujar Sukasdi siang itu.

Baginya, rujukan online sangat membawa manfaat besar untuk peserta JKN-KIS. Banyak keuntungan bagi peserta dengan penerapan sistem rujukan online berjenjang ini. Dengan sisten rujukan online peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan sebab informasi rujukan peserta sudah terekam pada sistem online di FKTP maupun di rumah sakit.

Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk. Data peserta pun sudah tercatat pada database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran. Termasuk, data diagnosa penyakit yang diderita peserta. Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan.

Dalam akhir perbincangan Sukasdi memberikan kesan dan pesannya terkait dengan sistem rujukan online. Menurutnya, sepanjang selalu ada perubahan ke arah yang positif program, ia siap mendukungnya.

"Hal ini bagus untuk diteruskan namun juga tidak lupa untuk selalu diadakannya evaluasi pada setiap tahapan dan proses berjalannya, bagaimana sinkronisasi antara pihak BPJS Kesehatan dengan rumah sakit dalam penanganan rujukan ini supaya lebih bagus dan memuaskan peserta,” tutup Sukasdi. [ani/lis]

Tag : RUJUKAN, BPJS, ONLINE


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat