20:00 . DPRD Dan Manajemen Persibo Suport Ansor Cup Balen   |   19:00 . 2020, Kemenag Bojonegoro Ajukan Tambahan Buku Nikah   |   18:00 . Tugas Pansel Berakhir, Begini Proses Lelang Jabatan Sekda   |   17:00 . Highlight, Persibo Vs Bumi Wali FC Liga 3 Jatim   |   16:30 . Mapeta FKMB: Bersinergi Solidkan Anggota untuk Bojonegoro   |   16:00 . Sebanyak 928 Rit Air Bersih Didistribusikan ke 68 Desa   |   15:00 . Awal Pekan Harga Emas Turun Rp2.000 Per Gram   |   14:00 . Kebakaran, Petugas Damkar Berhasil Selamatkan Dua Balita   |   13:00 . OPD Diimbau Kenakan Batik dan Busana Muslim di Tanggal ini   |   12:00 . Cabai Rawit Kembali Alami Kenaikan Harga   |   11:00 . 3:2 Persibo Menang Dramatis Vs Bumi Wali FC   |   10:00 . Persibo Kembali Rebut Puncak Klasemen Grup A   |   09:00 . Persibo Petik Kemenangan, Ini Komentar Kedua Pelatih   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   23:00 . Akomodir Kader NU, PC Fatayat Bojonegoro Adakan LKD Profesional   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 28 November 2018 07:00

Pola Makan Modern Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

Pola Makan Modern Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

Reporter:-

blokBojonegoro.com - Masalah gigi berlubang menjadi penyebab utama masalah gigi orang Indonesia. Apalagi pola makan modern yang tinggi gula membuat risiko penyakit ini meningkat.

Menurut drg.Bambang Nursangsongko Sp.KG (K), gigi berlubang atau karies gigi sudah ada sejak zaman dahulu. Data Riskesdas menunjukkan, angka karies gigi di perkotaan lebih tinggi ketimbang di desa yang relatif masih mempertahankan kebiasaan zaman dulu.

“Masyarakat modern seperti di perkotaan, banyak makanan olahan, juga minuman manis dan berkarbonasi. Sehingga banyak karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri,” papar Bambang dalam acara media talk #WaktunyaHijrah yang diadalah oleh Sasha Halal Toothpaste di Jakarta (27/11/2018).

Masyarakat di pedesaan umumnya lebih banyak mengonsumsi serat, yang membantu membersihkan gigi dari kotoran.

"Walau pun kini angka karies di pedesaan meningkat, terpengaruh pola makan kota. Tapi yang diadopsi hanya pola makannya saja, cara membersihkan giginya tidak, jadinya rentan karies gigi," papar dosen dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

Berbeda dengan di kota, melalui pendidikan dan sosialisasi sudah ada peningkatan kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi. 

Ibarat kerak Makanan yang mengandung gula, termasuk sumber karbohidrat, akan menempel di gigi. Untuk itu mencegah gigi berlubang bisa dimulai dengan rutin membersihkan gigi.

"Analoginya, gigi dan mulut ibarat traktor off-road. Setelah terkena lumpur, kalau tidak segera disemprot dengan air lumpurnya akan mengeras. Demikian juga gigi kita. Setelah makan makanan manis, harus segera berkumur atau dibersihkan," ujarnya.

Selain berkumur, menyikat gigi dua kali sehari wajib dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan karang gigi sekitar 6 bulan sampai satu tahun sekali. Karang gigi yang tidak dibersihkan lama-kelamaan akan menyebabkan infeksi gusi.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/28/061900520/
pola-makan-modern-tingkatkan-risiko-gigi-berlubang.

Tag : sakit, gigi, masalah, pola, makan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 25 September 2019 16:00

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more