11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pola Makan Modern Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 November 2018 07:00

Pola Makan Modern Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

Reporter:-

blokBojonegoro.com - Masalah gigi berlubang menjadi penyebab utama masalah gigi orang Indonesia. Apalagi pola makan modern yang tinggi gula membuat risiko penyakit ini meningkat.

Menurut drg.Bambang Nursangsongko Sp.KG (K), gigi berlubang atau karies gigi sudah ada sejak zaman dahulu. Data Riskesdas menunjukkan, angka karies gigi di perkotaan lebih tinggi ketimbang di desa yang relatif masih mempertahankan kebiasaan zaman dulu.

“Masyarakat modern seperti di perkotaan, banyak makanan olahan, juga minuman manis dan berkarbonasi. Sehingga banyak karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri,” papar Bambang dalam acara media talk #WaktunyaHijrah yang diadalah oleh Sasha Halal Toothpaste di Jakarta (27/11/2018).

Masyarakat di pedesaan umumnya lebih banyak mengonsumsi serat, yang membantu membersihkan gigi dari kotoran.

"Walau pun kini angka karies di pedesaan meningkat, terpengaruh pola makan kota. Tapi yang diadopsi hanya pola makannya saja, cara membersihkan giginya tidak, jadinya rentan karies gigi," papar dosen dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ini.

Berbeda dengan di kota, melalui pendidikan dan sosialisasi sudah ada peningkatan kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi. 

Ibarat kerak Makanan yang mengandung gula, termasuk sumber karbohidrat, akan menempel di gigi. Untuk itu mencegah gigi berlubang bisa dimulai dengan rutin membersihkan gigi.

"Analoginya, gigi dan mulut ibarat traktor off-road. Setelah terkena lumpur, kalau tidak segera disemprot dengan air lumpurnya akan mengeras. Demikian juga gigi kita. Setelah makan makanan manis, harus segera berkumur atau dibersihkan," ujarnya.

Selain berkumur, menyikat gigi dua kali sehari wajib dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan karang gigi sekitar 6 bulan sampai satu tahun sekali. Karang gigi yang tidak dibersihkan lama-kelamaan akan menyebabkan infeksi gusi.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/28/061900520/
pola-makan-modern-tingkatkan-risiko-gigi-berlubang.

Tag : sakit, gigi, masalah, pola, makan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat