06:00 . Khotmil Quran Mahasiswa Kesehatan   |   05:00 . Pondok Jurnalistik Bersama LPM Kampus Ungu   |   21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   20:00 . Selangkah Lagi 5 Komisioner KPU Ditentukan   |   19:00 . Lansia Dapat Rp2 Juta Setahun, Ini Kata Gubernur Jatim   |   18:00 . Ngaji Bareng Ahlussunah Wal Jamaah PAC IPNU-IPPNU Sumberrejo   |   17:00 . 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ada Apa? Cek Disini   |   16:00 . Perpusda Bojonegoro, Tempat Alternatif untuk Ngabuburit   |   15:00 . Gudang Kayu Jati di Balen Ludes Terbakar   |   14:00 . Hore....! WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dishub Bakal Buka Dua Rest Area di Jalur Mudik   |   12:00 . Disperinaker Pastikan Tak Ada Perusahaan Telat Berikan THR   |   11:00 . Matangkan Skema, Bojonegoro U21 Akan Lawan Pesekaba Blora   |   10:00 . Pengumuman Kelulusan SMP, Hanya Undang Orang Tua Siswa   |   09:00 . 15 Kuota Tambahan CJH Segera Lakukan Pelunasan Tahap III   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 01 December 2018 08:00

Festival Kopi Bojonegoro, Ajang Promosi Kopi Nusantara

Festival Kopi Bojonegoro, Ajang Promosi Kopi Nusantara

Kontributor : Apriani

blokBojonegoro.com - Festival kuliner dan kopi, diikuti sebanyak 16 stand dan 14 kedai kopi yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro, serta berbagai kota atau kabupaten lainya. Acara yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun salah satu pusat perbelanjaan di Kota Ledre, berlangsung pada Jumat, (30/11/2018) sampai dengan hari Minggu, (02/12/2018).

Menariknya dari setiap kedai kopi yang mengikuti Festival Kopi, memiliki ciri khas masing-masing. Ada banyak varian kopi dari berbagai daerah nusantara yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Seperti halnya salah satu kedai kopi yang berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Biji buah kopi yang digunakan memiliki khas tersendiri, yang mana lebih dominan kopi berasal dari pegunungan Arjuna, Malang.

salah seorang barista Kedai Espreo, Rizal dari Sidoarjo mengatakan, kegiatan ini dapat memeperkenalkan berbagai jenis kopi yang ada di Nusantara. Karena ada beragam jenis kopi yang ada di Indonesia dan memiliki khas masing-masing daerah. "Kebetulan kalau Kopi Arjuna ini kami langsung mendapatkannya dari petani di sana," ungkapnya.

Rizal, salah seorang barista atau penyeduh kopi, yang sudah bergeliat sekitar enam tahun dalam dunia kopi, mengapresiasi adanya Festival Kopi. Hal yang sama juga diungkapkan salah satu barista yang berasal dari Kota Surabaya, Dimas mengatakan, adanya Festival Kopi, menjadikan sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan kopi daerah yang memiliki khas masing-masing daerah.

Dimas mengaku Senang dapat berbagi dan memperkenalkan berbagai jenis kopi, karena menjadi seorang barista juga harus tahu asal muasal kopi ini dari mana, dari petani mana, kopi jenis apa, pengolahannya seperti apa.

"Jadi kita harus memahami setiap prosesnya. Belajar setiap saat, bisa saja kopi yang diseduh menghasilkan varian yang berbeda walaupun berasal dari buah kopi yang sama," terang Dimas, kepada blokBojonegoro.com.

Menurutnya, ada empat elemen yang tidak dapat terpisahkan dengan kopi, yang pertama petani, kedua roasters, barista, dan konsumen. Meski berasal dari kopi jenis yang sama, petani sama dengan perawatan atau proses yang berbeda sedikit saja, disangrai oleh roasters yang sama, dengan barista yang sama belum tentu kopi tersebut memiliki rasa yang sama, seperti yang dirasakan sebelumnya oleh konsumen. "Komposisi pada proses penyeduhan juga menentukan rasa dari kopi itu sendiri," pungkasnya. [ani/ito]

Tag : festival, kopi, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more